Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Bagaimana cara menggunakan fitur Live Location di WhatsApp? Sudah tahu belum kalau di WhatsApp ada fitur baru yang namanya “live location”? Ya tidak terlalu baru sih, fitur live location ini bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp di Indonesia mulai sekitar bulan Oktober yang lalu.

Saya sendiri baru tahu cara menggunakan fitur live location di WhatsApp beberapa waktu lalu. Saya tahu fitur live location ini karena ada teman di salah satu grup yang mengirimkannya. Saya lihat hasilnya ternyata keren menurut saya. Jadi saya coba-coba ikut menggunakan/mengirimkan live location.

Cara menggunakan/mengirimkan live location di WhatsApp adalah saat chat dengan orang lain atau di grup, tekan tombol attachment (gambar paperclip) yang biasa kita pakai mengirim gambar/video dan lainnya, disana ada pilihan Location, kemudian akan muncul pilihan Share Live Location. Saat kita klik akan ada pilihan waktu berapa lama location akan live. Ada 15 menit, 1 jam dan 8 jam.

Lalu akan terlihat seperti apa hasilnya? Live location yang kita kirim akan bisa dilihat oleh penerima, akan terlihat posisi kita dimana secara realtime, dengan syarat ponsel kita selalu terkoneksi dengan internet. Jadi penerima dengan mudah mengetahui posisi kita dimana. Tentu ada banyak sekali manfaat dari fitur Live Location ini.

Contohnya saya sendiri saat berangkat atau pulang kerja sering mengirim live location kepada istri, jadi dia tahu saya sudah sampai dimana. Maklum lalu lintas sering macet, jadi istri tidak waswas kalau saya jadi terlambat tiba di rumah. Bisa juga untuk mengawasi kalau mampir kemana-mana, hehe.

Selain itu Live Location di WhatsApp ini juga bisa dimanfaatkan saat ada janjian ketemuan di suatu tempat dengan orang lain atau beberapa orang. Jadi di grup WhatsApp kita bisa kirim Live Location masing-masing, jadi gampang melihat mereka sudah sampai dimana. Atau misalnya pas berpergian rombongan, jadi gampang melihat rombongon lain sudah di depan atau masih di belakang.

Jadi demikian tentang Live Location di WhatsApp, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *