Definisi Apa Itu Blog

Apa definisi blog menurut anda? Sudah cukup lama saya tahu dunia blog dan ikut berkecimpung ngeblog. Tetapi ketika mencoba menjelaskan kepada mereka yang awam tentang definisi blog atau apa itu blog, seringkali saya masih kesulitan. Apalagi bagi mereka yang masih awam dengan internet. Ditambah lagi dalam bahasa Bali, kata “blog” mirip dengan kata “belog” yang artinya bodoh.

Jadi ketika ditanya blog itu apa, saya biasanya lebih mudah menjelaskan bahwa definisi blog itu adalah website pribadi, walaupun masih ada orang awam yang mengganggap memiliki sebuh blog atau website pribadi adalah sesuatu yang keren dan eksklusif serta mahal. Padahal untuk dapat memiliki blog kita hanya butuh koneksi internet dan sisanya bisa gratis. Maka tak jarang ada melanjutkan pertanyaan dengan kalimat kurang lebih seperi ini  “Wah hebat, butuh biaya berapa untuk bisa punya blog?

Sebelum melanjutkan, berikut ini definisi apa itu blog yang saya dapatkan dari Wikipedia :

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Penjelasan lebih lengkap tentang apa itu blog, sejarah blog serta jenis-jenis blog pun ada disana. Yang perlu menjadi catatan kita adalah memiliki sebuah blog tidak harus yang berbayar, cukup dengan bisa terkoneksi ke internet, maka kita bisa memiliki sebuah blog. Cara membuat blog pun tidak sulit, bahkan hanya dengan waktu sekitar 5 menit kita sudah bisa memiliki sebuah blog.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ngeblog!

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

49 thoughts on “Definisi Apa Itu Blog

  1. Selamat siang,Pak.

    Saya juga bingung kalo ditanya seperti itu oleh orang sekampung.
    Apalagi kalo ditanya tujuannya dan manfaat praktisnya bagi seseorang yg tinggal di kampung.
    Apa tidak membuang-buang biaya?
    Bagi saya yg masih baru dengan dunia blog,blog bukan sekedar gaya2-an.
    Saling bertukar informasi dan menjalin persahabatan,sudah luar biasa manfaatnya.

    Blog seperti rumah pribadi yg di dalamnya kita bebas mengaturnya sesui keinginan.
    Yg penting,tidak mengganggu aktivitas harian kita.

  2. kalo menurutku,blog itu terdiri dari dua kata,yaitu web dan log.web aku artikan sebagai online dan log adalah catatan yang tersusun berdasarkan urutan waktu

  3. Mari pak, budayakan ngeblog.
    saya tahu blog malah hasil baca-baca tulisan ketika mencari referensi materi kuliah. ternyata beberapa tulisan saya temukan kalau ada website yang gratis. akhirnya saya buat deh….otodidak betul Pak, walau saya pakai yang gratisan tetap saja OKelah Kalau Begitu….

  4. Mari ngeblog pang sing belog. . . .

    ngeblog sebenarnya gampang2 susah.
    Disebut gampang karena membuat blog memang sangat gampang,,bila gak ada komputer,ckup siapkan handphone yg sudah suport aplikasi java mid2 (operamini) maka dalam 5 menit jadilah blog.

    tapi sulitnxa to dah. .Mengelola dan mempromosikannya agar terkenal. . .
    Btw salam kenal aja,silahkan mampir ke blog dofollow saya yg 90% saya kelola lewat HP

  5. pertama kali dgr kata blog..waktu adiknya temen minjemin “kambing jantan.com”nya dika..”oh jd blog itu buku harian di dunia maya”,kesimpulanku saat itu..asyik juga nih!!
    shabis baca tu buku..yg kepikiran di otakku gmn caranya bikin blog seru dan bisa dapetin duit dr situ..hehehe menyedihkan
    *br nyampe dunia khayal doang sih,toh blog pun smp skrg blm punya,payah!!*
    dari situlah..aku srg mndgr kata ‘blog’..dikit2 blog..dikit2 blog..lg booming kali y..
    pengen punya blog tp takut ga bisa ngurusnya..maka dari itu untuk skrg jd pembaca blog budiman ajja dulu,hehe..Viva La Blog!!
    *kedepannya bs jd blogger jg..amin*

  6. Owh……gt tach…
    bukan cuma anda yang kesulitan bos, akupun begitu………..kalau boleh saya bilang cape’, cumpah cape’ ngejelasin pada meraka yang anda sebut awam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *