Berkunjung Kembali

December 22nd, 2010 by imadewira Leave a reply »

Seperti kita ketahui bahwa ngeblog bukan hanya menulis posting lalu di publish. Kegiatan ngeblog juga meliputi yang namanya blogwalking yaitu berkunjung ke blog lain sembari meninggalkan komentar jika ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada pemilik blog atau pun komentator selanjutnya.

Komentar yang kita tulis di sebuah halaman blog bisa berupa banyak hal, seperti tanggapan, pertanyaan, sanggahan atau pun cuma sekedar “say hello”. Pemilik blog pada umumnya ikut berkomentar untuk menanggapi atau menjawab komentar yang masuk pada tulisannya.

Lalu setelah mendapat tanggapan dari pemilik blog atau komentator lain, apakah anda berkunjung kembali ke halaman di sebuah blog tersebut? Saya sendiri jarang melakukannya, kecuali isi tulisan blog tersebut sangat menarik dan saya mengajukan pertanyaan yang cukup penting bagi saya.

Alasan saya tidak berkunjung kembali adalah karena waktu. Di samping itu beberapa blog tidak menyediakan fasilitas notifikasi ketika ada komentar baru setelah komentar saya, seperti yang disediakan jika kita menggunakan plugin CommentLuv. Tetapi walaupun fasilitas notifikasi tersebut ada, saya lebih sering memilih untuk tidak menerima notifikasi (tidak dicentang) karena biasanya notifikasi tersebut akan sedikit mengganggu email saya.

Nah, bagaimana dengan anda? Apakah anda berkunjung kembali ke sebuah halaman blog setelah menerima tanggapan?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

20 comments

  1. Komentar yang ndak saya kunjungi balik adalah komentar yang kurang menarik, seperti komentar yang sekedar “say hello”.

    Komentar lainnya sebisa mungkin saya kunjungi. Tapi blum tentu saya komentari tulisannya. Tergantung apakah tulisannya mengundang komentar saya atau ndak. Kalau ndak, ya saya cuma berkunjung saja. Hehe!
    Agung Pushandaka´s last blog post ..Unstoppable- Unbelievable!

  2. PanDe Baik says:

    aktifitas saya cuma nulis trus publish. Jarang blogwalking :(
    PanDe Baik´s last blog post ..Tips dan Trik Berburu BadGes VisitPA Pennsylvania

  3. Cahya says:

    Menanggapi kalau penting saja, kalau ndak nanti WXR bisa kepenuhan pas lagi back-up, he he… :D.

    Kalau ada waktu jalan-jalan, kalau ndak ya sudah di rumah saja :).
    Cahya´s last blog post ..Apakah Sekarang Hari Ibu

  4. Jempol says:

    Sekilas baca yg punya blog pede sekali, postingannya aja asal tulis. Yg penting nulis dan update, bagus sih sebenarnya

  5. sulfikar says:

    sy “berlangganan” banyak blog untuk blogwalking, biasanya blog yg sy anggap menarik itu masuk di blogroll dan wajib dikunjungi…nah, sy akhirnya bisa juga melihat balasan dr komen sy sebelumnya
    sulfikar´s last blog post ..Hari Ibu- hari yang tidak penting

  6. DV says:

    Jarang ya… saya gunakan komentar untuk menyapa dan komentar saya sebenarnya tidak membutuhkan tanggapan.
    Kalaupun ditanggapi, saya tak kan terpancing untuk menjadikan sebuah percakapan :)
    DV´s last blog post ..Tiga tahun…

  7. devieriana says:

    Saya sih regularly aja berkunjungnya, nggak harus dapet tanggapan juga sih..

    Blogwalking itu sebagai sarana silaturahmi juga sih. Jadi kalau sempat pasti saya usahakan mampir ke blognya temen-temen.. :)

  8. agoest says:

    “Lalu setelah mendapat tanggapan dari pemilik blog atau komentator lain, apakah anda berkunjung kembali ke halaman di sebuah blog tersebut? Saya sendiri jarang melakukannya”

    hal seperti ini biasanya hanya di lakukan oleh blogger yang suka setor muka saja,biar tampak kehadirannya,biar ada jejak dan bukti kalau sudah berkunjung,dan pasti hanya mengharap kunjungan balik…

    sudah pasti komentarnya datar-datar saja,komentar yang umum-umum saja,karena sejak awal sudah niat unutk tidak kembali lagi,jadi memang tidak perlu meninggalkan komentar yang bisa memberi value pada isi artikel blog..

    habis ninggal kentut minggat,yang penting setor muka,itulah model persahabatan di dunia blogger,sangat sulit untk membangun discuss yang sehat,ya karena model sahabat kentut tadi…sok baik..sok dekat…pamrih tetap di belakangnya…

    tak peduli apa artikelnya,langsung tulis komentar,dan tak perlu menyanggah,karena kalau menyanggah takut kehilangan pengunjung tetap,walaupun toh sebenarnya artikel author blog sangat perlu ada koreksi…

    dan type ini juga di miliki oleh blogger pengejar backlink….saya tidak menjustifikasi pemilik blog ini adalah pemburu back link,semoga tidak…

    tapi memang inilah realita di dunia blogger,persahabatan abal-abal,semanis apapun komentar,udang di balik batu tetap ada,mau blog ber-PR 6 pun juga tetap membutuhkan kunjungan balik,ninggalin komentar sekenanya saja,berharap cemas kunjungan balik dan berharap doorprize backlink…
    agoest´s last blog post ..konfrontasi tidak haram

    • imadewira says:

      @agoest,

      Terima kasih atas komentar, saya akui saya sendiri juga jarang berkunjung kembali setelah meninggalkan komentar, seperti yang saya jelaskan di tulisan ini.

      Jadi saya sangat memaklumi blogger lain yang melakukan hal yang sama di blog saya. Saya tidak peduli apakah mereka mengejar backlink atau tidak.

  9. Saya sependapat, jika isinya menarik maka saya kunjung balik, tetapi jika tidak jelas :D terkadang males juga. :D tapi tergantung juga sih. kaya blog ini isinya menarik bagi saya makanya sering komeng-komeng disini. nice post..
    blog kapten teknologi´s last blog post ..Bermain Dengan Prompt Javascript

  10. Wandi thok says:

    Untuk komentar asal-asalan, mula-mula saya coba kunjung balik mas, sambil melihat perilaku pemilik blognya di blog lain, namun jika seperti itu terus, apalagi dia sudah domain sendiri, saya lakukan 2 hal ketika dia komeng:
    1. Kuhapus semuwa komengnya.
    2. Saya tidak lagi kunjungi
    Dua hal ini belum lama saya lakukan pada sebuah blog yang belum lama kenal mas.
    Alasan saya sangat jelas, saya tidak suka komeng asal-asalan, karena saya sendiri insya alloh tidak pernah asal-asalan dalam komeng. Apakah saya salah mas?

    • imadewira says:

      @Wandi thok,
      Anda tentu tidak salah, karena anda berhak menentukan “aturan” dalam blog anda.

      Tetapi dalam tulisan saya ini, maksud saya bukan berkunjung balik ke blog komentator di blog kita.
      Maksud saya, ketika kita berkomentar di blog orang lain, apakah besok atau lusa anda akan berkunjung kembali ke tulisan tersebut?

  11. desain says:

    kalo saat ini sih saya kunjung balik,soalnya blog yg satu ini msih baru..hehe
    desain´s last blog post ..25 Christmas Theme 2010

  12. Klo saya sering juga’ sih berkunjung lg mas,,, biasa gak sengaja aj kebuka lg halaman blog sahabat…smoga tar saya berkunjung lg dsni,,, krn postingan menarik sangat banyak,,, makasih Mas,,, salam kenal ya :)

  13. bukan hanya balik lagi Bli, saya malah link ke blog yang saya sukai, seperti blognya Bli ini…..

Leave a Reply

CommentLuv badge