Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

Anda pengguna wordpress? Pasti tahu plugin akismet dong? Akismet adalah sebuah plugin yang digunakan untuk melakukan filter pada komentar yang masuk ke blog wordpress anda. Plugin akismet akan mengetahui yang mana komentar yang spam dan mana komentar yang bukan spam. Walaupun kadang-kadang akismet bisa saja salah, tetapi menggunakan plugin akismet adalah cara yang paling cocok digunakan menangani masalah komentar spam. Jauh lebih baik dibanding anda menggunakan tembok penghalang CAPTCHA.

Untuk anda yang memiliki blog di wordpress.com (numpang), plugin akismet ini sudah ada dan anda tidak perlu mengaktifkan lagi. Tetapi bila blog anda adalah self hosted (domain dan hosting sendiri), plugin akismet ini sudah ada (terinstall bersama wordpress) tetapi belum aktif. Jadi anda perlu mengaktifkan plugin akismet ini.

Cara mengaktifkan plugin akismet pada blog wordpress adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Dashboard (wp-admin).
  2. Buka menu Plugin.
  3. Lihat disana ada plugin Akismet, lalu klik Activate untuk mengaktifkan plugin Akismet.

akismet1

Plugin akismet anda sudah aktif, tetapi kita masih harus memasukkan API key untuk dapat menggunakan plugin akismet ini. API key ini bisa anda dapatkan pada account anda di wordpress.com, berarti anda harus memiliki account di wordpress.com. Atau anda juga bisa mengcopy (meminjam) API key dari teman yang sudah punya account di wordpress.com. Berikut ini cara untuk mendapatkan dan memasukkan API key untuk plugin akismet :

akismet2

akismet3

  1. Masih di menu Plugin, klik enter your WordPress.com API key seperti pada gambar diatas.
  2. Klik Get your key (sebaiknya buka pada halaman baru).
  3. Jika anda belum login (pada wordpress.com) anda akan diminta login untuk menampilkan profile anda (API key terdapat pada profile wordpress.com anda), jadi silahkan login dengan account wordpress.
  4. Setelah masuk ke Dashboard (wordpress.com) buka menu Users –> Your Profile
  5. API key anda terdapat pada bagian atas (lihat gambar).
  6. Silahkan copy dan masukkan API key anda pada halaman sebelumnya lalu klik Update Option.

akismet4

Demikian cara mengaktifkan plugin akismet, semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau terlalu berbelit-belit, hehe..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

41 thoughts on “Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

  1. Trims sob, tp cara aktifkan di wpku langsung saya klik di tanda tanya (?) samping untuk ngisi keynya, habis itu saya di bawa ke halam utk ngisi email, kemudian keynya di kirim ke mailku jadinya API Akismetku langsung aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *