Error ‘commentformid’ div

May 10th, 2011 by imadewira Leave a reply »

Error yang muncul tulisan Can’t find the ‘commentformid’ div seperti yang saya ceritakan di tulisan sebelumnya membuat saya tidak tenang. Rasa puas sebelumnya setelah mengganti theme menjadi hilang begitu saja. Lalu setelah membaca beberapa komentar yang masuk, khususnya komentar dari Cahya saya lalu mencoba mengikuti petunjuk yang diberikan seperti di bawah ini :

http://www.marketingsyndrome.com/how-i-fixed-cant-find-the-commentformid-div-error/

Dan ternyata, error Can’t find the ‘commentformid’ div memang ada hubungannya dengan plugin WP Thread Comment yang masih terpasang di blog ini. Memang benar seperti yang dikatakan saudara Cahya bahwa sepertinya plugin ini sudah “kuno”. Dan menjadi tidak kompatibel dengan engine WordPress terbaru serta theme yang saya gunakan.

Tapi karena takut susunan komentar yang sebelumnya sudah rapi dengan bantuan WP Thread Comment maka saya coba mengikuti petunjuk diatas dengan harapan saya bisa tetap mempertahankan plugin WP Thread Comment. Hasilnya? Saya berhasil menghilangkan error Can’t find the ‘commentformid’ div tersebut. Tapi tampilan form komentar menjadi “ancur” seperti skrinsut berikut ini.

Form komentar yang muncul menjadi tertumpuk dengan komentar yang sudah ada sebelumnya. Saya menduga ini ada hubungannya dengan css dari theme ini dimana saya tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya.

Jadi keputusan terakhir saya adalah dengan men-deactivate plugin WP Thread Comment. Lagipula sebenarnya saya sudah tahu bahwa engine WordPress sudah sejak lama memiliki kemampuan “thread comment”, hanya saja dulu theme yang saya gunakan belum support untuk “thread comment” bawaan WordPress dan ketika itu saya terpaksa menggunakan plugin WP Thread Comment.

Jadi, goodbye plugin WP Thread Comment…

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

14 comments

  1. Cahya says:

    Tapi apa Modernist memiliki “threaded comment” di fiturnya? Itu pertanyaan selanjutnya.

  2. Merubah themes pada blog memang kadang membingungkan jika kita tidak teliti dan kurang paham dengan script yang ada. Tapi bukankah kesalahan akan membuat kita semakin banyak belajar. Semoga segera dapat solusinya bung made wira
    Lalu Abdul Aziz Mhd´s last blog post ..Virus Komputer

  3. DV says:

    Selamat udah solved!

  4. iskandaria says:

    Mungkin karena bentrok aja antara plugin WP Thread Comment dengan thread bawaaan themenya. Jadi, salah satu mesti dikorbankan. Kalau saya masih tetap menggunakan plugin WP Thread Comment karena fitur notifikasi emailnya lebih baik menurut saya (tidak ada notifikasi ucapan terima kasih yang sering dikeluhkan).
    iskandaria´s last blog post ..Voucher Simpati yang Rusak Itu Akhirnya Diganti oleh Telkomsel

  5. Rusa says:

    tapi di blog Rusa koq gaka ada thread comment bawan WPnya ya, jadinya Rusa harus tetep pake plugin

  6. hafizmd says:

    terima kasih atas tips ni.

    akhirnya, saye juga ‘terpaksa’ buang plugin ni dan semuanya berjalan seperti normal…

    terima kasih ya mas :D
    hafizmd´s last blog post ..Abah….kami rindukanmu…..

  7. febriosw says:

    Pantesaaaannnn. Punya sy juga begitu. Sy sedang cari jalan nih. Semoga juga tidak ancur form-nya. Terimakasih infonya, Mas.
    febriosw´s last blog post ..GOOGLE PAGERANK 2 BUAT FEBRIOSW.WEB.ID

Leave a Reply

CommentLuv badge