Berkenalan Dengan Calon Gubernur Bali

February 28th, 2013 by imadewira Leave a reply »

Tidak lama lagi penduduk Bali akan melaksanakan hajatan politik yaitu Pemilihan Gubernur Bali, tepatnya pada tanggal 15 Mei 2013. Sebagai warga negara yang baik, kita tentunya harus ikut berpartisipasi dalam ajang ini untuk memilih salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali. Suara kita tentu akan sangat berpengaruh pada kemenangan salah satu pasangan. Kalau ibarat memilih sebuah barang yang akan kita beli, tentu sebaiknya kita harus mengetahui apa yang akan kita pilih. Nah, pertanyaan mendasar disini yang sebaiknya kita tanyakan pada diri sendiri adalah :

Sudahkah kita mengenal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang akan kita pilih?

Mungkin pertanyaan diatas terlihat sepele bagi mereka yang mengikuti informasi di media baik media cetak, televisi, radio atau pun media internet khususnya situs berita dan jejaring sosial. Tapi bagaimana jika pertanyaan diatas diajukan kepada mereka yang tidak memiliki akses informasi yang cukup, atau mereka yang memang males dengan urusan politik? Mungkin masih banyak yang tidak kenal atau bahkan mungkin tidak tahu ada berapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju dalam PilGub Bali bulan Mei ini.

Kita tidak perlu saling tuding dengan menyalahkan media yang tidak adil dalam pemberitaan atau kinerja KPUD Bali yang mungkin belum maksimal mensosialisasikan tentang PilGub ini. Yang sebaiknya kita lakukan adalah ikut membantu mensosialisasikan tentang PilGub ini kepada orang-orang di sekitar yang mungkin masih kekurangan informasi. Dengan harapan masyarakat bisa semakin sadar dan dewasa dalam urusan politik. Juga untuk meminimalkan mereka yang suka membodohi masyarakat dengan melakukan tindakan curang yang mungkin sudah lumrah dilakukan dari dulu.

Baiklah, mari kita mulai dulu dengan melihat ada berapa pasangan calon gubernur dan gubernur bali saat ini. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali untuk PilGub 2013 ada 3 pasang (saya sempat bingung mencari referensi valid untuk info ini karena di website KPUD Bali kayaknya kurang jelas. Update, berita resmi KPUD Bali ada disini) yaitu :

  • Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta
  • Anak Agung Puspayoga dan Dewa Nyoman Sukrawan
  • Gede Winasa dan Putu Sudiartana

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, sudahkah anda mengenal nama-nama diatas? Sebab kalau kita tidak kenal atau tidak tahu, bagaimana kita bisa memilih.

Tentu ada banyak faktor yang menyebabkan terkenal atau tidak seorang calon pemimpin. Mungkin media yang paling berperan disini. Dan untuk membantu memperkenalkan lebih jauh tentang masing-masing calon serta program kerja yang mereka tawarkan, saya rasa untuk itulah ada yang namanya kampanye. Walaupun pada menurut saya pribadi masa kampanye tidak terlalu berpengaruh pada pilihan masyarakat.

Karena pada kenyataannya ketika kampanye, masyarakat yang hadir dalam kampanye salah satu pasangan calon adalah masyarakat yang notabene memang pendukung calon tersebut. Jadi pasangan calon tersebut mau ngomong apapun rasanya tidak terlalu banyak pengaruhnya. Apalagi metode kampanye yang saya lihat masih lebih banyak menggunakan cara-cara lama seperti berlomba memasang baliho sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya.

Mungkin idealnya ketika salah satu pasangan melakukan kampanye, yang hadir disana adalah masyarakat yang ingin mendengarkan isi kampanye calon tersebut. Lalu mereka membandingkan dengan calon yang lain. Dan ketika waktunya untuk mencoblos, masyarakat sudah siap dengan pilihan masing-masing yang memang sudah dipertimbangkan dengan baik. Jadi pilihannya bukan karena melihat calon mana yang balihonya paling besar dan paling menarik.

Lanjut lagi tentang berkenalan dengan calon gubernur dan wakil gubernur Bali. Disini saya akan menuliskan pandangan pribadi saya tentang masing-masing orang diatas. Jadi tidak ada maksud membantu atau pun menjelekkan salah satu pasangan calon. Sekali lagi, ini pandangan pribadi saya sejauh apa yang saya ketahui.

Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta

Kedua orang ini tentu saya tahu. Made Mangku Pastika adalah Gubernur Bali yang masih aktif saat ini, alias incumbent. Nama Made Mangku Pastika mulai saya ketahui ketika pasca kejadian Bom Bali I karena sering disebut di media sebagai Ketua Tim Investigasi Bom Bali I. Selanjutnya Made Mangku Pastika sempat menjabat sebagai Kapolda Bali yang membuat namanya juga sering disebut di media. Selanjutnya di tahun 2008 Made Mangku Pastika maju dalam PilGub 2008 berpasangan dengan AA Puspayoga yang waktu itu menjabat sebagai Walikota Denpasar. Made Mangku Pastika menang dan menjabat sebagai Gubernur Bali sampai saat ini. Setelah menjabat sebagai Gubernur Bali, tentu banyak hal yang terjadi. Yang paling hot bagi saya atau perselisihannya dengan media Bali Post. Itulah yang saya ketahui tentang Made Mangku Pastika.

I Ketut Sudikerta juga tentu saya tahu karena dia adalah wakil Bupati Badung dan saya adalah warga Badung. Yang saya tahu I Ketut Sudikerta adalah salah satu pentolan partai Golkar di Bali. Di media televisi dan koran lokal Bali nama Sudikerta juga sering muncul khususnya berkaitan dengan jabatannya sebagai Wakil Bupati. Dalam kegiatan olahraga khususnya kejuaraan Bola Volley di daerah-daerah di Badung, I Ketut Sudikerta juga sering muncul.

Anak Agung Puspayoga dan Dewa Nyoman Sukrawan

Anak Agung Puspayoga tentu saya juga tahu, khususnya ketika masih menjabat sebagai walikota Denpasar. Walaupun bukan warga Denpasar, tetapi namanya ketika itu begitu lekat dengan kota Denpasar. Juga mungkin karena Denpasar adalah ibu kota maka pemberitaan tentang Anak Agung Puspayoga¬† cukup banyak. Apalagi setelah memenangkan PilGub Bali tahun 2008 bersama Made Mangku Pastika, nama Anak Agung Puspayoga semakin dikenal. Sayangnya belakangan perannya sebagai wakil gubernur sepertinya tidak terlalu kelihatan di media. Apalagi setelah “bercerai” dan memutuskan untuk maju sebagai calon gubernur Bali melawan Made Mangku Pastika.

Untuk Dewa Nyoman Sukrawan, jujur saja namanya masih asing bagi saya dan saya sama sekali tidak mengetahui siapa dia. Ya kecuali nanti googling lagi.

Gede Winasa dan Putu Sudiartana

Gede Winasa saya tahu ketika masih menjabat sebagai Bupati Jembrana. Gede Winasa waktu itu cukup sering muncul di media khususnya karena Gede Winasa cukup dekat dengan dunia IT. Konon penerapan bidang IT di Jembrana ketika Gede Winasa menjabat sangat bagus, entahlah. Tapi karena berita-berita itu saya jadi cukup sering melihatnya di media. Gede Winasa juga maju dalam PilGub Bali 2008 tapi sayang kalah, saya lupa siapa pasangannya ketika itu.

Dan terakhir, Putu Sudiartana, sama dengan Dewa Nyoman Sukrawan, saya benar-benar tidak tahu. Jangankan saya, di media pun rasanya namanya tidak terlalu dikenal.

Kesimpulan

Jadi, itulah apa yang ada di benak saya. Namun sekali lagi bukan berarti saya mendukung pihak mana pun. Dan juga, pandangan saya tentu bisa berbeda dengan orang lain. Selain itu, sebaiknya kita juga jangan hanya memilih karena terkenal atau tidaknya seseorang. Lebih baik kalau bisa dicermati dulu apa yang mereka tawarkan ketika kampanye nanti. Memang susah sih, mau memilih yang mana karena akses kita untuk mengenal mereka lebih dekat sepertinya susah. Jadi, silahkan pilih menurut hati nurani anda masing-masing. Selamat memilih..

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

8 comments

  1. a! says:

    kurang asyik ya para calon yg maju. ngebayangin di bali punya calon lain spt jokowi atau rieke pasti keren.
    a!´s last blog post ..Smartphone, Alat Liputan dalam Genggaman

  2. Adi Sudewa says:

    Kalau baca BaliPublika Edisi 6&7, pasti tahu Pastika, Puspayoga, dan Winasa :-)

  3. Jefry says:

    mengetahui masing2 profil dari calon gubernur sangat penting sekali..
    semoga PilGub di Bali nanti berjalan lancar dan damai :)
    Jefry´s last blog post ..Cara Memasang Lantai Keramik Kamar Mandi dan Toilet

  4. jjur saya sndiri bingung mau milih yg mana….,karena mnurut sya dari calon yg ada itu ada sisi lebih,,,dan ada jg kekurangannya…..
    smoga gubernur slanjutnya yaw setidaknya sering turun ke masyarakat sprti jokowi….

  5. Gung yanti says:

    Om swastyastu..
    Salam kenal sbelumnya,
    sy mau nnya.. Uhm.. Kira” gubernur bali yang paling berkualitas menurut anda, kalau boleh tau siapa nggih ? :)

  6. DV says:

    Sejak pasang parabola di sini, saya malah sering menikmati siaran Bali TV dan sedikit banyak tahu soal pilkada ini.

    Harapan saya, siapapun yang terpilih yang terutama untuk Bali adalah mereka yang mampu dan mau menjaga keutuhan tradisi Bali tanpa terkecuali.

    Sebisa mungkin ‘mensterilkan’ Bali dari segala intrik politik Jakarta supaya tetap menjadi pulau dewata.

    Kupikir itu saja :)

Leave a Reply

CommentLuv badge