Definisi dan Manfaat Blogwalking

Pertanyaan : Apa definisi dan manfaat blogwalking bagi anda?

Hmmm.. Kalau menurut saya, definisi blogwalking adalah aktifitas seseorang (umumnya blogger) mengunjungi blog lain. Mengapa saya mengatakan “seseorang” dan bukan langsung menyebut “blogger”, karena orang yang tidak mempunyai blog pun bisa berkunjung dari satu blog ke blog lain sambil meninggalkan jejak komentar. Ya, setiap orang mungkin pun memiliki pengertian berbeda tentang definisi blogwalking.

Aktifitas blogwalking memang tidak bisa dipisahkan dari seorang blogger, ngeblog tanpa blogwalking rasanya mungkin kurang mantap. Bahkan menurut saya, aktifitas blogwalking merupakan salah satu kewajiban bagi seorang blogger yang aktif di dunia blog, khususnya untuk blogger pemula. Mungkin jika anda seorang blogger pemula yang memiliki tulisan yang bagus, bolehlah blog anda menjadi terkenal tanpa blogwalking sama sekali.

Lalu, apa manfaat blogwalking? Blogwalking tentu saja memiliki manfaat. Manfaat blogwalking ada banyak sekali, berikut ini beberapa manfaat blogwalking yang saya rasakan selama ini :

  1. Memperkenalkan diri (blog) kita kepada blogger lain, dengan syarat kita meninggalkan komentar.
  2. Jejak komentar juga memiliki manfaat untuk kunjungan balik, baik dari pemilik blog atau pun pembaca lainnya.
  3. Menambah wawasan dari apa yang kita baca.
  4. Mengetahui topik apa yang sedang ramai dibahas/ditulis blogger lainnya.
  5. Mendapatkan ide untuk tulisan di blog sendiri.

Dan masih banyak lagi manfaat blogwalking. Saya yakin anda juga sudah merasakan manfaat blogwalking bukan? Saya sendiri ketika menemukan blog yang bagus menurut saya (karena bagus atau tidaknya blog itu relatif), maka saya akan berlangganan RSS blog tersebut, sehingga saya bisa blogwalking secara teratur ketika ada tulisan baru di blog tersebut.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

69 thoughts on “Definisi dan Manfaat Blogwalking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *