Arunna

March 28th, 2011 by imadewira Leave a reply »

Baiklah, saya akan mencoba membuat sebuah tulisan yang entahlah apakah pantas disebut review atau tidak. Yang jelas ini adalah komentar dari lubuk hati saya yang paling dalam, *halah. Tulisan ini adalah tentang Arunna, yaitu sebuah project yang dikembangkan oleh beberapa orang teman yang tergabung dalam Lumonata.

Jadi, Arunna itu adalah sebuah CMS (Content Management System) yang tentunya bersifat opensource. Opensource disini berarti engine Arunna bisa kita install server kita sendiri, misalnya di http://arunna.imadewira.com. Kalau masih belum terbayang ya anggap saja seperti blog wordpress yang self hosted. Dan ini juga berarti semua konten menjadi hak milik pemilik domain. Selain itu opensource juga berarti CMS Arunna ini terbuka dan bisa dikembangkan oleh yang memiliki kemampuan.

Setelah diberikan kesempatan untuk join di Arunna.com secara sekilas saya merasa tidak terlalu asing. Dalam sebuah kalimat saya bisa katakan Arunna menggabungkan antara WordPress dan Facebook. Jadi dalam halaman Dashboard terdapat fasilitas jejaring sosial layaknya Facebook. Nantinya setiap orang/website yang menggunakan Arunna bisa memiliki “jaringan” sendiri layaknya Facebook. Pengembang Arunna menyebut jaringan tersebut dengan “Spod”. Antara “Spod” nantinya bisa terhubung satu sama lain sesuai dengan keinginan pemiliknya. Mungkin ini yang dimaksud dengan “connecting the clouds”.

Nah, itulah sekilas tentang Arunna. Tapi Arunna belum berhenti sampai disana, masih ada berbagi fitur yang dikembangkan dalam Arunna seperti E-Commerce, Check Availbilty untuk Hotel dan Villa serta lainnya. Untuk lebih jelas silahkan coba mampir ke arunna.com

Oya, Arunna juga ikut serta dalam IMULAI.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

11 comments

  1. DV says:

    Mantap, Gan! Setidaknya sudah berani tampil sebagai hasil karya anak bangsa ya!

    Menuju TKP!
    DV´s last blog post ..Tafsir langit

  2. Cahya says:

    Mungkin nanti juga tertarik untuk mencoba :).
    Cahya´s last blog post ..Di Pucuk Kesendirian

  3. ozylog says:

    bagus nih gan..ane masih perlu byk belajar

  4. WAh…kayaknya patut dicoba nih. Instalnya semudah wordpress gak gan?
    bukan detikcom´s last blog post ..Ssst… Carissa Putri Hilang!

  5. zee says:

    Selamat untuk Arunna.
    Betul kata Donny, yang penting adalah kita sudah berani eksis dengan hasil ciptaan kita sendiri, hasil karya anak bangsa.

  6. ismail says:

    Ane kira arunna itu nama cewek yang cauntik gitu gan.. hahahah ketipu dah dg nama.

    Makasih udah bisa nambah info bwat saya.

  7. isnuansa says:

    Wow, mantap ya, bikin CMS sendiri. Cuma kalo saya malas repotnya kalo harus pindahan. :)

  8. Asop says:

    Coba ke situsnya Arunna ah… :D
    Asop´s last blog post ..Game on Line…

Leave a Reply

CommentLuv badge