Blogroll, Backlink dan Guest Post

Istilah blogroll mungkin sudah tidak asing bagi para blogger. Bahkan untuk blogger pemula pun pasti tahu apa itu blogroll, khususnya untuk mereka yang menggunakan wordpress. Ya, blogroll bisa dikatakan adalah daftar link. Daftar ini umumnya ditampilkan pada sidebar blog, bisa di bagian kanan atau kiri. Ada juga theme blog wordpress yang menampilkan blogroll di bagian bawah halaman blog.

Dulu ketika pertama memiliki blog di wordpress.com, saya dengan bangga menampilkan daftar blogroll saya di sidebar blog saya. Jumlah link yang ada pada blogroll saya waktu itu memang tidak banyak, tidak sampai puluhan dan itu pun semua saya pasang tanpa perduli apakah pemilik blog itu juga memasang link blog saya pada blogrollnya. Tujuan saya waktu itu memasang blogroll adalah untuk menunjukkan bahwa saya “mengetahui” dan sering berkunjung pada link yang ada pada blogroll saya itu. Dan secara tidak langsung “menyarankan” pengunjung blog saya untuk berkunjung kesana juga. Dari daftar blogroll ini pula saya melakukan blogwalking (sebelum akhirnya blogwalking dengan aplikasi RSS reader).

Kemudian ketika mulai ngeblog dengan domain dan hosting sendiri, aktivitas blogwalking pun semakin bertambah dan mengenal lebih banyak blog lain. Otomatis daftar link di blogroll saya pun bertambah panjang sehingga tampilan blog menjadi kurang bagus. Saya pun memindahkan daftar ini dengan membuat sebuah page yang isinya link blog lain yang biasa saya kunjungi. Bahkan, belakangan sebelum berpindah ke blog ini daftar link di page yang saya jadikan blogroll itu semakin panjang sehingga memaksa saya menjadikannnya 2 page.

Di blog ini saya memutuskan untuk tidak memasang blogroll seperti sebelumnya. Tetapi saya tetap blogwalking berdasarkan RSS feed yang saya terima dari RSS reader saya. Jadi pada prinsipnya, saya berkunjung jika ada postingan baru di blog tertentu. Bagaimana dengan backlink? Ya, blogroll memang memberikan backlink untuk blog lain. Saya tidak membuat blogroll bukan berarti saya pelit memberikan backlink, saya sudah memikirkan suatu cara untuk memberikan backlink dengan lebih elegan, yaitu dengan membuat fasilitas Guest Post. Banyak blogger yang saya lihat menggunakan cara ini dan saya pikir ini sangat adil.

***apakah anda juga membuka Guest Blog di blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

40 thoughts to “Blogroll, Backlink dan Guest Post”

  1. guest post itu apa ya bro?? aku kok blm tau maklum newbie hehe…

    kan tujuan ngeblog itu beda², kalo yg tujuan utamanya utk cari dollar, backlink emang penting…
    tp kalo tujuannya ngeblognya hanya utk sekedar berbagi indormasi, ya g ngaruh sih blogroll atau tukeran link hehehe
    .-= tomi´s last blog ..Tema Anubis dari Nurudin Jauhari =-.

    1. @tomi,
      yup, memang benar, tergantung tujuan membuat blog. Guest post tidak hanya bermanfaat untuk mendapat backlink, tapi juga untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam menulis.

  2. Kalo saya nyimpen link di blogroll biar mudah mengetahui kalo ada postingan baru yang sekiranya menarik untuk saya baca/komentari. Maklum, di blogspot memungkinkan kita berlangganan feed melalui menu blogroll yang ada di sidebar.

    Tapi berhubung jumlah link blog yang saya simpen banyak, saya harus menofollowkan-nya biar nggak dianggap SPAM oleh mbah google :)

    Masalah berbagi backlink, saya juga punya cara tersendiri. Bisa lewat menu Top Komentator, sekadar berkomentar (blog saya do follow), dan juga lewat postingan, plus via seri artikel menarik blogwalking minggu ini yang sudah saya luncurkan 2 kali :D
    .-= iskandaria´s last blog ..Download MP3 Soundtrack Take Me Out Indonesia =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *