Apa Itu Google Page Rank

Topik tentang website khususnya blog memang tidak bisa dipisahkan dengan Google Page Rank atau biasa disebut Page Rank saja. Tetapi mungkin kalau ada yang belum tahu apa itu Page Rank, berikut ini kutipan tentang Page Rank yang saya dapatkan dari Wikipedia.

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Kalau menurut saya, Page Rank itu adalah sebuah nilai yang diberikan oleh Google diambil dari sebuah sistem perangkingan dengan algoritma tertentu. Nilai Page Rank berkisar antara 1 s/d 10. Semakin tinggi Page Rank menunjukkan bahwa halaman website tersebut memiliki informasi yang lebih dipercaya oleh Google. Blog atau website yang masih baru biasanya belum mendapatkan Page Rank alias Unranked.

Halaman website yang memiliki Page Rank tinggi akan lebih diutamakan oleh Google pada SERP (Search Engine Page Result) yaitu halaman hasil pencarian di Google. Jadi bisa dikatakan Page Rank merupakan faktor yang ikut paling berperan menentukan di halaman berapa sebuah halaman blog akan ditampilkan pada SERP.

Selain itu, menurut pengalaman saya, Page Rank yang lebih tinggi juga berpengaruh pada cepat tidaknya (sering tidaknya) Google mendatangi blog. Misalnya ketika sekarang blog saya ini mendapatkan Page Rank 3, dalam kurang 24 jam sebuah tulisan yang saya publish sudah muncul pada hasil pencarian di Google. Berbeda dengan dulu ketika blog ini masih baru dan belum mendapatkan Page Rank, tulisan saya baru ter-indeks oleh Google beberapa hari kemudian.

Google umumnya melakukan update Page Rank sekitar 3 bulan sekali. Perlu diperhatikan bahwa Page Rank diberikan Google pada setiap halaman website/blog, bukan hanya pada alamat home website atau blog tersebut, jadi setiap halaman website atau blog mendapatkan Page Rank. Tapi pada umumnya orang / blogger hanya memperhatikan nilai Page Rank pada alamat home blog mereka.

Itulah sekelumit cerita (hehe) yang saya ketahui tentang apa itu Page Rank, untuk anda para master di bidang ini, mohon sudi kiranya dapat menambahkan informasi apa itu Page Rank di kolom komentar.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

44 thoughts to “Apa Itu Google Page Rank”

    1. @wahyu,
      betul juga, yang terpenting tetap ngeblog dan berbagi lewat tulisan, kalaupun mendapat PR tinggi, itu bonus, tetapi toh tetap tidak ada salahnya berusaha untuk mendapat PR yang tinggi bukan?

  1. Selamat ya pak sudah 3. Yang mingsih saya belum paham itu stratanya itu lho pak.
    1. Apa bedanya PR 1 dengan 2, dst?
    2. Untuk bisa memulai nyari $ lewat ngeblog, minimal PRnya berapa?
    3. Apa penyebabnya sebuah blog yang baru mulai ngeblog 10-11-09 kemarin apdet terakhir 31-12-09 kok PRnya langsung 4?

    1. @Guru Go!Blog,
      hmmmm..
      1. yang jelas semakin tinggi PR menandakan halaman tersebut dianggap lebih penting oleh Google
      2. Yang ini saya kurang tahu karena belum banyak pengalaman
      3. Menurut saya, faktor utama adalah banyak tidaknya backlink ke halaman (blog) tersebut

      CMIIW

  2. fenomena PR ini memang banyak yang dibikin pusing ..

    bener sih memang PR adalah sebuah penilaian oleh google, tetapi kini banyak aturan main yang mulai dirubah oleh google sendiri.
    hal ini adalah karena makin banyak blogger yang hanya mementingkan PR daripada memberikan manfaat kepada pencari informasi, tentunya dengan tujuan memonetize blognya ..

    maaf sebelumnya,..
    sepengetahuan saya, pengaruh PR pada posisi SERP tidaklah signifikan. Yang menentukan adalah backlink yg menuju ke artikel tersebut, makin bagus backlinknya makin bagus juga posisinya ..
    .-= hpnugroho´s last blog ..Membuat sesuatu yang berbeda =-.

    1. @hpnugroho,
      Google merubah aturan itu ya wajar saja, masak kita yang merubah? hehehe

      Pengaruh PR yang jelas saya rasakan sekarang adalah cepat atau tidaknya tulisan yang kita publish terindex di Google

  3. tapi jangan terlalu terpaku terhadap page rank ini juga, kalau yg PRnya rendah jangan merasa rendah diri dan tidak berguna di dunia perblogan, santai saja, blog itu buat tempat nulis, bukan buat ngejar “prestasi” juga, kalau memang PRnya bagus ya itu cuma ‘efek samping’ :)

  4. Assalamu’alaikum,
    Sampai sekarang pagerank memang masih jadi dambaan para blogger. Pada awalnya saya sendiri kurang memperhatikan hal tersebut, tapi begitu dapat hadiah kenaikan pagerank yang kedua kalinya dari Google tahun baru ini, senang juga rasanya (Dewi Yana)
    .-= Dewi Yana´s last blog ..Bunuh Diri =-.

  5. GPR memang terpulang kepada tujuan awal membuat blog, jika tujuannya monetasi PR, SERP perlu diperhatikan.
    Tapi jika tidak saya kira GPR hanya sebagai penambah penampilan saja.
    Salah satu blog saya dikepret sama google hingga menjadi nol. Padahal sebelumnya sudah PR 2, apa masalahnya saya tidak tahu dan tidak mau tahu….:lol:

  6. kalo tambahan sepertinya tidak ada om, saya juga tidak begitu mengerti tapi menurut teori Illogical Numeric yang dikumandangkan Om Aldy [ala] seharusnya pagerank yang paling bagus itu dimulai dari angka 1, hehehe…
    .-= Deka´s last blog ..Mohon Bantuannya =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *