Cara Membuat Blog WordPress Versi Mobile

Jika anda pernah blogwalking ke blognya Mbak Isnuansa, anda mungkin akan menemukan tulisan yang berjudul mirip seperti tulisan ini, atau tepatnya Cara Membuat Blog Menjadi Versi Mobile. Tapi saya yakin anda tidak akan menuduh saya copy paste dari sana bukan? Hehe, tentu saja bukan, inti tulisannya memang sama karena saya memang tahu cara membuat blog versi mobile dari tulisan itu.

Sebelumnya saya sudah beberapa kali membaca di blog lain tentang cara membuat blog versi mobile (yang lebih ringan untuk diakses dari perangkat mobile), tapi saya belum tertarik karena saya belum menemukan alasan mengapa saya harus membuat versi mobile untuk blog ini, apalagi harus dengan menambah plugin. Ya, awalnya saya memang meremehkan pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

Tetapi setelah diperhatikan di data Google Analytics saya, pengunjung blog ini hampir 10% menggunakan aplikasi Opera Mini, saya cukup kaget. Itu berarti saya tidak bisa lagi meremehkan trafik yang datang dari perangkat mobile. Apalagi setelah diperhatikan di sekeliling saya, teman atau pun saudara kini lebih melek pada internet, dimana mereka umumnya mengakses internet dari handphone. Walaupun umumnya mereka hanya mengakses Facebook, tetapi bukan tidak mungkin lama-lama akan mengakses Google dan website lain juga. Ditambah lagi saya sering sekali mempublikasikan setiap tulisan saya di Facebook.

Apakah anda sudah membuat versi mobile dari blog anda? Jika belum, saya akan mencoba membuat tutorial sederhana cara membuat versi mobile untuk blog wordpress anda. Silahkan download plugin MobilePress lalu upload dari menu Plugin – Add New di Dashboard, atau langsung search dari menu Plugin di Dashboard blog anda lalu install. Jika sudah silahkan aktifkan plugin MobilePress tersebut. Jika anda masih pemula dan kurang jelas dengan cara ini, silahkan baca dulu Cara Install Plugin di WordPress.

Setelah plugin MobilePress aktif, di Dashboard pada menu bagian kiri paling bawah anda akan menemukan menu MobilePress, silahkan klik menu tersebut.

Anda dapat mengubah Blog Title dan Blog Description dari sini. Untuk Mobile Themes Directory biarkan saja terisi “mobile-themes” dan pilihan pastikan Force Mobile Site tetap pada “No”.

Jika sudah, klik Save Changes dan silahkan coba buka blog anda handphone anda dan lihat hasilnya. Atau jika ingin melihat versi mobile blog anda dari komputer, tambahkan ?mobile di belakang alamat blog anda, misalnya : http://namablog.com/?mobile Jangan lupa untuk kembali ke tampilan normal, bukalah alamat http://namablog.com/?nomobile

Selamat mencoba..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

84 thoughts to “Cara Membuat Blog WordPress Versi Mobile”

  1. Mantap Bli, sekarang memang makin banyak yang akses blog via hp, seperti saya sekarang ini. Sambil ngemol, tetep OL.

    Dulu awal saya mencoba plugin mobile yang buatan Alex King, malah gagal. Padahal nama besar beliau saya pikir jaminan kualitas. Kenapa bisa ga kompatibel dengan theme saya ya. Sampe akhirnya saya diajarin dengan Aduity ini. Lebih gampang.

    Waktu nyobain Carrington bikinan King, trafik saya dari Opera Mini baru 2%. Kini sudah 15%.

    Trims trekbeknya ya.

  2. wah…keren nok :cool: ini aja aq komeng juga dri moblog. aq moblog ini bkan sengaja tpi terpaksa krena senjata jadul q msuk UGD :cry:
    btw widget ini patut dcoba tapi apa hanya untuk WP yang berbayar saja plugin ini, klo betul yg berbayar saja brarti aq harus minggir dong ?? :???: :sad:

  3. Wah membaca pikiranku…

    Iya aku juga sudah beberapa bulan kepikiran untuk membuat mobile version, cuman berhubung belum pernah, jadi gak tau gimana caranya.

    Malas mencari juga soalnya kayaknya ribet… eh ternyata gampang ya? wkwkwkw. Makasih pak de.
    .-= Dewa Bantal´s last blog ..iPad? Yang Bener Aja… =-.

  4. Pertama, selamat untuk tampilan barunya… nuansa hijau, gak lagi ada cewe’yang berlari dipinggir pantai…
    Kedua, terkait tulisan, BLoG yang menggunakan WP dapat memanfaatkan plugins tambahan WP-PDA yang tidak lagi memerlukan banyak pengaturan. Alamat blog tetap dapat diakses tanpa embel2 tulisan mobile.
    Tampilan BLoG akan menampilkan tulisan dan ilustrasi secara utuh.
    Uniknya lagi pada tampilan mobile, akan ada tampilan jumlah posting/tulisan dimasing2 kategori…
    Semoga informasinya berguna.
    .-= PanDe Baik´s last blog ..Jadi PNS itu Serba Salah =-.

    1. @PanDe Baik,
      sementara saya tetap pakai ini dulu bli, hehe

      untuk embel2 tulisan “mobile” itu hanya diperlukan kalau kita “memaksa” membuka versi mobile dari PC, tetapi kalau tidak yang akan menyesuaikan sendiri

  5. Wah, sekali lagi info yang berguna dari sini. Saya juga termasuk orang yang sering menggunakan hp untuk blogwalking, terutama kalau lagi duduk santai di toilet menunggu hajat. Haha! Saya akan segera praktekkan cara ini. Thanks kawan.

  6. Wuih, belum sempet nyari eh jeg udah nongol tutorialnhya di depan mata. Thx beli made, web tiank waktu nie sempet di akses ma temen di hp eh malah ga bisa kebuka, dengan ini kayanya karang udah bisa.

    Oh yag, suksma udah berkunjung, materinya bole saya mirror kn beli,.,.
    Ga usah khawatir beli saya pake kata sendiri koq,.,.

    Suksma.,.

  7. MobilePress sangat powerful. Disamping keunggulan SEOnya, mobilepress juga ramah thd pengguna ponsel. Loadingnya cepat. Temanya sederhana. Aku telah mengunakan mobilepress sejak pertama membuat blogku dan sampai sekarang aku masih sangat suka plugin ini.

    Selamat ngeblog, kawan!

  8. gan gimana carana???saya masih penasaran sama wordpress mobile,tapi ga bisa2 yang carrington mobile,sama wp mobile udah saya download,tapi bingung seterusna diapain,,tolong penjelasana..

  9. Salam kenal mas,, saya pemula banget,mencoba tiga macam thema mobile untuk wp yang paling sederhana dan enteng di akses dari browser hp hanya mobile press.. Terasa banget pas buka dari hp tanpa operamini..

  10. Untuk mas sinauw, coba cari di google dg kata kunci “blogtouch” mungkin bisa sedikit mendekati apa yang anda mau ^_^

  11. saya suka dgn hasil kerja plugin yg mas pakai krn saya jg lbh sering pakai opera mini, maklum klo ngenet hal2 diluar kerja ya di luar jam kerja jg dan klo diluar jam kerja ya pakai opera mini geulis dech. Oiya, ada saran gk mas utk blogger biar bsa memiliki versi mobile sprti di web blog ini? Krn jika diakses dri hp tdk terlalu menyedot pulsa banyak dan komentarnya jg mudah…tengkiu

  12. Udah lama saya mau buat blog saya tampilannya seperti blog ini dengan mengupload plugin mobilepress,tapi gak bisa2.tutorial di blog ini mudah dipahami,tapi saya tetap gak bisa.saya buat blog dengan akhiran wordpress.com,apa memang tampilannya gak bisa dibuat seperti blog ini?kalau saya mau buat blog baru dengan tampilan seperti ini bagaimana cara daftarnya?apakah tidak gratis?mohon penjelasannya bang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *