Apa Itu Dummy Blog?

Sudah pernah mendengar dan tahu apa itu dummy blog? Secara sederhana bisa dibilang dummy blog itu adalah blog-blog yang dibuat untuk mendukung blog lain (biasanya blog utama). Kalau tidak salah, banyak juga blogger yang menggunakan cara ini, yaitu dengan membuat dummy blog untuk mendukung blog utama mereka. Bagaimana bentuk dukungan dummy blog ini?

Ya tentu berupa backlink yang diberikan kepada blog utama. Dummy blog untuk sebuah blog utama bisa lebih dari satu, misalnya 5 dummy blog untuk satu blog utama. Dummy blog ini tentu harus sudah dikenali (baca : terindex) oleh Google, sehingga backlink yang diberikan pada blog utama bisa lebih berarti. Dengan cara begitu, backlink yang didapatkan oleh blog utama menjadi lebih banyak dan hasil di SERP terhadap blog utama itu menjadi lebih baik.

Walaupun hanya dummy blog, tapi blog ini tetap dibuat seperti blog biasa. Bedanya, dummy blog biasanya dibuat dengan menggunakan layanan blog gratis seperti wordpress.com, blogspot atau pun yang lainnya. Dummy blog pun harus tetap diisi posting seperti blog lain. Tetapi isinya mungkin tidak terlalu serius yang penting unik (tidak copy paste) dan kalau bisa ditambah sedikit usaha dalam hal SEO.

Lalu, apa dummy blog harus dimiliki oleh setiap blogger? Tentu saja tidak, tetapi jika anda memiliki waktu luang tidak ada salahnya membuat dummy blog sebagai pendukung blog utama anda.

Atau seperti pengalaman saya, dulu ketika pertama kali mengenal dunia blog, saya masih ngeblog di layanan wordpress.com. Sekedar diketahui, blog saya itu walaupun gratisan tapi dulu mendapat Page Rank (PR) 3. Beberapa tulisan yang saya posting ternyata mendapat posisi yang cukup bagus di SERP, padahal tulisan itu tidak saya buat secara sengaja untuk mendapat hasil yang baik di SERP. Sampai saat ini blog itu masih mendapat PR 2. Daripada dibuang dan tidak diurus, blog ini saya jadikan dummy blog, ya siapa tahu bisa membuat blog ini lebih baik di mata Google.

Kalau masih bingung apa itu dummy blog, silahkan coba tanya Google.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

44 thoughts on “Apa Itu Dummy Blog?

  1. sepakat dg agung. utk urusan link, biarkan orang lain yg melakukannya. kalau kita jg yg buat, rasanya kok trlalu maksain diri biar pagerank naik. :D

    tp ya lain soal kalo ngblognya mmg utk cari duit selain cari jodoh. :p
    .-= a!´s last blog ..Besok Itu Apa, Yah? =-.

  2. terkadang banyak orang yang menginginkan sebuah backlink yang berkualitas dengan adanya dummy blog, akan tetapi rata-rata mereka malah membuat blog sampah yang membuat google jengkel dan akhirnya sandbox lah jalan keluarnya…

    so.. hati2 dengan personal backlink lewat dummy blog :mrgreen:

  3. Dummy blog memang sangat berguna sekali untuk meningkatkan trafik, terutama jika suatu artikel diarahkan pada blog utama kita. Dummy blog saya cuma berisi ringkasan artikel yang kemudian pengunjung juga dapat membaca artikel lengkap di blog utama….
    .-= Desain Lansekap´s last blog ..10 Batu Alam Terfavorit =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *