Cara Mengganti Theme dan Setting Widget

December 3rd, 2009 by imadewira Leave a reply »

Sebelumnya saya mohon maaf kalau tulisan ini terlalu mendasar dan mudah, saya sengaja karena tulisan cara ganti theme dan setting wigdet ini saya buat untuk blogger pemula dan masih belajar dalam membuat blog. Tulisan ini juga sekaligus menjadi lanjutan dari setting awal blog wordpress sebelumnya.

Setelah blog aktif dan melakukan setting awal, langkah selanjutnya adalah mengganti theme dan melakukan setting pada wigdet, yaitu widget apa saja yang akan digunakan/ditampilkan. Perlu diperhatikan untuk blog di wordpress.com (gratis) theme sudah tersedia dan tinggal diaktifkan. Sedangkan untuk blog dengan domain dan hosting sendiri, secara default hanya tersedia dua theme yaitu theme WordPress Classic dan theme WordPress Default. Jadi kalau ingin mengganti/menambah dengan theme lain, kita perlu menginstall theme dengan cara yang mirip seperti menginstall plugin di wordpress.

Cara mengganti theme di blog wordpress dengan theme yang sudah tersedia adalah silahkan Login ke Dashboard, lalu klik menu Appearance.

cara mengganti theme

Anda akan masuk ke halaman Manage Themes, pada Available Themes atau Browse Theme (wordpress.com) akan ditampilkan yang tersedia. Untuk mengaktifkannya (mengganti theme) langsung saja klik Activate pada theme yang ingin anda gunakan.

cara mengganti theme 2

Setelah mengganti theme, mungkin anda perlu melakukan setting widget. Caranya, masih pada menu Appearance klik menu Widgets.

cara mengganti theme 3

Pada halaman Widgets, anda tinggal men-drag widget yang tersedia pada Available Widgets menuju Sidebar yang ada di sebelah kanan.

cara mengganti theme 4

Berikut ini beberapa widget yang umumnya digunakan pada blog wordpress : Recent Post, Recent Comment, Categories, Archives, Link, Tag Cloud, Meta. Tentu saja anda bisa menggunakan widget yang lainnya juga. Masing-masing wigdet juga bisa anda setting, misalnya berapa post yang akan pada Recent Post. Demikian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

37 comments

  1. Cahya says:

    Benar-benar semua tips WP dimasukkan ke blog ini
    .-= Cahya´s last blog ..Bencana Win32: Delf-MZG =-.

  2. hmmm…enaknya yah wordpress yang sekarang instal plugin bisa dari dashboard gak perlu pake ftp lagi…makasih infonya… :D
    .-= bukan facebook´s last blog ..6 hal tentang tuyul yang kamu harus tahu! =-.

  3. Nugra says:

    nais tutz mas
    .-= Nugra´s last blog ..[R.I.P]Flashdisk Modar =-.

  4. Aldy says:

    Kang mohon info, apakah pada saat mengganti themplate itu semua plugins yang terpasang harus dinonaktifkan ? atau themes akan menyesuaian sendiri ?

  5. Winarto says:

    Tips yang sederhana dan mendasar, tapi sangat bermanfaat

  6. Deddy says:

    Ayo,ditunggu tips2 berikutnya. Btw, sekedar saran, gimana klo kategori “Tips Blog” dibagi lagi tingkat2annya jadi Pemula, Menengah dan Mahir. Jadi kapan2 klo orang mau nyari2 tips ke sini kan jadi mudah…
    .-= Deddy´s last blog ..Dapat US$100 di Facebook lewat PayPal WishList. Mau? =-.

  7. mampir sob, bagus tuh tips basicnya sangat bermanfaat banget buat saya yang masih belajar juga temen2 blogger lain hehehe
    .-= Belajar SEO WordPress´s last blog ..Mencegah Duplikat Konten Dari WordPress Feed =-.

  8. mase mungil says:

    mmhhhh bagus bagus… mksh infonya…
    salam knal…
    .-= mase mungil´s last blog ..Comment on Hari Guru..Nasib Guru Indonesia? by cyzko =-.

  9. .gungws says:

    bsa ga install dari template laen?tpi msh pke gratisan…:D
    .-= .gungws´s last blog ..keliling gunung Batur =-.

  10. heru says:

    makin cinta ama wordpress :D

  11. jurug says:

    lagi-lagi basic… :D
    .-= jurug´s last blog ..Download Yahoo Messenger 10 Final Offline Installer =-.

  12. alief ardi says:

    sungguh berguna untuk blogger spt sy yg masih bau kencur…salam kenal..sy mau tanya, kalo mau ubah themes di WP, tanpa mengubah widget yg sdh ada, bgmn caranya pak.? mhn penjelasan, trmkasih
    alief ardi´s last blog post ..Harga beras Indonesia termahal di dunia

Leave a Reply

CommentLuv badge