Apa Topik Blog Anda?

Jika dikategorikan berdasarkan jenis topik, topik blog bisa dikategorikan menjadi dua yaitu : blog satu topik dan blog banyak topik. Contoh blog satu topik misalnya blog yang khusus membicarakan tentang kesehatan. Atau mungkin lebih spesifik lagi khusus membahas tentang topik kesehatan gigi dan mulut.

Sedangkan contoh blog banyak topik atau bisa dikatakan campur sari tentu ada banyak sekali. Tidak usah jauh-jauh, blog saya ini adalah contohnya. Ada banyak topik yang saya tulis disini diantaranya tentang tips blog, tutorial blog, olahraga (khususnya sepakbola dan MotoGP), personal, resensi film dan masih ada banyak lagi. Lengkapnya silahkan saja lihat daftar category di sidebar blog ini.

Tapi setelah dilihat, ternyata banyaknya tulisan saya untuk setiap kategori diatas tidak merata. Bahkan ada kategori yang hanya berisi satu tulisan, seperti Kuliner dan Photoblog. Mungkin karena kurang mampu menulis untuk topik kuliner dan photoblog.

Dan ada kategori yang begitu dominan karena saya lebih sering menulis kategori tersebut. Contohnya kategori Tips Blog, MotoGP, Personal dan Sepakbola. Jadi walaupun blog ini termasuk blog banyak topik tapi tetap yang dominan adalah Tips Blog dan olahraga khususnya MotoGP dan Sepakbola.

Tapi perlu diketahui, walaupun nama kategorinya adalah Tips Blog, bukan berarti saya punya segudang tips blog karena sebagian tulisan dalam kategori itu bukan murni tips, ada juga yang berupa pertanyaan atau masalah yang saya alami ketika ngeblog, tapi yang jelas masih ada hubungannya dengan blog.

Oya, konon blog satu topik bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung, tapi saya yakin tidak semua orang mampu menulis blog satu topik. Diperlukan kemampuan “lebih” untuk bisa membuat blog satu topik.

Bagaimana dengan blog anda, termasuk yang mana?

Catatan :

Tulisan ini terinspirasi dari komentar bli PandeBaik. Terima kasih atas komentar anda bli, karena dari komentar tersebut tulisan ini dilahirkan, hehe.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

27 thoughts to “Apa Topik Blog Anda?”

  1. Bli Gung, saya sendiri sampai sekarang tidak tahu blog saya termasuk tipe yang mana :D

    Saya sih berusaha agar topiknya tidak gabung antara tutorial dan catatan pribadi. Tapi saya kembalikan lagi kepada para pengunjung untuk menilai dan memberi masukan.

    Terima kasih atas pencerahannya.

  2. yuhh… go campur sari
    :D

    blog saya juga campur sari bli
    *sok akrab deh*

    hehehehehe. tapi temen- temen yang komen sebelum saya juga seperti itu yah nampaknya…

  3. Saya nggak terlalu konsern pada topik umum dalam blog. Saya menganggap blog itu adalah lapangan untuk tumpahan otak saya.. jadi terserah otak saya mau mentopikkan apa :)

  4. Sebetulnya ada kok keinginan untuk memindahkan beberapa topik yang terkait soal pribadi ataupun hal-hal yang gak jelas kesebuah sub domain. Namun keterbatasan kemampuan saya mengakibatkan hal itu blom kesampean hingga hari ini.
    Pengen sih, tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain… Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *