Cara Membuat Filter Email di Gmail

Tulisan cara membuat filter email di Gmail ini merupakan pelengkap dari tutorial yang saya buat sebelumnya yaitu tutorial sederhana tentang cara membuat filter email di Yahoo! Mail. Saya sadar mungkin tutorial ini agak basi bagi mereka yang terbiasa menggunakan email tapi semoga saja tutorial ini ada manfaatnya bagi pengguna pemula.

Kenapa Gmail? Ya karena layanan Gmail adalah salah satu layanan email gratis yang paling banyak di gunakan selain Yahoo! Mail. Baiklah, bagi anda pengguna Gmail dan belum memaksimalkan penggunaaan filter serta belum tahu cara membuat filter di Gmail, silahkan simak tutorial berikut ini.

Silahkan login di Gmail dengan account Gmail anda (jika belum punya silahkan buat dulu). Di bagian pojok kanan atas silahkan klik menu Setting.

Anda akan dibawa masuk pada halaman Settings, kemudian silahkan klik menu Filters lalu Create a new filter.

Selanjutnya silahkan isikan daftar isian untuk filter anda yang baru. Sebagai contoh saya akan membuat filter untuk memisahkan email yang berasal dari milis BaliBlogger dimana setiap email yang masuk pada bagian subjeknya selalu mengandung kata “baliblogger”.

Maka pada bagian Subject kita isikan kata “baliblogger” (tanpa tanda petik). Untuk lebih meyakinkan silahkan tombol Test Search untuk melihat hasil dari filter yang coba kita buat. Kemudian jika sudah yakin benar klik tombol Next Step.

Selanjutnya terdapat banyak pilihan apa yang akan kita lakukan terhadap email tersebut. Dalam contoh ini, semua email yang telah di filter tersebut akan kita masukkan ke dalam Label tertentu. Untuk itu silahkan centang (klik) pilihan Apply the label, lalu pilih New Label pada pilihan Choose label.

Selanjutnya akan muncul sebuah box New Label yang menanyakan nama untuk label yang akan kita buat. Silahkan isian di bawah kalimat Please enter a new label name, misalnya Bali Blogger lalu klik OK.

Jika sudah berhasil, langkah terakhir adalah anda tinggal meng-klik tombol Create Filter.

Sampai disini seharusnya Filter untuk email Gmail anda telah berhasil dibuat. Lihat bagian yang dilingkari pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya semua email yang masuk akan di filter terlebih dahulu, jika ada yang sesuai maka akan masuk ke Label yang telah anda buat seperti sebelumnya. Sekian cara membuat filter email di Gmail, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

23 thoughts on “Cara Membuat Filter Email di Gmail

  1. Mantap tutorialnya bli. Pasti ngos-ngosan nih bikin screenshotnya. Salut banget deh. Triknya pasti akan saya coba, soalnya belakangan saya lebih milih gmail ketimbang yahoo :)

  2. saya udah buat filter tapi tiap imel yg masuk kok ttp ada di inbox ya om? tapi di label jg ada. Jadi ada 2 imel, di inbox dan label.
    Gimana caranya biar lgs masuk ke label saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *