Cara Membuat Tulisan Tanpa Form Komentar

Sudah cukup lama rasanya saya tidak pernah membuat tulisan tutorial, baik yang berkaitan dengan blog atau pun tutorial lainnya. Jadi kali ini saya akan mencoba membuat tutorial lagi. Tapi jangan berharap ini tutorial yang hebat ya. Ini hanyalah sebuah tutorial sederhana yang semoga berguna untuk mereka yang baru mengenal blog. Tentu saja tulisan ini akan terasa tidak bermanfaat bagi mereka yang sudah terbiasa ngeblog.

Tutorial saya kali ini adalah seperti judul diatas yaitu bagaimana cara membuat tulisan yang tidak memiliki form komentar. Memang, salah satu ciri sebuah blog adalah adanya form atau fasilitas untuk berkomentar. Tanpa adanya fasilitas bagi pengunjung untuk mengomentari sebuah tulisan pada blog, maka blog tersebut akan terasa kurang lengkap. Bahkan saya sendiri mungkin akan mengatakan bahwa blog tersebut bukanlah blog. Mungkin anda juga setuju?

Nah, pada umumnya setiap tulisan yang dipublish di blog akan menyediakan form komentar di bagian bawah atau bagian akhir tulisan tersebut. Kenapa di bagian akhir? Ya tentu saja pengunjung diharapkan berkomentar setelah membaca tulisan tersebut baru kemudian berkomentar, bukan sebaliknya. Memangnya ada orang yang langsung berkomentar sebelum membaca isi blog? Nah kalau pertanyaan itu saya tidak tahu, tapi sepertinya ada, kalau tidak salah istilahnya blogrunning :D

Kembali ke topik. Walaupun setiap tulisan akan secara otomatis tersedia form komentar, sebenarnya bisa saja kita setting untuk tulisan tertentu agar form komentar tersebut dihilangkan. Berarti pengunjung tidak bisa berkomentar lagi dong? Iya, tapi ini hanya tulisan tertentu, artinya tulisan yang mana yang akan kita hilangkan form komentarnya maka tulisan itu saja yang tidak bisa dikomentari. Tulisan lain? Ya tetap bisa dikomentari. Lho, memang apa tujuan menghilangkan form komentar? Nah yang ini coba dibahas di tulisan lain ya.

Ngalor-ngidul 4 paragraf, mari kita langsung ke tutorialnya. Oya sebelum lupa, tutorial ini khusus untuk blog yang menggunakan wordpress ya. Baiklah, kita mulai. Silahkan login ke dashboard dan coba membuat New Post dengan memilih Add New pada menu Post di sebelah kiri.

Lalu buatlah tulisan seperti biasa, mengisi judul, tulisan, pilih kategori, isikan tag dan seterusnya. Jika anda sudah selesai, silahkan lihat di bagian bawah tempat anda mengetikkan konten/isi tulisan anda. Terdapat sebuah box yang judulnya Discussion.

Anda tidak menemukan kotak Discussion tersebut? Tenang, jangan panik dulu. Tapi sekali lagi tolong pastikan anda menggunakan wordpress ya karena kalau tidak ya percuma saja. Nah, jika kotak Discussion tersebut tidak ada, silahkan di pojok kanan atas layar. Klik tombol/link Screen Options.

Setelah anda klik Screen Options maka akan muncul kotak pilihan. Pastikan bahwa pilihan Discussion tercentang, jika belum silahkan klik.

Lalu tutup Screen Options dengan meng-klik sekali lagi. Jika langkah ini sudah anda lakukan, maka perhatikan di bawah kotak tempat menulis isi tulisan akan muncul kotak Discussion yang kita bicarakan diatas.

Nah, untung membuat agar tulisan tertentu tidak bisa dikomentari alias form komentar pada tulisan tersebut tidak muncul, maka hilangkan tanda centang pada pilihan “Allow comments”. Setelah itu silahkan coba publish tulisan yang anda buat lalu perhatikan di bagian bawah tulisan anda yang biasanya terdapat form komentar. Pada umumnya akan berganti menjadi tulisan “Comment are closed”.

Demikian tutorial sederhana cara membuat tulisan tanpa form komentar. Semoga bermanfaat, jika ada kekurangan atau kesalahan pada apa yang coba saya jelaskan diatas, silahkan isikan di form komentar di bawah ya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

10 thoughts on “Cara Membuat Tulisan Tanpa Form Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *