Arunna

Baiklah, saya akan mencoba membuat sebuah tulisan yang entahlah apakah pantas disebut review atau tidak. Yang jelas ini adalah komentar dari lubuk hati saya yang paling dalam, *halah. Tulisan ini adalah tentang Arunna, yaitu sebuah project yang dikembangkan oleh beberapa orang teman yang tergabung dalam Lumonata.

Jadi, Arunna itu adalah sebuah CMS (Content Management System) yang tentunya bersifat opensource. Opensource disini berarti engine Arunna bisa kita install server kita sendiri, misalnya di http://arunna.imadewira.com. Kalau masih belum terbayang ya anggap saja seperti blog wordpress yang self hosted. Dan ini juga berarti semua konten menjadi hak milik pemilik domain. Selain itu opensource juga berarti CMS Arunna ini terbuka dan bisa dikembangkan oleh yang memiliki kemampuan.

Setelah diberikan kesempatan untuk join di Arunna.com secara sekilas saya merasa tidak terlalu asing. Dalam sebuah kalimat saya bisa katakan Arunna menggabungkan antara WordPress dan Facebook. Jadi dalam halaman Dashboard terdapat fasilitas jejaring sosial layaknya Facebook. Nantinya setiap orang/website yang menggunakan Arunna bisa memiliki “jaringan” sendiri layaknya Facebook. Pengembang Arunna menyebut jaringan tersebut dengan “Spod”. Antara “Spod” nantinya bisa terhubung satu sama lain sesuai dengan keinginan pemiliknya. Mungkin ini yang dimaksud dengan “connecting the clouds”.

Nah, itulah sekilas tentang Arunna. Tapi Arunna belum berhenti sampai disana, masih ada berbagi fitur yang dikembangkan dalam Arunna seperti E-Commerce, Check Availbilty untuk Hotel dan Villa serta lainnya. Untuk lebih jelas silahkan coba mampir ke arunna.com

Oya, Arunna juga ikut serta dalam IMULAI.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

11 thoughts to “Arunna”

  1. Selamat untuk Arunna.
    Betul kata Donny, yang penting adalah kita sudah berani eksis dengan hasil ciptaan kita sendiri, hasil karya anak bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *