Email Berbasis Website dan Email Berbasis Client

Berikut ini penjelasan singkat tentang email berbasis website dan email berbasis client. Layanan email merupakan salah satu dari beberapa layanan yang terkenal dan paling banyak digunakan di internet. Layanan email bisa kita kategorikan menjadi dua yaitu:

  1. Email berbasis website
  2. Email berbasis client

Untuk layanan email berbasis website, semua aktifitas email dilakukan pada sebuah website. Artinya untuk menggunakan layanan email ini kita harus dalam keadaan online (tersambung ke internet). Layanan email berbasis website ini biasanya disediakan oleh layanan email gratisan seperti Yahoo! Mail, Google Mail (Gmail), Hot Mail, dan lain-lain.

Sedangkan untuk email berbasis client, semua aktifitas email dapat dilakukan di software email client seperti Eudora, Outlook Express, Mozilla Thunderbird yang lain-lainnya. Software atau aplikasi ini menyediakan penyuntingan dan pembacaan email secara offline ( artinya tanpa tersambung ke koneksi internet), sehingga biaya menjadi relatif lebih murah dan waktu lebih efisien karena koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan pengiriman (send) dan menerima (receive) email dari mailbox.

Kemudian kelebihan email berbasis website adalah diakses dari mana saja dengan syarat harus terkoneksi ke internet. Di sisi lain email berbasis client hanya perlu terkoneksi ke jaringan internet ketika melakukan pengiriman (send) dan penerimaan (receive) data, akan tetapi terbatas digunakan pada komputer yang tersedia aplikasi email client yang sudah disetting sebelumnya.

Saat ini, layanan email gratis seperti Yahoo!Mail dan Google Mail (Gmail) juga sudah menyediakan aplikasi client resmi yang dapat digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang sudah biasa digunakan oleh banyak orang.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

2 thoughts on “Email Berbasis Website dan Email Berbasis Client

  1. saya dulu mengandalkan email berbasis client baik di smartphone (blackberry/iphone) maupun di pc/laptop. Sekarang email client tinggal dipakai di smartphone. sementara di pc/laptop saya malah berganti menggunakan web based app :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *