Fitur Baru WordPress 3.0

Sudah sekitar dua hari saya resmi ikut menggunakan engine wordpress 3.0 untuk blog ini setelah saya melakukan upgrade ke wordpress 3.0 dengan cara otomatis dari dashboard. Saya kemudian melihat-lihat dan mencari informasi tentang fitur baru apa saja yang ada di wordpress 3.0 ini.

Tampilan Baru Dashboard

Setelah melakukan upgrade ke versi 3.0 hal pertama yang saya lihat secara kasat mata adalah tampilan halaman dashboard yang tampak lebih cerah dan bercahaya namun secara umum semua menu dan posisi-nya masih sama seperti wordpress versi sebelumnya.

Twenty Ten

Dari info resmi rilis wordpress 3.0 saya mendapatkan beberapa informasi tentang apa fitur atau hal-hal yang baru setelah upgrade ke wordpres 3.0. Upgrade ke versi 3.0 ternyata juga disertakan dengan sebuah default theme wordpress yang baru yaitu “Twenty Ten”. Silahkan cek theme anda masing-masing.

Bulk Updates

Konon pada wordpress 3.0 ini sebanyak 1.217 bug telah diperbaiki dan penambahan fitur-fitur baru. Sebagai contoh, sebelumnya, untuk meng-upgrade plugin kita harus meng-upgrade satu persatu, tetapi kini tersedia fasilitas untuk meng-upgrade 15 plugin dengan sekali klik.

Di wordpress 3.0 juga telah tersedia fasilitas untuk pemendek URL sendiri yaitu dengan meng-klik tombol “Get Shortlink” di bawah judul posting anda ketika menulis sebuah posting baru.

Untuk selengkapnya silahkan buka link di bawah ini, baca dan putar videonya :
WordPress 3.0 “Thelonious”

Dan, dari semuanya itu, manakah yang paling terasa berguna bagi anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

14 thoughts on “Fitur Baru WordPress 3.0

  1. saya lupa kapan mengupgrade versi wordpress yang saya gunakan ke versi terbaru ini, yang paling berguna ya fasilitas update pluginnya yg bisa dilakukan sekaligus itu, dan baru kali ini semua yang saya perlu lakukan untuk blog saya dapat saya kerjakan langsung di dashboard tanpa harus masuk ke control panel :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *