Cara Mengganti Password di Blog WordPress

Berikut ini saya akan mencoba membuat tutorial sederhana tentang cara mengganti password di blog khususnya yang menggunakan wordpress. Bagi anda yang sudah tahu cara mengganti password di blog wordpress dan sedang terburu-buru blogrunning, silahkan saja langsung menuju form komentar, hehehe.

Belakangan ini kasus tentang pembobolan ATM sedang ramai dibicarakan. Konon salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan cara mengganti password ATM (disebut PIN) secara berkala. Sama seperti ATM, password untuk blog pun sebaiknya diganti secara berkala. Ya walaupun dampaknya jika password blog anda dibobol orang tidak separah pembobolan ATM, tetapi tetap saja merugikan bukan? Dan anda pasti tidak ingin hal itu terjadi.

Memang sih kecil kemungkinan ada orang jahil yang mencoba membobol password blog anda. Tetapi tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan, dengan sesekali mencoba mengganti password blog anda. Bagi anda yang menggunakan wordpress, baik yang di wordpress.com atau pun dengan hosting sendiri, berikut ini tutorial sederhana cara mengganti password blog.

Pertama-tama silahkan login ke Dashboard blog anda. Kemudian pada Dashboard di menu bagian kiri, klik User lalu Your Profile.

Setelah masuk ke halaman Profile, di bagian paling bawah silahkan isikan kolom New Password (keduanya). Di bawah kolom tersebut terdapat strength indicator yang akan menampilkan kuat atau tidaknya kombinasi karakter yang anda gunakan sebagai password.

Sekedar informasi, untuk blog yang di wordpress.com, pada halaman Profile ini anda juga dapat menemukan WordPress API key (tepatnya di bagian atas) yang anda perlukan ketika mengaktifkan plugin Akismet. Jika sudah selesai, pastikan anda susah mengingat password tersebut, lalu klik Update Profile. Sampai disini anda sudah berhasil mengganti password blog anda. Mudah bukan? Selamat mencoba..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

45 thoughts on “Cara Mengganti Password di Blog WordPress

      1. @imadewira,

        Kalau saya passwordnya selalu berupa gabungan dua kata, satu kata yang unik satu lagi variabel. Jadi tinggal mengganti kata yang variabel, apakah disesuaikan dengan bulan, atau dengan hal lainnya, jadi tidak susah sih :)
        .-= Cahya´s last blog ..Letting Go of Thoughts =-.

  1. kalo saya sih ga pernah ganti password, walaupun sbnrnya perlu sih. dulu pernah saya ganti password setiap bbrp bulan, eh taunya lupa. trus password email kan ada security question-nya, lupa juga pertanyaan dan jawabannya.. semenjak itu ga pernah ganti2 lagi :lol:

  2. Yes, udah sangat ringan blognya diakses dari opera mini. Bakalan sering sering ke sini deh..
    Tampilan blog kita jadi sama di operamini. Semoga Aduity segera menambahkan banyak theme, shg kita bisa milih tampilan.

    Pasword saya sering banget diganti, masalahnya saya hobi ngotak ngatik blog, kalo ada masalah, saya ‘lapor’ teman dan otomatis ngasih password ke dia. Setelah itu ya wajib ganti dong…

  3. Saya menemukannya di personal setting, jadi setelah klik User lalu klik Personal Setting. Mungkin ini menu baru di WordPress ya…
    btw, thanks infonya bermanfaat

  4. kalo kita lupa paswordnya gimana ya? saya dah minta dikirim link konfirmasi ke email. Tapi konfirmasinya tidak masuk ke email saya. Apa ada cara lain untuk mengetahui pasword kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *