Error ‘commentformid’ div

Error yang muncul tulisan Can’t find the ‘commentformid’ div seperti yang saya ceritakan di tulisan sebelumnya membuat saya tidak tenang. Rasa puas sebelumnya setelah mengganti theme menjadi hilang begitu saja. Lalu setelah membaca beberapa komentar yang masuk, khususnya komentar dari Cahya saya lalu mencoba mengikuti petunjuk yang diberikan seperti di bawah ini :

http://www.marketingsyndrome.com/how-i-fixed-cant-find-the-commentformid-div-error/

Dan ternyata, error Can’t find the ‘commentformid’ div memang ada hubungannya dengan plugin WP Thread Comment yang masih terpasang di blog ini. Memang benar seperti yang dikatakan saudara Cahya bahwa sepertinya plugin ini sudah “kuno”. Dan menjadi tidak kompatibel dengan engine WordPress terbaru serta theme yang saya gunakan.

Tapi karena takut susunan komentar yang sebelumnya sudah rapi dengan bantuan WP Thread Comment maka saya coba mengikuti petunjuk diatas dengan harapan saya bisa tetap mempertahankan plugin WP Thread Comment. Hasilnya? Saya berhasil menghilangkan error Can’t find the ‘commentformid’ div tersebut. Tapi tampilan form komentar menjadi “ancur” seperti skrinsut berikut ini.

Form komentar yang muncul menjadi tertumpuk dengan komentar yang sudah ada sebelumnya. Saya menduga ini ada hubungannya dengan css dari theme ini dimana saya tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya.

Jadi keputusan terakhir saya adalah dengan men-deactivate plugin WP Thread Comment. Lagipula sebenarnya saya sudah tahu bahwa engine WordPress sudah sejak lama memiliki kemampuan “thread comment”, hanya saja dulu theme yang saya gunakan belum support untuk “thread comment” bawaan WordPress dan ketika itu saya terpaksa menggunakan plugin WP Thread Comment.

Jadi, goodbye plugin WP Thread Comment…

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

14 thoughts on “Error ‘commentformid’ div

  1. Merubah themes pada blog memang kadang membingungkan jika kita tidak teliti dan kurang paham dengan script yang ada. Tapi bukankah kesalahan akan membuat kita semakin banyak belajar. Semoga segera dapat solusinya bung made wira

  2. Mungkin karena bentrok aja antara plugin WP Thread Comment dengan thread bawaaan themenya. Jadi, salah satu mesti dikorbankan. Kalau saya masih tetap menggunakan plugin WP Thread Comment karena fitur notifikasi emailnya lebih baik menurut saya (tidak ada notifikasi ucapan terima kasih yang sering dikeluhkan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *