Cara Install Plugin di WordPress

WordPress adalah blog engine (mesin blog) yang sudah sangat bagus serta SEO friendly. Itulah sebabnya banyak blogger yang memilih wordpress untuk engine blog mereka. Walaupun begitu, untuk memaksimalkan kinerja blog wordpress dan mendapatkan hasil yang maksimal, terkadang kita perlu menambahkan / meng-install plugin pada blog wordpress ini. Untuk blog di wordpress.com, kita tidak perlu menambahkan plugin karena telah tersedia pada widget yang ada.

Lalu bagaimana cara install plugin di blog wordpress dengan domain dan hosting sendiri? Berikut ini saya akan mencoba membuat cara install plugin di wordpress, plugin apapun itu cara melakukan install sama saja. Yang berbeda hanyalah setting dan kegunaan plugin masing-masing, tapi cara install hingga mengaktifkannya sama. Dulu pertama saya mengenal wordpress, saya menginstall plugin dengan cara manual yaitu dengan mengupload file plugin melalui CPanel.

Saat ini cara install plugin sudah lebih gampang. Silahkan login dan masuk ke Dashboard anda, lalu buka menu Plugin dan klik Add New.

cara install plugin wordpress1

Lalu akan muncul halaman Install Plugins. Di bagian atas terdapat beberapa menu yaitu : Search, Upload, Featured, Popular, Newest, Recently Updated. Jika sebelumnya anda telah memiliki file plugin yang anda download dari wordpress.org atau sumber lainnya, silahkan pilih menu Upload.

cara install plugin wordpress5

Selanjutnya silahkan klik Browse untuk memilih file plugin yang akan diupload dan klik Install.

cara install plugin wordpress4

Jika anda belum memiliki file plugin, silahkan cari (search) plugin yang akan anda install, misalnya plugin Random Post. Masukkan kata “random post” dan klik Search Plugins.

cara install plugin wordpress2

Selanjutnya anda akan ditampilkan hasil dari pencarian plugin yang sesuai dan silahkan dipilih. Perhatikan juga Rating dari masing-masing plugin. Jika sudah silahkan klik Install. Selanjutnya plugin anda telah berhasil di install tetapi belum aktif, untuk mengaktifkannnya anda mengklik Activate Plugin.

cara install plugin wordpress3

Plugin anda sudah ter-install dan aktif, kini plugin itu bisa anda gunakan sesuai kegunaannya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

66 thoughts on “Cara Install Plugin di WordPress

  1. Mungkin nanti bisa ditambah juga cara-cara manual serta untung ruginya dibandingkan cara otomatis seperti ini. Karena kadang saya bingung, jika ada cara otomatis kenapa wordpress.org di bagian bilah pemasangan pengaya (plugin installation tab)justru diberikan langkah-langkah manual ya.

    1. @Cahya:
      Kenapa cara manual lebih recomended? karena plugins itu ngak semuanya memenuhi standard wordpress, belum lagi plugins2 yang ada banyak yang tidak mengikuti perkembangan wordpress, sehingga kompabilitasnya diragukan, hal ini juga berpengaruh terhadap sistem upload plugins otomatis yang di sediakan oleh wordpress saat ini

      just a thought :)
      .-= Angga Labyrinth™´s last blog ..Tentang Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) =-.

  2. saya juga lagi buat tutor yang mirip spti ini utk blogger baru.. tapi udah keduluan imade wira :( sip deh lanjutGan…

    terkadang yang simple itu sering terlupakan

  3. Bro,, msih bingung nih. . . koq udah klik search, kmudian muncul “Connection Information”, suruh masukin hostname, username, trus connection type. harus di’isi apa tuh?

      1. @imadewira, Pak, mungkin maksudnya pada dashboard, di bawah menu appearance tidak ada menu “plugin”. saya juga mengalaminya. yg ada adalah menu themes,widgets,extras,current theme options,typekit fonts, dan edit CSS. lalu menu “plugin” ada di mana ya? mohon petunjuk..

  4. terima kasih infonya gan tutor nya lengkap dan jelas sehingga mudah di pahami.. saya sendiri sangat menyukai wordpress… wordpress saya pikir cms yang sangat powerfull .. apalagi dilengkapi dengan plugin dan widget yang hampir semuanya gratis

  5. Maap bang..apa diblogdetik ada menu plugin ndak?wktu klik menu plugin g ada add new dll.cm ada install doang.hrsx lwt menu mana,add new u/ posting itu kah?.tolong klo ndak keberatan tutornya di bls via email..uda 3 hr ini mau nambah plugin wp mobile ndak bisa. :(

  6. Maap bang..apa diblogdetik ada menu plugin ndak?wktu klik menu plugin g ada add new dll.cm ada install doang.hrsx lwt menu mana,add new u/ posting itu kah?.tolong klo ndak keberatan tutornya di bls via email..uda 3 hr ini mau nambah plugin wp mobile ndak bisa. :( 8(

  7. tp trnyata ada plugin share ke facebook di wordpress yg gratis. saya kira harus install plugin, trnyat gaprlu install. udah tersedia di setting wordpressnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *