Cara Mengganti Theme dan Setting Widget

Sebelumnya saya mohon maaf kalau tulisan ini terlalu mendasar dan mudah, saya sengaja karena tulisan cara ganti theme dan setting wigdet ini saya buat untuk blogger pemula dan masih belajar dalam membuat blog. Tulisan ini juga sekaligus menjadi lanjutan dari setting awal blog wordpress sebelumnya.

Setelah blog aktif dan melakukan setting awal, langkah selanjutnya adalah mengganti theme dan melakukan setting pada wigdet, yaitu widget apa saja yang akan digunakan/ditampilkan. Perlu diperhatikan untuk blog di wordpress.com (gratis) theme sudah tersedia dan tinggal diaktifkan. Sedangkan untuk blog dengan domain dan hosting sendiri, secara default hanya tersedia dua theme yaitu theme WordPress Classic dan theme WordPress Default. Jadi kalau ingin mengganti/menambah dengan theme lain, kita perlu menginstall theme dengan cara yang mirip seperti menginstall plugin di wordpress.

Cara mengganti theme di blog wordpress dengan theme yang sudah tersedia adalah silahkan Login ke Dashboard, lalu klik menu Appearance.

cara mengganti theme

Anda akan masuk ke halaman Manage Themes, pada Available Themes atau Browse Theme (wordpress.com) akan ditampilkan yang tersedia. Untuk mengaktifkannya (mengganti theme) langsung saja klik Activate pada theme yang ingin anda gunakan.

cara mengganti theme 2

Setelah mengganti theme, mungkin anda perlu melakukan setting widget. Caranya, masih pada menu Appearance klik menu Widgets.

cara mengganti theme 3

Pada halaman Widgets, anda tinggal men-drag widget yang tersedia pada Available Widgets menuju Sidebar yang ada di sebelah kanan.

cara mengganti theme 4

Berikut ini beberapa widget yang umumnya digunakan pada blog wordpress : Recent Post, Recent Comment, Categories, Archives, Link, Tag Cloud, Meta. Tentu saja anda bisa menggunakan widget yang lainnya juga. Masing-masing wigdet juga bisa anda setting, misalnya berapa post yang akan pada Recent Post. Demikian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

37 thoughts to “Cara Mengganti Theme dan Setting Widget”

  1. Kang mohon info, apakah pada saat mengganti themplate itu semua plugins yang terpasang harus dinonaktifkan ? atau themes akan menyesuaian sendiri ?

    1. @Deddy,
      hmmm, terima kasih sarannya :-) tapi untuk saat ini saya biarkan satu kategori saja dulu, karena sepertinya tips dan tutorial yang saya buat termasuk untuk pemula semua :-)

  2. sungguh berguna untuk blogger spt sy yg masih bau kencur…salam kenal..sy mau tanya, kalo mau ubah themes di WP, tanpa mengubah widget yg sdh ada, bgmn caranya pak.? mhn penjelasan, trmkasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *