Blog Baru Semangat Baru

Layaknya anak kecil yang dibelikan mainan baru. Begitulah perasaan saya terhadap blog saya yang baru ini. Beberapa hari belakangan ini saya habiskan waktu untuk utak-atik blog ini. Beberapa poin utama yang saya lakukan untuk membangun blog ini dari awal yaitu :

Memilih Nama Domain

Nama domain yang saya pilih adalah http://imadewira.com. Tentunya tidak asal pilih karena saya memiliki alasan tersendiri sampai akhirnya memilih nama domain http://imadewira.com, untuk lebih silahkan baca di halaman About.

Memilih Blog Engine

Untuk blog engine sudah bisa ditebak, tentu saja saya menggunakan wordpress sebagai engine untuk blog ini. Dari awal kenal dengan yang namanya blog, saya sudah langsung jatuh cinta pada wordpress. WordPress juga dikenal sebagai blog engine yang SEO Friendly dan tetap User Friendly. Selain itu wordpress masih memiliki banyak kelebihan dibanding blog engine lain.

Memilih Theme Blog

Salah satu langkah penting selanjutnya adalah memilih theme untuk blog wordpress ini. Saya termasuk orang yang tidak suka gonta-ganti pacar, eh, maksud saya theme. Sebenarnya theme yang paling cocok di hati saya adalah theme Prosumer karya Nurudin Jauhari. Tetapi karena ini adalah blog baru, tentu saja saya ingin menggunakan theme lain agar kesan baru tetap terasa.

Kesana-kemari mencari theme untuk blog wordpress ini saya juga belum menemukan theme yang sesuai selera saya. Dan akhirnya kembali pada theme karya Nurudin Jauhari yaitu theme Septembre. Namun masih ada yang kurang sesuai dengan keinginan saya yaitu font. Saya ingin tetap menggunakan font seperti pada theme Prosumer. Akhirnya dengan kemampuan seadanya saya mencoba utak-atik CSS pada theme Septembre ini dan mengganti font-nya sesuai dengan keinginan saya, hehe.

Memilih Plugin

Walaupun wordpress adalah blog engine yang sudah sangat SEO Friendly, namun tambahan beberapa plugin tetap diperlukan untuk meningkatkan performanya. Sekarang tiba saatnya saya menambahkan beberapa plugin seperti plugin All In One SEO Pack, dan lainnya. Tapi ini akan saya lakukan secara bertahap sambil tetap ngeblog.

***Apakah anda memiliki semangat ngeblog yang menggebu?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

34 thoughts on “Blog Baru Semangat Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *