Fitur Baru di WordPress 3.4

Kemarin ketika login ke Dashboard saya mendapat notifikasi di bagian atas bahwa sudah terdapat engine WordPress versi terbaru yaitu Worpress 3.4. Seperti biasa saya langsung saja meng-update secara otomatis dengan mengklik link update yang telah disediakan. Saya tidak melakukan langkah pengamanan apapun seperti membackup database atau yang lainnya. Itu karena biasanya proses update engine WordPress yang saya lakukan langsung melalui Dashboard selalu berhasil tanpa ada masalah apapun.

Setelah berhasil meng-update ke WordPress 3.4 ternyata ada sedikit perbedaan yang saya temukan. Pertama adalah setelah proses update selesai, kita langsung dibawa Logout dan diminta untuk login kembali. Seingat saya biasanya tidak ada seperti itu. Saya ikuti untuk Login kembali ke Dashboard untuk melihat hasilnya. Ternyata benar seperti apa yang dikatakan seorang teman melalui twitnya bahwa proses Login terasa lebih lama dari biasanya. Apakah karena loadingnya lebih berat, atau hanya karena baru selesai update engine dan pertama Login? Saya tidak tahu.

Setelah masuk dan melihat-lihat halaman Dashboard, kita diarahkan pada sebuah halaman about yang isinya ucapan terima kasih bahwa kita sudah menggunakan WordPress versi terbaru. Konon WordPress 3.4 kini menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih atraktif. Lalu apa sebenarnya yang baru di engine WordPress 3.4? Berikut ini beberapa perubahan atau fitur baru yang katanya bisa dilakukan di WordPress 3.4.

Live Theme Previews

Perubahan pertama ada pada bagian setting tampilan yaitu theme. Saat ini katanya kita bisa melakukan live preview sebelum mengaktifkan sebuah theme. Kalau tidak salah di versi sebelumnya juga sudah melakukan preview. Tapi di WordPress 3.4 kita bisa melakukan preview theme secara live. Artinya tampilannya benar-benar seperti apa jika theme tersebut kita tampilkan. Selain itu, ketika melakukan live preview kita juga mengubah Site Tittle, Tagline, gambar Header dan lainnya.

Custom Headers

Masih berhubungan dengan tampilan atau theme. Di WordPress 3.4 kita dapat mengubah ukuran gambar header pada theme. Jadi setelah mengupload sebuah gambar untuk dijadikan header, akan terpadat fasilitas untuk melakukan crop terhadap gambar tersebut. Selain itu kita juga dapat menggunakan gambar yang ada di Media Library untuk dijadikan gambar pada header, jadi kita tidak harus mengupload lagi.

Twitter Embeds

Nah yang ini mungkin menarik karena berhubungan dengan jejaring sosial Twitter. Sebelumnya mungkin kita harus menambahkan plugin tertentu jika ingin menampilkan twit di blog WordPress. Di WordPress 3.4 kita bisa menampilkan sebuah twit pada tulisan di post tertentu hanya dengan mengetikkan atau copy paste link dari twit yang ingin kita tampilkan. WordPress akan menampilkan isi twit tersebut lengkap dengan fasilitas Reply, Retweet dan Favourite twit kita tersebut.

Better Captions

Selanjutnya di Wordpres 3.4 kita bisa dapat menambahkan skrip HTML pada Caption gambar yang kita upload, tentunya skrip HTML yang basic. Seperti skrip HTML link, tujuannya agar kita dengan mudah memberikan credit misalnya kepada foto atau gambar yang kita ambil dari orang atau sumber lain. Selain itu, ada beberapa update di WordPress 3.4 yang berhubungan dengan teknis.

Itulah fitur baru yang ada di WordPress 3.4, jika ada yang kurang tepat di penjelasan saya silahkan ditambahkan atau dikoreksi. Sebagai catatan, saat menuliskan tulisan ini, kecuali Live Theme Previews,  semua fitur baru di WordPress 3.4 diatas belum sempat saya coba. Untuk ulasan lebih lengkap tentang WordPress 3.4 silahkan baca juga artikel berikut ini :

http://wp.smashingmagazine.com/2012/06/12/whats-new-in-wordpress-3-4/

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

6 thoughts to “Fitur Baru di WordPress 3.4”

  1. Sejak saya memutuskan untuk nge-tweak blog saya secara manual, update wordpress tetap saya lakukan dengan alasan keamanan saja :)

    Good info!

  2. blog saya yang baru bikin dengan wp3.4 ini semua bermasalah. kadang bisa akses, kadang tidak. padahal dulu waktu versi 3.3.2 semuanya lancar. kenapa ya. kebetulan saya buat toko online dengan plugin wp robot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *