Blogwalking vs Posting

Bulan Januari ini sudah menginjak tanggal 20 dan jumlah tulisan yang saya publish baru 3. Terlihat jelas sekali bahwa saya jarang mengurus blog ini. Komentar yang masuk pun belum sempat saya tanggapi, ya walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Menulis posting tidak sempat, berarti blogwalking pun saya tidak sempat.

Nah, pagi ini saya mengajukan pertanyaan sederhana pada diri saya sendiri. Ketika lama tidak ngeblog dan kemudian memiliki sedikit waktu, mana yang akan saya dahulukan, blogwalking atau posting?

Jawaban pertanyaan ini sebenarnya sangat relatif ya. Tergantung situasi dan kondisi, kalau misalnya saya mengutamakan blogwalking itu artinya saya mengabaikan blog saya. Lalu kalau saya mengutamakan posting tapi tidak ada ide atau malah kebanyakan ide jadi susah juga kan?

Berarti kemungkinannya ada banyak, tergantung situasi dan kondisi. Khusus untuk pagi ini saya mengutamakan posting karena kebetulan ada ide untuk ditulis, ya walaupun kualitas tulisan saya ya masih begini-begini saja. Setelah menulis ini saya akan mencoba memanfaatkan waktu yang tersisa untuk blogwalking.

Lalu, bagaimana dengan anda, mana yang lebih anda utamakan, blogwalking atau posting?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

42 thoughts on “Blogwalking vs Posting

  1. Saya blogwalking setiap hari, nulis hampir juga setiap hari meski dipublish seminggu dua kali, Bli :)

    Dan blog ini termasuk dalam daftar blogwalking saya :)

  2. Kalau saya, posting yang lebih penting. Masalahnya kan kalau sudah ada ide menulis lalu ditunda2, hilanglah mood itu. Jd posting yg utama sih klo buat saya.

  3. Belakangan, sejak saya pindah ke Jakarta, saya kesulitan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk blogging.

    Maka, kalau ada waktu, saya akan manfaatkan untuk posting dulu. Di waktu luang selanjutnya, saya akan pakai untuk blogwalking. :)

  4. menurut saya keduanya mesti berjalan seimbang dan mengalir saja, gak perlu terbebani kalau salah satunya ditinggalkan.

    blogwalking sebenarnya cara ampuh untuk mendapatkan ide postingan lo :)

    salam kenal dari bekasi.

  5. kalo newbie seperti saya msh agak plin plan mana yg mau di dahuluin tpi klo melihat dri manfaat blogwalking sprtinya blogwalking 70% dan posting 30% karena jika posting trus menerus bgi newbie kaya saya ya kedatangan pengunjung tipis sekali kemungkinannya

  6. aku kalau nggak ada ide ya nggak posting :lol:, tapi kalau nggak sibuk, atau lagi senggang diusahakan untuk blogwalking.. Kan siapa tahu justru dari situ dapet inspirasi nulis kan? hihihi.. Sambil menyelam minum softdrink gitulah :mrgreen:

  7. Posting adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang blogger, bagi saya blogwalking hanyalah untuk mengisi waktu kosong jika saya sedang tidak ada ide-ide, siapa tau dengan saya blogwalking saya bisa mendapatkan ide menulis.

  8. wah, kalu aku tergantung mood kali yah,,
    online seh setiap hari, tapi belum tentu juga ngepost setiap hari.. hehehe..

    btw, salam kenal yak! ini juga hasil aku blog walking dapat blognya :mrgreen:

  9. Menurut saya tidak ada yang mubazir dalam blogwalking, kalau kita mengharap silaturahmi itu udah pasti di dapat, asal anda rutin berblogwalking.

    Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *