Balapan Luar Biasa di Seri Penutup 2011

November 6th, 2011 by imadewira Leave a reply »

Walaupun gagal menang di Valencia, tapi Ben Spies sudah tampil luar biasa

Sebuah balapan yang menegangkan terjadi di seri penutup MotoGP 2011 di Valencia. Awalnya saya menduga balapan akan berlangsung dengan sangat membosankan. Apalagi seri MotoGP Valencia ini masih dalam suasana berkabung karena meninggalnya Marco Simoncelli. Ditambah dengan Lorenzo yang masih absen karena cedera jari di Philip Island. Otomatis Stoner tidak akan memiliki pesaing, maklum, kalau bukan Lorenzo, siapa lagi yang mampu menyaingi Stoner saat ini.

Dari sesi latihan bebas hingga kualifikasi, Stoner masih sangat mendominasi. Ini pertanda balapan akan membosankan. Namun saya berharap ada kejutan dari Valentino Rossi yang start dari nomor 6. Mengingat ini seri terakhir dan kasus Simoncelli, Rossi kemungkinan punya semangat “lebih” dan siapa tahu bisa finish di podium.

Tapi setelah start, kecelakaan terjadi. Bautista terpeleset terjatuh lalu menyenggol Valentino Rossi, Randy de Puniet, dan Nicky Hayden. Tampak Rossi sangat kecewa, bukan hanya karena gagal menjalani balapan, tapi juga habis kesempatan untuk memberi hasil lebih baik mengingat ini sudah seri terakhir. Perasaan saya tentang balapan yang membosankan semakin menjadi, tapi saya tetap menonton.

Stoner melaju tak terkejar di depan, sementara posisi kedua menjadi rebutan oleh Dovizioso dan Pedrosa. Diikuti juga oleh Ben Spies yang sesekali memberi ancaman kepada dua pembalap di depannya. Disinilah aksi-aksi seru terjadi, Dovizioso dan Pedrosa berkali-kali saling salip. Susul menyusul antara Dovizioso dan Pedrosa seolah ingin membuktikan siapa yang sebenarnya lebih hebat diantara dua jagoan Honda ini.

Dovizioso ingin membuktikan bahwa Honda telah salah mendepaknya, musim depan Dovizioso memilih menyeberang ke di Yamaha dibanding ditempatkan di tim satelit Honda. Maklum motor di tim satelit tentu jauh berbeda dengan tim pabrikan. Sementara Pedrosa tidak mau menyerah dan dikalahkan oleh rekan setimnya sendiri.

Sekian lap penonton disuguhkan aksi Dovizioso vs Pedrosa, dan Ben Spies seperti hanya menjadi penonton di belakang mereka berdua. Casey Stoner sudah jauh di depan, memimpin lebih dari 9 detik! Lalu entah karena apa, pertarungan Doviziso vs Pedrosa berakhir, Spies menyela dan menyalip Pedrosa. Dovizioso pun ikut tersalip oleh Ben Spies. Spies sekarang berada di posisi runner up. Sebuah aksi luar biasa.

Dan kejutan lain menyusul, entah bagaimana ceritanya tiba-tiba Stoner ikut terkejar. Bahkan Stoner disalip juga oleh Ben Spies, wow! 2 lap menjelang finish Spies masih memimpin sekitar 0,5 detik, tapi Stoner masih mengejar. Dan tepat digaris finish, Spies harus menyerah karena disalip oleh Stoner. Spies hanya kalah 0,015 detik! Sekali lagi wow! Balapan yang dramatis di akhir musim 2011 ini. Stoner sangat bahagia, sementara tim Yamaha tampak sedikit kecewa.

Namun menurut saya, apa yang ditampilkan Spies sudah sangat luar biasa. Kalah dari Stoner hanya sepersekian detik itu hal biasa, tapi Spies bisa mengalahkan Dovizioso dan Pedrosa sudah bagus. Dan pecundang sebenarnya di seri Valencia ini adalah Pedrosa yang melorot di beberapa lap terakhir dan hanya finish nomor 5, kalah dari Cal Crutchlow yang mengendarai Yamaha.

Hasil manis diraih oleh Stoner di seri penutup 2011, tapi Yamaha juga tersenyum karena Spies tampil luar biasa. Kalau ibarat sepakbola, man of the match kali ini adalah Ben Spies. Spies menyelamatkan muka Yamaha yang di musim 2011 ini kalah telak dari pasukan Honda.

Dan penonton cukup puas dengan seri penutup 2011..

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

2 comments

  1. iskandaria says:

    Saya kaget pas Stoner mampu mengejar Spies menjelang finish. Keliatan sekali kalau motor Yamaha masih kalah speed dari Honda di trek lurus. Tapi Spies tetap luar biasa (dengan kondisi motor Yamaha yang begitu).
    iskandaria´s last blog post ..Cara Install Netbeans 7.0.1 di Linux Mint 11 dan LMDE

  2. arhieword says:

    sayank rossi jatuh duluan tuker link mas yuk

Leave a Reply

CommentLuv badge