Definisi Hiatus di Dunia Blog

Jika anda seorang blogger, mungkin anda sering membaca atau mendengar istilah hiatus. Nah bagi anda yang belum tahu definisi apa itu hiatus khususnya dalam dunia blog, mungkin tulisan saya ini ada manfaatnya. Menurut wikipedia, definisi hiatus bisa berarti :

Recess (break), a break or interruption in the continuity of a work, action, etc.

Jadi definisi hiatus dalam dunia blog bisa diartikan berhenti ngeblog untuk sementara waktu. Yang kemudian sering menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, berapa lama seseorang tidak ngeblog sehingga bisa dikatakan hiatus. Apakah tidak ngeblog sehari bisa dikatakan hiatus? Apakah tidak ngeblog seminggu bisa dikatakan hiatus? Mungkin ada juga blogger yang biasa ngeblog hampir sebulan sekali tetapi dia tidak merasa dan menyebut diri hiatus.

Setiap orang tentu punya pendapat yang berbeda berkaitan dengan definisi hiatus ini. Tetapi menurut saya pribadi, seorang blogger bisa dikatakan hiatus jika dia sudah tidak ngeblog melebihi waktu biasanya dia ngeblog. Jadi jika seseorang yang biasa ngeblog setiap hari lalu kemudian selama seminggu tidak ngeblog, maka dia bisa dikatakan sedang hiatus.

Begitu juga dengan seorang blogger yang biasa ngeblog seminggu sekali, maka dia bisa dikatakan hiatus jika sudah tidak ngeblog lebih dari seminggu tersebut, misalnya tidak ngeblog selama sebulan. Pendapat saya ini tentu bisa berbeda dengan anda tentang seberapa lama seseorang tidak ngeblog sehingga bisa disebut hiatus.

Btw, apakah anda pernah hiatus?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

40 thoughts to “Definisi Hiatus di Dunia Blog”

  1. Menurut saya, hiatus itu dilakukan dengan penuh kesadaran. Misalnya dari biasa ngeblog, trus akan pergi liburan yang tidak memungkinkan untuk akses internet, maka dia menyatakan hiatus.

    Atau misalnya mahasiswa yang mau fokus kerja tugas akhirnya, dia memilih untuk hiatus.

    Hiatus itu sebenarnya ditujukan ke pembaca. Biar ga bolah balik visit nunggu posting yg ga kunjung datang :)

    Btw, wira.me masih ada bli. Ga berniat didaftarkan? di ranah domain siapa cepat dia dapat lho… Hehe…
    .-= Deddy´s last blog ..356 Days Blog Project =-.

  2. Saya kayanya pengen hiatus dulu nih. Soalnya masih adaptasi di tempat kerja yang baru. Adaptasi waktu kerja, rekan kerja, sistem kerja, dsb. Sepertinya lumayan menguras waktu saya. Jadi sementara, blog saya istirahatkan sejenak. :)

  3. Kalau saya kayaknya sih pernah sok mo hiatus tapi malah nulis lagi. Jadi sebenarnya bukan hiatus, tapi lagi malas nulis. Kalau hiatus biasanya harus ada jadwal dari kapan sampai kapan :).

  4. Saya lagi hiatus neh. Sudah 18 hari gak posting artikel. Yah, gara2 badmood dan males. Tapi meskipun begitu, saya tetap rutin mengecek apakah ada yang posting.

    Saat ini lagi maksain diri buat nulis lagi. Klo lama gak buat artikel, pikiran jadi susah buat merangkai kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *