Dua Widget Yang Tidak Saya Gunakan

Setelah membuat tulisan tentang perlu atau tidaknya menampilkan Widget Meta pada sidebar, saya sendiri kemudian memutuskan untuk tidak menampilkan Widget tersebut pada blog ini. Alasannya karena memang menurut saya Widget itu tidak terlalu saya perlukan, setidaknya untuk saat ini. Kebetulan juga theme yang saya gunakan saat ini sudah menampilkan link yang sama seperti widget Meta pada pojok kanan atas blog ini. Jadi bisa dikatakan widget Meta untuk saat ini tidak perlu saya tampilkan.

Itu widget pertama yang tidak saya gunakan pada blog ini, walaupun mungkin sebagian blogger lain masih menggunakannya. Ya tentu saja itu hak dan selera masing-masing pemilik blog. Saya pun mungkin suatu saat nanti akan kembali menggunakan / menampilkannya jika saya merasa widget Meta itu saya perlukan, atau misalnya ketika saya mengganti theme blog ini.

Lalu widget kedua yang mungkin umum pada blog WordPress digunakan adalah widget Recent Comments. Dari namanya jelas kegunaan widget ini adalah menampilkan komentar-komentar terbaru. Dan ternyata saya baru sadar selama ini (mungkin sejak menggunakan theme yang sekarang) saya tidak menggunakan widget Recent Comments. Saya mencoba mengingat apa alasan saya tidak menggunakan widget Recent Comments itu.

Oh iya, saya baru ingat. Alasan saya tidak menampilkan Recent Comments adalah karena cara saya merespon komentar orang lain di blog ini adalah dengan membuat komentar baru, bukan dengan cara mengedit komentar orang lain seperti yang pernah saya lakukan dulu. Jadi ketika saya membalas beberapa komentar, maka di Recent Comments yang muncul secara beruntun adalah saya sendiri (bahkan kadang pada tulisan yang sama). Jadinya kelihatan kurang bagus dan kurang enak dilihat, maka dari itu saya memutuskan untuk tidak menampilkan Recent Comments pada blog ini.

Itulah dua widget yang tidak saya gunakan di blog ini. Tentunya ini tidak berlaku selamanya, mungkin saja suatu saat nanti akan kembali menggunakan salah satu atau kedua widget diatas jika saya menemukan alasan dan merasa memerlukannya.

Lalu, bagaimana dengan anda, apakah anda menggunakan kedua widget diatas?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

13 thoughts on “Dua Widget Yang Tidak Saya Gunakan

    1. @BlogDokter : wah, ada pak dokter mampir kesini. Terima kasih kunjungannya dok. Untuk disqus, saya belum pernah mencoba dan belum tahu seperti itu disqus itu. Mungkin nanti kalau merasa perlu baru akan saya coba.

  1. Sejak ganti tema, saya malah ndak pagai wigdet di bilah sisi lagi.

    Paling sedikit di bawah ala kadarnya saja :).

    Tapi kasihan juga, gambar logo BBC jadi sering kelupaan naruh :D.

  2. dari default widget yang terdapat di themes wordpress yang saya pakai tidak ada widget meta dan lagian hanya berupa link saja, nampaknya bagus dan tidak akan berpengaruh apapun bila tidak dipasang di dalam blog ya..
    nice share

  3. Saya juga gak pasang widget recent comments kok :D
    Masalahnya simpel, gak ada tempatnya dan emang lebih suka temanya simpel, gak terlalu banyak pernak pernik :D

  4. keduanya masih pake. soale belum pakai theme dg login di pojok kanan atas dan recent comment juga masih asyik.

    soal recent comment, tak apa banyak komentar dari kita. toh itu bukti bahwa kita berinteraksi dengan komentator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *