Cara Menghapus / Uninstall Plugin di WordPress

Adakalanya sebuah plugin yang sudah kita install di blog tidak bekerja sesuai dengan keinginan kita dan kita ingin mengapus plugin itu. Atau mungkin kita merasa sudah tidak memerlukan plugin tersebut sehingga perlu dilakukan uninstall plugin untuk menghemat space di hosting. Alasan yang terakhir mungkin karena kita telah menemukan sebuah plugin yang lebih baik dari plugin yang kita gunakan saat ini.

Untuk itu, berikut ini saya mencoba membuat tutorial sederhana dan singkat tentang cara menghapus atau uninstall plugin dari blog wordpress anda. Sebagai catatan, ini adalah untuk blog yang self hosted karena blog di wordpress.com tidak bisa ditambahkan plugin tertentu. Ada 2 cara untuk menghapus atau uninstall plugin, yaitu :

  • Menghapus atau uninstall plugin dari Dashboard
  • Menghapus atau uninstall plugin melalui File Manager di Cpanel

Saya lebih menyarankan untuk menghapus plugin dari Dashboard karena lebih mudah dan cepat, tetapi adakalanya sebuah plugin mengalami error sehingga tidak bisa dihapus dari Dashboard maka saat itu kita harus mengapusnya melalui File Manager di Cpanel.

Untuk menghapus plugin dari Dashboard, silahkan login ke Dashboard anda, kalau belum tahu caranya. Silahkan buka alamat blog anda dan tambahkan /wp-admin/ di belakangnya, misalnya http://namablog.com/wp-admin/. Lalu masukkan user dan password anda. Langkah selanjutnya silahkan buka menu Plugin di menu yang berderet ke bawah di bagian kiri Dashboard.

Anda akan masuk ke halaman Plugin. Silahkan lihat plugin mana yang ingin anda hapus. Jika plugin tersebut masih aktif, maka klik Deactive terlebih dahulu.

Jika plugin tersebut susah tidak aktif, barulah bisa dihapus, caranya silahkan klik Delete.

Anda akan ditanyakan sekali lagi apakah yakin untuk menghapus plugin tersebut. Kalau sudah yakin silahkan klik Yes, Delete these file.

Setelah itu plugin tersebut akan terhapus dari blog anda. Jika cara menghapus plugin dari Dashboard ini gagal, maka anda harus menghapus plugin tersebut melalui File Manager di Cpanel. Caranya :

  1. Silahkan masuk Cpanel lalu buka File Manager
  2. Lalu masuk ke direktori /public_html/wp-content/plugins
  3. Pilih folder sesuai nama plugin yang ingin anda hapus, lalu klik delete untuk menghapus folder tersebut.

Itulah cara menghapus atau uninstall plugin yang rencananya saya buat singkat, tetapi mohon maaf kalau jadi agak panjang. Jika ada yang kurang atau terlewatkan, silahkan tambahkan di form komentar di bawah ini.

**Tutorial sederhana, semoga ada gunanya..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

34 thoughts on “Cara Menghapus / Uninstall Plugin di WordPress

  1. Bli, infonya menarik.
    Kadang kalau kita cuma deactive, entah kenapa tetap bisa berpengaruh ke settingan blog kita, harusnya memang lansung unintall kali ya…

    Gimana anakmu? Sehat?
    .-= DV´s last blog ..Lucky Number =-.

    1. @DV,
      anak saya sempat opname 3 hari ketika umurnya baru 3 minggu, dia kena cacar, tapi sekarang sudah sembuh kok. Si kecil disana gimana? semoga sehat selalu..

  2. Saya biasanya pemilih banget plugin di wp. Saya baca dulu detailnya untuk mengetahui efektifitas fungsinya untuk blog saya. Jadi biasanya, kalau saya memasang plugin, memang plugin yang benar-benar saya butuhkan.
    .-= Agung Pushandaka´s last blog ..1 Tahun 100 Posts =-.

  3. mas, sy pernah baca klo tidak salah di blog-nya mas Fanari, bahwa plugins yg sempat diaktifkan akan meninggalkan sampah di database, jadi walaupun sudah di hapus directory ( foldernya ) tetapi database masih tetap ada, cuma sy juga blm jelas bagaimana cara menghapus database tersebut, soalnya masih oon seputar database ..
    adakah cara yg mudah supaya data bisa benar-2 bersih ?
    .-= hpnugroho´s last blog ..Error? Jangan Panik …! =-.

  4. Saya terbiasa bongkar pasang plugin di WP karena sering coba-coba, tapi kadang dibongkar belum tentu menghilangkan setelan sebelumnya. Kayanya ada beberapa bagian di lain tempat yang menyimpan setelan-setelan itu :)

    Selain plugin, themes yang tidak perlu juga perlu dibersihkan dari space hosting, saya pun saat ini hanya memakai 1/3 space untuk kenyamanan (sebelum mendapat warning dari empunya tempat host) :D
    .-= Cahya´s last blog ..Mengapa Saya Tidak Ke Pura? =-.

  5. Saya baru aja menhapus plugin wp mobile pack. Nah, di folder wp-content/theme kan ada 4 tema mobile sisa dari wp mobile pack.

    Saya pengen hapus ke4 tema mobile itu tp nggak bisa diapus.
    Padahal tema yg laen bisa diapus..

    Tau solusinya nggak?

  6. Maaf nih Bli, mau tanya saya habis update wordpress versi dari 3.1.1 ke 3.2 tapi setelah diupdate kenapa membuka web adminnya jadi BLANK, apakah karena ada konflik di pluginnya ?
    Terima kasih atas jawabanya.

  7. Bli, makasih banget…singkat dan sangat berguna, kebetulan abis upload plugin, jadi error blog nya, nyari-nyari tutorial yang simpel, dapetnya disini.
    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *