Apa Yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Facebook

Facebook adalah salah satu media jejaring sosial yang perkembangannnya begitu pesat khususnya di Indonesia. Bahkan beberapa waktu yang lalu kalau tidak salah, Indonesia adalah negara peringkat kedua dengan pertumbuhan pengguna Facebook tertinggi di dunia. Jadi bisa dikatakan antusiasme masyarakat di Indonesia terhadap internet khususnya Facebook sangat tinggi.

Namun Facebook tetap seperti pedang bermata dua, yang kadang membawa petaka bagi pengguna sendiri jika salah memanfaatkannya. Nah, sebelum hal itu terjadi, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan di Facebook :

  1. Jangan mencaci maki orang atau pihak lain, jangan sampai anda menjadi korban UU ITE selanjutnya. Kalaupun terpaksa, hindari menyebut nama secara langsung.
  2. Jangan mengupload foto rahasia anda, apalagi itu foto anda yang sedang tanpa busana. Bukan masalah jika orang lain menjadi nafsu melihatnya, tetapi jangan sampai foto itu mempermalukan diri anda sendiri.
  3. Jangan pula mengupload foto teman tanpa minta ijin, khususnya foto yang bersifat pribadi. Apalagi teman yang sudah menikah dan anda malah mengupload foto mesranya bersama mantan pacar, sadarlah bahwa anda telah menyulut perang dunia di keluarga teman anda tersebut.
  4. Jangan menggunakan Facebook untuk ajang selingkuh. Facebook memang membuat kecanduan, tapi konon selingkuh juga salah satu perbuatan yang membuat kecanduan. Jadi bayangkan dua candu tersebut dijadikan satu.
  5. Jangan bersikap berlebihan ketika anda menemukan mantan pacar di Facebook. Apalagi pasangan anda juga telah memiliki account di Facebook.
  6. Jangan membocorkan rahasia perusahaan anda di Facebook. Jangan sampai anda dipecat dari tempat bekerja gara-gara membeberkan rahasia atau kejelekan perusahaan di status Facebook anda.

Sementara itu saja yang saya sarankan tentang apa yang sebaiknya jangan anda lakukan di Facebook. Mungkin anda mau menambahkan hal lainnya di kolom komentar?

Baca Juga:

I Gusti Agung Made Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

65 thoughts on “Apa Yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Facebook

  1. Ga peduli mau single, pacaran, ataupun married.

    Kalau kamu menggunakan nama asli mu difacebook, jangan sok cuek dan mengupload foto yang berantakan, memalukan dan gak beradab. Why?

    Last year, banyak perusahaan yang sebelum meng-hire pegawainya, ada beberapa yang menyelidiki kandidatnya lewat facebook. Beberapa orang ditayangkan di TV show (macam Oprah & Dr. Phil), dan gagal mendapatkan karirnya, karena fotonya mereka yang sedang drunk dan tidak senonoh :D

    Kecuali kamu memang benar2 bisa hidup cuek, ya monggooooo hehehe.
    .-= Bantal´s last blog ..Ada Surga Di Hari Senin =-.

  2. bisnis bolehkan bli??/hehehe
    TAPI tetep prinsip UTAMA berfacebook ria adalah BERTEMAN

    betul??

    eh sama bli, aku juga ngulas facebook di post terbaru…cekidout yah^_^

  3. Yup setuju..harus hati-hati dalam bersikap dan bertutur kata di fesbuk. Walaupun 5 bulan ini saya tidak bisa mengakses facebook, tapi sering baca komen teman-teman di inbox email. Ga jarang saya menemukan ada orang perang mulut di fb..saling mencaci maki,,ihh nggak banget deh.
    Walaupun di dunia maya, mulut harus tetep dijaga dunk…

  4. Jangan pula mengupload foto teman tanpa minta ijin, khususnya foto yang bersifat pribadi. Apalagi teman yang sudah menikah dan anda malah mengupload foto mesranya bersama mantan pacar, sadarlah bahwa anda telah menyulut perang dunia di keluarga teman anda tersebut.

    wah kalau ini saya dan teman2 sering bli,pake walek-walekkan…hehehe…kalau misalnya dia tersinggung,fotonya bisa dihapus…

  5. tanggapan saya agak beda nih bli,

    Apa Yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Facebook?

    pertama, kalau saya tidak akan tebar pesona :D
    kedua, jangan meminta nomor hp ma cewe ;)
    ketiga, tidak merayu pacar orang lain :D dan
    terakhir, pakailah seragam/ baju fb biar selamat dari keajahatan hahaha… ngawur :D

    salam kenal Bli Wira…

    Blogger Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *