Berkenalan Dengan Linux : Ubuntu Server

December 6th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Ubuntu

Jadi ceritanya saat ini saya sedang belajar menggunakan Linux. Sebenarnya sudah lama saya ingin belajar Linux tapi baru kali ini ada momen yang pas.Nanti lain kali saya ceritakan bagaimana awalnya sehingga saya memutuskan untuk belajar Linux ini. Yang jelas, saat ini saya ingin membuat sebuah web server berbasis Linux untuk sebuah aplikasi berbasis web (PHP dan MySQL) yang saya bangun untuk keperluan di kantor.

Sebenarnya bisa saja saya menggunakan Windows bahkan Windows XP saja dengan menggunakan paket aplikasi XAMPP for Windows. Tetapi mumpung ingin agar aplikasi yang saya buat bisa diakses dari komputer lain melalui jaringan (LAN) maka pikir saya sekalian saja belajar pakai Linux. Dan sebenarnya menggunakan Windows XP saja pun sudah bisa diakses dari komputer lain, cuma itu tadi, mumpung.┬áKebetulan juga di kantor ada beberapa komputer bekas yang tidak terpakai, jadi “kelinci” bahan percobaan sudah tersedia.

Saya pun mulai dengan bertanya ke mbah Google tentang Linux macam apa yang sebaiknya saya gunakan / pelajari. Karena terus terang saja saya benar-benar buta dengan Linux. Pertama dan terakhir kali saya tahu Linux adalah ketika jaman kuliah sekitar 10 tahun lalu. Kalau tidak salah waktu itu jaman Red Hat, itupun saya cuma mencoba menginstall melalui CD dan selesai sudah sampai disitu. Setelah 10 tahun tentu mungkin ada sangat banyak perkembangan yang sudah terjadi, terlebih saya tidak mengikuti perkembangan Linux yang konon sudah berkembang jauh.

Linux konon katanya sekarang sudah banyak yang user friendly ala Windows, karena yang saya tahu dulu Linux agak ribet dan harus punya keinginan kuat untuk belajar agar bisa menguasainya.

Hasil Googling dan bertanya pada beberapa kawan di Twitter, saya menjatuhkan pilihan pada Ubuntu. Kata beberapa teman dan hasil googling, katanya Ubuntu ini lebih familiar alias lebih mudah digunakan. Saya tidak tahu apa kelebihan dan kekurangannya. Daripada kelamaan bingung memilih, saya lanjutkan Googling lagi tentang Ubuntu. Dan saya menemukan website Ubuntu yaitu http://ubuntu.com

Lalu dari sanalah saya mulai berkenalan dengan Linux khususnya Ubuntu dan saya ini saya sudah berhasil menginstall Ubuntu Server pada sebuah PC yang sudah saya siapkan. Benar-benar baru cuma menginstall saja lho.. Karena saya belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Selanjutnya saya harus googling lagi bagaimana cara menggunakan Ubuntu Server. Cerita tentang bagaimana cara download, membuat CD instalasi dan proses instalasi mungkin nanti saya ceritakan dalam tulisan tersendiri.

Jadi anggaplah ini perkenalan saya dengan Linux. Saya tidak tahu apakah langkah saya sudah tepat belajar Linux mulai dengan Ubuntu Server, apakah tidak sebaiknya saya belajar memakai yang Desktop dulu. Ah, saya tidak mau mikir itu, yang penting saya coba-coba saja dulu dan mengandalkan mbah Google dan bantuan teman-teman di dunia maya saja. Kalau mungkin ada yang punya tutorial dasar tentang Linux khususnya Ubuntu Server, mohon di share kepada saya dan terima kasih sebelumnya.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

10 comments

  1. Outbound says:

    Yang jelas jgn tanya Ubuntu ke saya ya..
    Saya juga bener2 buntu!!

    Pokoknya, selagi ada mBah Google, semua urusan dijamin tetep ribet..

    hehehe,

    salam,

  2. SIge says:

    Hi Bli,

    Lanjutin lagi bli postingannya mengenai Linux…ini menarik sekali..sambil2 tambah pengetahuan jg, terutama bagi saya yg awam..^^
    SIge´s last blog post ..Tentang kopi, mangga dan pre-wedding

  3. oomguru says:

    males ah kenalan sama linux,
    mendingan kenalan sama anak bapak kost.
    hehehe
    oomguru´s last blog post ..Rindu Akan 90

  4. Andy MSE says:

    lama ndak bersua… apa kabar?
    Andy MSE´s last blog post ..Ciyus Miapah

  5. Mas Andank says:

    saya juga pake linux kok mas. ( lah wong pelajaran saya ada linux ya harus pake hehehe )
    Mas Andank´s last blog post ..Mini Review: Nikon D5200, Penerus yang Menggiurkan

  6. Cadink says:

    Pilihan tepat bli…. Lanjutkan….

Leave a Reply

CommentLuv badge