Duel Marquez vs Lorenzo di Mugello 2014

duel-marquez-lorenzo-di-mugello

Ini adalah tulisan pertama saya tentang MotoGP musim 2014. Biasanya saya membuat 1 tulisan untuk 1 seri balapan MotoGP. Tetapi MotoGP 2014 kini sudah berjalan sebanyak 6 seri dan saya baru sempat menulisnya sekarang. Karena kesibukan maka blog ini pun sedikit jablay dan tulisan tentang MotoGP pun menjadi ikut mandek. Tapi sudahlah, waktu tidak akan bisa kembali. Saya langsung saja membahas tentang balapan MotoGP seri ke 6 di Mugello kemarin.

Marquez menjadi sebuah fenomena saat ini. Setelah menjadi juara dunia di musim 2013 yang merupakan musim pertamanya di kelas MotoGP, Marquez kembali tampil super dominan di awal musim 2014. Terbukti dengan 6 seri termasuk di Mugello kemarin Marquez berhasil meraih pole position dan serta menyapu bersih semua kemenangan. Hanya ada satu kata untuk Marquez saat ini, SEMPURNA!!

Akan tetapi, balapan di Mugello kemarin sedikit berbeda dengan 5 seri sebelumnya dimana di 5 seri itu Marquez menang nyaris tanpa perlawanan. Ceritanya di 5 seri itu pun hampir selalu sama, Marquez ketinggalan di awal-awal balapan lalu menyalip satu persatu lawannya dan meraih kemenangan  dengan memimpin cukup jauh di depan. Hampir tidak ada duel seru yang ditampilkan karena Lorenzo, Rossi ataupun Pedrosa tidak mampu mengimbangi Marquez hingga lap terakhir, semua lawan Marquez selalu kedodoran sebelum lap terakhir.

Tapi di Mugello kemarin ceritanya berbeda, Lorenzo yang belum pernah menang dan tampil buruk di 5 seri sebelumnya kini justru tampil buas dan trengginas. Lorenzo yang start dari urutan 3 berhasil memimpin hingga setengah lebih balapan. Marquez kemudian mulai mendekat sekitar 7 putaran tersisa. Awalnya banyak yang menduga seperti biasa Marquez akan menyalip lawannya dengan mudah dan meninggalkan jauh di depan.

Di luar dugaan, setelah disalip oleh Marquez, Lorenzo tidak menyerah dan berhasil menyalip Marquez kembali. Duel seru pun terjadi, berkali-kali adegan saling salip terjadi dan bahkan hampir bersentuhan. Pertarungan seperti imbang, Marquez tampak unggul di trek lurus dan panjang Mugello serta di tikungan pertama setelah garis start. Sepertinya ini berkat power dan top speed Honda serta kekuatan pengereman. Sementara Lorenzo tampak sangat berani di tikungan-tikungan lainnya, gabungan skill, pengalaman dan keunggulan Yamaha di tikungan membuat Lorenzo mampu mengimbangi Marquez kali ini.

Pada akhirnya, Marquez berhasil memimpin di lap terakhir dan Lorenzo gagal menyalipnya hingga garis finish. Marquez menang dan Lorenzo runner up. Salut untuk kedua pembalap ini, bisa dikatakan Marquez dan Lorenzo adalah pembalap terbaik di MotoGP saat ini.

Di Mugello, Marquez hebat dalam skill dan ketenangan serta kedewasaan. Marquez cukup tenang layaknya pembalap senior dan sangat berpengalaman, Marquez tidak membuat kesalahan dan bisa mengalahkan Lorenzo yang sangat agresif. Sementara Lorenzo yang jelas kalah dalam kekuatan motor bisa mengimbangi Marquez berkat skill dan pengalaman, ditambah mungkin sedikit faktor nekat.

Dengan hasil di Mugello kemarin, kini Lorenzo jelas sudah bangkit dari keterpurukan di 5 seri sebelumnya. Lorenzo tentu akan lebih percaya diri. Sementara Marquez membuktikan diri bahwa dia belum bisa dikalahkan saat ini. Tapi kini jelas Marquez sepertinya sudah punya lawan sepadan dan mungkin tidak bisa menang dengan mudah. Ini tentu bagus bagi penggemar balap MotoGP karena balapan akan menjadi lebih seru dan menarik.

Demikian duel seru Marquez vs Lorenzo di Mugello yang mungkin akan tercatat sebagai salah satu duel terhebat dalam sejarah MotoGP!

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *