Definisi dan Manfaat Blogwalking

Pertanyaan : Apa definisi dan manfaat blogwalking bagi anda?

Hmmm.. Kalau menurut saya, definisi blogwalking adalah aktifitas seseorang (umumnya blogger) mengunjungi blog lain. Mengapa saya mengatakan “seseorang” dan bukan langsung menyebut “blogger”, karena orang yang tidak mempunyai blog pun bisa berkunjung dari satu blog ke blog lain sambil meninggalkan jejak komentar. Ya, setiap orang mungkin pun memiliki pengertian berbeda tentang definisi blogwalking.

Aktifitas blogwalking memang tidak bisa dipisahkan dari seorang blogger, ngeblog tanpa blogwalking rasanya mungkin kurang mantap. Bahkan menurut saya, aktifitas blogwalking merupakan salah satu kewajiban bagi seorang blogger yang aktif di dunia blog, khususnya untuk blogger pemula. Mungkin jika anda seorang blogger pemula yang memiliki tulisan yang bagus, bolehlah blog anda menjadi terkenal tanpa blogwalking sama sekali.

Lalu, apa manfaat blogwalking? Blogwalking tentu saja memiliki manfaat. Manfaat blogwalking ada banyak sekali, berikut ini beberapa manfaat blogwalking yang saya rasakan selama ini :

  1. Memperkenalkan diri (blog) kita kepada blogger lain, dengan syarat kita meninggalkan komentar.
  2. Jejak komentar juga memiliki manfaat untuk kunjungan balik, baik dari pemilik blog atau pun pembaca lainnya.
  3. Menambah wawasan dari apa yang kita baca.
  4. Mengetahui topik apa yang sedang ramai dibahas/ditulis blogger lainnya.
  5. Mendapatkan ide untuk tulisan di blog sendiri.

Dan masih banyak lagi manfaat blogwalking. Saya yakin anda juga sudah merasakan manfaat blogwalking bukan? Saya sendiri ketika menemukan blog yang bagus menurut saya (karena bagus atau tidaknya blog itu relatif), maka saya akan berlangganan RSS blog tersebut, sehingga saya bisa blogwalking secara teratur ketika ada tulisan baru di blog tersebut.

Baca Juga:

Wirautama

Wirautama, penulis sekaligus pemilik blog ini adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditugaskan di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali di bawah naungan Kementerian Pariwisata.

69 thoughts to “Definisi dan Manfaat Blogwalking”

  1. Blogwalking menurutku adalah kunci silaturahmi antar blogger.
    Sama seperti Anda, saya biasa melakukan blogwalking berdasar RSS Reader yang saya pakai (Google Reader) jadi saya ndak perlu tiap hari datang ke blog teman saya, cukup kalau ada alert dari reader maka saya langsung ke sini :)

    Untuk blog2 baru, saya jarang datangi karena tak ada waktu, kecuali mereka terlebih dulu komentar di blog saya… itu lain perkara :)
    .-= DV´s last blog ..Pak, Bapak =-.

  2. Blogwalking soalnya aku selain memang sedang kembali ke “gairah” menulis dan membaca topik2 bebas, alasan lain juga karena aku mulai kehabisan Anime dan Dorama jepang buat ditonton… D:

    Tapi mungkin kali ini bakal lebih bertahan lama soalnya aku sudah mulai terbiasa dengan RSS hehehe… lebih gampang. Apalagi aku juga baru sadar ternyata banyak cewek2 cakep yang ngeblognya keren juga :P
    .-= Dewa Bantal´s last blog ..Namaku Di Telinga Dan Lidah Bule =-.

  3. btw sorry nebeng komengnya tadi bli, iya saya serasa main ke rumah temen aja kalo blogwalking. Dan disana disuguhi bermacem-macem cemilan (artikel) yang bisa bikin kenyang or nambah ilmu kita. Just as simple as that..semakin banyak blog temen yang dikunjungin semakin banyak pula kenal temen2 baru…

    Asal ga lupa urus blog sendiri juga, takutnya keseringan BW malah jd males nulis postingan, hehe..

  4. kalau menurut saya, blogwalking lebih identik dengan blogger, bukan seseorang. Karena kalau seseorang, dia hanya mencari info yang sedang ia cari. Sedangkan bagi seorang blogger, blogwalking itu bisa dikatakan seperti bertamu, jadi seperti menjalin sebuah ikatan tali silaturrahmi.
    Salam kenal.
    .-= dimasangga´s last blog ..Set the Goal =-.

  5. ternyata asyik juga ya jadi BW . jadi banyak wawasan . kadang2 pingin niru blog orang lain tapi belum tahu caranya.. ganti template aja susah..biasa pemula.

  6. Jadi ‘kesentil’ baca ini. Saya jarang banget, malah bisa di bilang ngga pernah ngelakuin bw. Dan mulai sekarang, saya mau bw, ah! Hahaha! *iket tali di kepala* *ngga jelas*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.