Balapan Klasik ala Rossi

April 7th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »
Lorenzo-MotoGP-Qatar-2013

Lorenzo juara MotoGP Qatar 2013

Rasanya sudah cukup lama saya tidak pernah menulis tentang MotoGP dan tidak terasa MotoGP 2013 sudah dimulai. Seperti yang kita ketahui ada dua hal besar yang berubah di MotoGP 2013 khususnya tentang formasi pembalap. Valentino Rossi kembali ke “rumahnya” di Yamaha mendampingi Lorenzo. Dan tim utama Honda yaitu Repsol Honda kini diperkuat Marc Marquez mendampingi Pedrosa sekaligus menggantikan Stoner yang memutuskan pensiun dini.

Penampilan dua pembalap ini yaitu Rossi dan Marquez menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh  penggemar MotoGP. Mampukah mereka berdua mengganggu dominasi Lorenzo dan Pedrosa (sayang Stoner pensiun)? Pada berbagai uji coba pra musim, sepertinya balapan akan menjadi menarik karena selain Pedrosa dan Lorenzo, Rossi dan Marquez kerap mengisi posisi papan atas.

Lalu tibalah saatnya balapan seri pertama MotoGP 2013 di MotoGP Qatar yang khusus berlangsung dalam balapan malam hari. Balapan awalnya terasa kurang seru karena minim adegan salip-menyalip. Lorenzo yang start dari pole position langsung memimpin. Lap-lap awal dipimpin oleh rombongan Lorenzo, Pedrosa, Marquez dan Crutchlow. Dengan jarak agak lebar diikuti oleh  yaitu Stefan Bradl, Rossi dan  Dovizioso.

Penampilan Rossi di lap-lap awal agak mengecewakan karena terlihat sangat dekat dengan Dovizioso yang mengendarai Ducati (mantan motor Rossi). Tapi perlahan Rossi membaik,yang pertama Stefan Bradl disalip (beberapa lap kemudian Bradl terjatuh). Sementara itu balapan seru tersaji dalam perebutan tempat kedua oleh Pedrosa, Marquez dan Crutchlow. Marquez akhirnya berhasil menyalip Pedrosa di posisi kedua.

Balapan tersisa sekitar 10 lap dan Rossi masih di posisi 5, cukup jauh di belakang Crutchlow. Tapi hanya dalam beberapa lap Rossi terlihat makin cepat dan kini sudah berhasil menempel Crutchlow. Dengan meyakinkan Rossi akhirnya menyalip Crutchlow (Crutchlow sempat melebar tapi berhasil kembali ke lintasan dan tetap di posisi 5). Target Rossi selanjutnya adalah Pedrosa yang berada di posisi 3. Tanpa kesulitan berarti Rossi berhasil menyalip Pedrosa dan mengambil alih posisi podium.

Selanjutnya Marquez, Rossi pun berhasil menyalip tetapi tidak mudah. Marquez sempat menyalip kembali dan adegan klasik saling salip pun sempat terjadi antara pembalap “tertua” dan “termuda”, seru dan mendebarkan. Namun mungkin unggul faktor pengalaman Rossi berhasil mengamankan posisi kedua sampai finish. Marquez finish ketiga dan Lorenzo tidak tersentuh menjadi juara MotoGP Qatar 2013.

Sebuah hasil yang luara biasa di MotoGP Qatar 2013. Lorenzo menang dengan mulus (sedikit membosankan) dan membuktikan dia pantas menjadi juara dunia MotoGP 2012. Rossi tampil luar biasa, walaupun hanya menjadi runner up tapi dari caranya mendapatkan posisi kedua itu membuktikan Rossi belum habis. Berarti terbukti buruknya penampilan Rossi dua tahun sebelumnya bersama Ducati adalah faktor motor dimana Rossi gagal menaklukkan keliaran Ducati. Oya, cara Rossi meraih posisi runner up ini juga klasik sekali, sepat melorot sampai posisi 7 Rossi merangkak sedikit demi sedikit sampai akhirnya berhasil menyalip hampir semua pembalap. Benar-benar ciri khas seorang Rossi.

Rossi-Marquez-MotoGP-Qatar-2013

Duel seru Rossi vs Marquez

Dan yang tidak kalah heboh adalah penampilan Marquez. Di tahun pertama dan balapan pertamanya Marquez bisa langsung meraih podium. Sempat berduel dengan Rossi dan walaupun akhirnya kalah namun hasil ini tetap sangat hebat untuk seorang pembalap pendatang baru. Tinggal menunggu waktu saja, tidak lama lagi sepertinya Marquez akan menjadi pemenang dan juara di MotoGP.

Yang tampil mengecewakan di MotoGP Qatar 2013 ini adalah Pedrosa. Pedrosa yang di uji coba sangat dominan gagal menunjukkan hasil bagus di Qatar, Pedrosa bahkan kalah dari Marquez. Mudah-mudahan saja di balapan selanjutnya Pedrosa kembali ke perfoma terbaiknya seperti di seri-seri terakhir MotoGP 2012. Oya, penampilan Crutchlow juga sebenarnya sangat hebat, walaupun hanya tim satelit tetapi Crutchlow tidak kalah jauh dari tim-tim utama. Bahkan andaikan saja Crutchlow lebih tenang, mungkin saja dia bisa finish di podium.

Inilah hasil MotoGP Qatar 2013, Lorenzo juara, Rossi kembali kompetitif dan berhasil menjadi runner up, Marquez tampil hebat dan finish podium. Kita tunggu seri-seri selanjutnya, semoga makin seru.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

4 comments

  1. yudi says:

    sayang rossi sedikit melebar di awal dan tercecer jauh, kalo tidak dijamin duel dengan jorge juga. next di texas moga2 buin ada tontonan seru

  2. Rossi emang belum habis..
    Marquez juga edan..
    bakal seru pertarungan pembalap beda generasi ini..

  3. Red says:

    VR46 memang fenomenal ! seru banget balapannya tadi pagi ckckck

Leave a Reply

CommentLuv badge