Apa Itu Guest Post

Sudah tahu apa itu Guest Post?

Bila belum, berikut ini saya mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu Guest Post (artikel tamu). Guest Post adalah suatu tulisan yang dibuat oleh seseorang (umumnya blogger) kemudian ditampilkan atau di publish di blog orang lain.

Mengapa orang mau menulis Guest Post? Lalu apa keuntungan orang yang menulis Guest Post?

Umumnya menulis Guest Post bertujuan untuk menghasilkan trafik bagi yang menulis Guest Post tersebut. Karena pemilik blog yang menyediakan fasilitas untuk Guest Post biasanya memiliki ketentuan khusus yang biasanya bersifat win-win solution bagi penulis dan pemilik blog.

Bagi penulis Guest Post, namanya akan semakin dikenal oleh lebih banyak pembaca, karena bisa jadi pembaca blog tersebut belum kenal dan tahu penulis Guest Post sebelumnya. Bila pembaca tertarik dengan salah satu tulisan Guest Post tersebut, kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog si penulis (yang biasanya disebutkan di awal atau akhir tulisan Guest Post).

Selain itu, banyak juga blogger yang menerima Guest Post memberikan hadiah khusus berupa link gratis pada blogroll mereka, jadi penulis Guest Post juga memperoleh keuntungan berupa backlink yang dapat meningkatkan Page Rank. Guest Post juga merupakan salah satu cara untuk bertukar link dengan lebih elegan.

Dari sekian banyak tips meningkatkan trafik dan meningkatkan Page Rank yang ada, menulis Guest Post sangat disarankan. Jangan takut menulis Guest Post atau merasa rugi, saya sendiri sudah beberapa kali menulis Guest Post di blog lain. Dan berhubung blog saya (saat ini) sudah mendapat Page Rank 3, jadi saya memutuskan untuk menerima Guest Post. Bila anda tertarik, silahkan baca dulu ketentuan Guest Post di blog ini.

Tunggu apa lagi, ayo menulis Guest Post!

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

63 thoughts to “Apa Itu Guest Post”

  1. Sebenarnya saya tertarik menjadi penulis tamu di blog lain. Tapi, seringnya kalau lagi dapat ide, saya memilih untuk memuatnya di blog sendiri. Hehe!

    Mungkin untuk blogger yang memperhatikan masalah page rank dan hal teknis lainnya, guest post menjadi topik yang bagus ya. Tapi kalau sekedar untuk menuangkan ide saya pribadi, di blog sendiri saja sudah cukuplah. Hehe..
    .-= Agung Pushandaka´s last blog ..Memperlakukan Anak =-.

  2. baru ngeh dengan yang beginian, kemarin aku juga mbaca yang kek begini tapi masih blank. tapi solusi saling menguntungkan seperti ini bagus juga tapi harus sama2 menjunjung rasa kebersamaan. eee…… maksutnya jangan nulis di blog orang di standard 7 (biasa) tapi kalo di blog sendiri harus stardard 10 (perfect)
    .-= sugeng´s last blog ..Tips Merawat Rantai Motor =-.

  3. Setahu saya ada beberapa blogger yang menerima quest post, [bloggue][isnuansa] dan blog ini, cuma masalahnya nulis diblog sendiri masih kempang kempis, mungkin suatu saat deh Mas Wira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *