Cara Mengecek Page Rank

Baru beberapa hari yang lalu Google melakukan update page rank, dan setelah saya mengecek page rank blog ini, blog saya yang masih belia ini ternyata mendapat page rank 3. Memang bukan page rank yang tinggi, tetapi bagi saya page rank 3 sudah lebih dari yang saya harapkan, karena sebelumnya blog ini masih belum mendapat page rank alias unranked. Teman-teman blogger lain pasti juga sudah mengecek page rank masing-masing.

Tapi bagi anda yang belum tahu cara mengecek page rank blog anda, berikut ini saya mencoba membuat tutorial sederhana cara mengecek page rank. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka website prchecker.info
  2. Pada kotak isian, masukkan alamat blog atau website anda dan tekan tombol Check PR
  3. Kemudian masukkan Anti-bot code yang diminta sebagai tanda anda benar-benar manusia (bukan spam)
  4. Lalu tekan tombol Verify Now dan silahkan lihat hasil berapa page rank anda

Selain halaman utama sebuah blog atau website, anda juga dapat mengecek page rank halaman tertentu, misalkan halaman about pada sebuah blog. Pada umumnya page rank halaman lain lebih kecil dari halaman utama sebuah blog atau website, wajar saja karena umumnya pengunjung ke halaman utama lebih banyak dan backlink yang didapat halaman utama umumnya juga lebih banyak daripada halaman tertentu lainnya.

Selain dengan mengunjungi website prchecker.info untuk mengecek page rank, masih banyak cara lain untuk mengecek page. Bagi anda pengguna browser Mozilla Firefox, anda juga dapat menginstall Add-ons yang secara otomatis dapat menampilkan page rank setiap halaman web yang anda kunjungi.

Lalu, bagaimana cara anda mengecek page rank?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

59 thoughts on “Cara Mengecek Page Rank

  1. Hehe kado taon baru dapet PR 3 ya kemarin?

    Aku gak pernah ngecek PR lagi sih sejak lama sekali. Ini kemarin ngecek PR blog ku yang baru 2 bulan. Jadi dapet PR 2, haha, kupikir masih unranked.

    Yah, lumayan lah, pokoknya ada ijo nya, haha.
    .-= Aley´s last blog ..Arti Menikmati Sebuah Liburan =-.

  2. Saya sebenarnya juga rada malas mas untuk mengecek page rank, tetapi setelah teman teman yang lain gencar ngecek saya jugs ikutan dan hasilnya syukur alhamdullilah, ternyata Indo Hijau dot Net, kembali ke TK alias PR0.

  3. Saya juga sudah lama banget ndak pernah cek rank. Tapi gara-gara membaca tulisan ini saya jadi penasaran. Ternyata saya rank 2. Hehe!

    Padahal, hampir 2 minggu lebih saya cuti ngeblog. Kok bisa dapat rank 2 ya? Sebenarnya, apa sih faktor penentu ranking di sini?
    .-= pushandaka´s last blog ..Indonesia 2010 =-.

  4. wah selamat ya! saya juga lagi berusaha buat naikin PR blog saya nih. baru 2 bulan jadi masih 0 PR nya

    sekalian mau kasih info. Ada program affiliate yang murah hati nih… ngajak 1 orang gabung dapet $0.1-$1. 100% Gratis dan dapat dipercaya.
    ikutin infonya di Blog Bisnis

  5. yang pasti gw udah pernah digebug ama Google..
    hingga PR ku turun jadi 3..
    padahal dulu pernah 4..
    tapi gw ya gak tahu juga.. kenapa waktu itu kok PR gw bisa 4…
    n sekarang gw juga gak tahu kenapa bisa jadi 3..
    ah PR… knp membingungkan… hihiiks
    .-= elmoudy´s last blog ..Pokoknya Suka Gus Dur =-.

  6. selama ini sich saya menggunakan prchecker.info untuk mengecek pr tapi beberapa hari yang lalu saya sudah memasang kode tambahan pada page untuk teman-teman yang mau mengecek pagerank secara langsung tanpa memasukkan anti bot tepatnya pada halaman cek pagerank. semoga ada manfaatnya.
    .-= Deka´s last blog ..Hijau Daun Dewi =-.

    1. @m.asrori,
      menurut teorinya, Page Rank tergantung dari backlink yang kita dapatkan, baik jumlah maupun kualitas (PR) dari blog/website yang memberikan backlink tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *