Definisi dan Manfaat Blog

blogSebenarnya tidak susah mencari definisi blog, mesin pencari seperti Google dapat membantu anda untuk mengetahui apa definisi blog sesungguhnya. Tetapi definisi blog secara singkat bisa dikatakan blog adalah sebuah website yang berisi catatan (diary) online. Kata blog sendiri berasal dari kata “web log” yang kemudian disingkat menjadi blog. Walaupun dikatakan diary online, blog kini telah mengalami banyak perkembangan. Blog biasanya dikelola oleh seseorang yang disebut blogger.

Blog bisa dibedakan menjadi dua yaitu : gratis dan berbayar. Untuk blog gratis yaitu dimana kita bisa membuat blog tanpa membayar apapun, sebagai contoh di wordpress.com, blogspot dan lainnya. Sedangkan untuk yang berbayar maksudnya adalah blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri (menyewa dari penyedia jasa hosting). Blog ini umumnya dibuat dengan menggunakan sebuah blog engine (mesin blog) yang berupa CMS (Content Management System), contohnya WordPress.

Bagi setiap pemilik blog (blogger), tentunya merasakan manfaat dari blog tersebut. Manfaat yang dirasakan belum tentu sama. Setiap blogger merasakan manfaat blog berbeda-beda mungkin karena tujuan mereka ngeblog (blogging) dan membuat blog memang berbeda. Ada yang sekedar ingin menulis saja, sampai ada yang memang ingin mencari keuntungan (uang) dari membuat blog di internet.

Bagi saya, manfaat blog tentu ada banyak sekali, saya bisa menungkapkan opini, berbagi informasi, menambah banyak teman dan wawasan dari blog lain dan masih banyak lain manfaat lainnya. Selain itu, karena kebetulan saya bekerja sebagai dosen, maka saya juga membuat blog yang khusus berisi materi kuliah yang saya ajarkan, dan blog ini tentu sangat bermanfaat bagi saya untuk jangka panjang.

Lalu, apa manfaat blog bagi anda?

Baca Juga:

I Gusti Agung Made Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

57 thoughts on “Definisi dan Manfaat Blog

  1. Buat saya, cukup untuk menghilangkan stres, jadi makin banyak frekuensi menulis saya di blog itu setara dengan semakin tingginya tingkat stres saya, he he :D

  2. Catatan harian
    Catatan pemikiran
    Berbagi informasi
    Menambah persaudaraan
    Membentuk “keluarga”, awalnya di dunia maya, namun adapula yang turun ke dunia nyata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *