Bali Selamat Memilih

May 14th, 2013 by imadewira Leave a reply »

Hari Pemilihan Gubernur Bali akhirnya tiba. Hari ini tanggal 15 Mei 2013 sudah ditetapkan sebagai hari bagi masyarakat Bali untuk menentukan pilihannya yaitu untuk memilih salah satu dari dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Puspayoga-Sukrawan atau Pastika-Sudikerta. Masyarakat tentu memiliki hak untuk memilih yang mana, tidak boleh ada paksaan dari siapapun.

Semoga saja masa kampanye kemarin sudah cukup bagi masyarakat untuk melihat dengan jelas tentang apa yang dijanjikan oleh masing-masing pasangan CaGub dan CaWaGub. Karena di satu sisi menurut saya apa yang dilakukan kedua pasangan pada masa kampanye kemarin masih sangat kurang dalam mensosialisasikan program-program kerja mereka kepada masyarakat. Kedua pasangan calon CaGub dan CaWaGub hanya menampilkan baliho-baliho berukuran besar yang berisi foto dan jargon masing-masing. Kalaupun ada yang menampilkan janji atau program kerja, isinya masih kurang jelas dan kurang di mengerti dan masyarakat tentu butuh penjelasan lebih detil.

Memang ada juga cara kampanye model lain seperti iklan di televisi dan radio bahkan internet, atau ada juga lagu-lagu Bali yang memang dibuat khusus untuk media kampanye, tapi isinya tentu saja jauh dari esensi yang diharapkan karena tidak menjelaskan dengan lebih jelas tentang program kerja yang mereka tawarkan. Sedangkan kalau kampanye model rapat terbuka dan pengerahan massa, semua sudah tahu bahwa isinya biasanya lebih pada orasi-orasi biasa, bukan pemaparan program kerja dengan lebih jelas.

Sebenarnya ada cara kampanye yang lebih efektif seperti acara-acara debat yang disiarkan di televisi namun tetap saja waktunya terbatas. Apalagi isi debat lebih banyak saling menyerang pihak lain dengan cara mengkritik program yang ditawarkan, dimana seharusnya masing-masing pasangan lebih memanfaatkan waktu yang terbatas itu untuk menyampaikan programnya sendiri dan solusinya terhadap masalah yang dihadapi oleh Bali.

Dengan berbagai kekurangan itu, bagaimana pun juga kita harus tetap memilih. Dan yang terpenting selain melakukan kewajiban memilih tentu saja kita tetap harus menjaga keamanan. Jangan sampai PilGub Bali yang merupakan pesta demokrasi ini menimbulkan hal-hal negatif seperti kericuhan yang dapat meresahkan semua orang. Di jaman yang sudah semakin modern ini, masyarakat sudah sepatutnya belajar untuk lebih dewasa lagi, belajar untuk bisa menerima perbedaan, belajar untuk menghormati perbedaan.

Dan terakhir, saya ucapkan selamat memilih untuk seluruh masyarakat Bali. Siapapun yang terpilih, itulah pilihan masyarakat Bali dan kita semua harus menerimanya karena setelah terpilih maka pasangan tersebut akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang notabene melayani seluruh rakyat Bali, milik seluruh rakyat Bali.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

9 comments

  1. pandebaik says:

    nah… trus, ntar mau coblos yang mana wir?
    pandebaik´s last blog post ..PAS atau PASTIKERTA ?

  2. DV says:

    Bli! Selamat memilih!
    Siapapun yang terpilih, ia harus tetap menjaga Bali seperti sekarang! Tidak seperti kawasan yang lainnya yang kian aneh..
    DV´s last blog post ..Kill Em All

    • imadewira says:

      @DV : terima kasih mas.. Yang terpenting saat ini adalah keamanan Bali, semoga tidak ada perselisihan yang memicu rusuh. Setelah PilGub selesai, baru kita tagih janji mereka yang menang.

  3. giewahyudi says:

    Iya ya, hari ini Bali memilih gubernur baru. Eh belum tentu baru ding. :)
    giewahyudi´s last blog post ..Update Berita Barca dengan Konten Eksklusif Indosat-Barca

  4. Zizy Damanik says:

    Semoga yang terpilih, bisa menjadi pemimpin yang cinta rakyat dan cinta budaya…. tentu saja!
    Zizy Damanik´s last blog post ..Vay dan Sahabatnya

  5. saya pun tak menggunakan hak suara saya. karena terlambat ke TPS, tragis! :)

Leave a Reply

CommentLuv badge