Apa Ciri – Ciri Blog

Rasanya belum puas ngomongin tentang blog, sekarang coba kita lihat apa ciri-ciri blog, kapan sebuah website bisa disebut blog? Dari definisi apa itu blog di wikipedia, bisa kita terjemahkan apa ciri-ciri blog sebagai berikut :

  1. Blog adalah sebuah website.
  2. Blog memiliki tulisan-tulisan yang umumnya disebut post.
  3. Post (tulisan) pada blog umumnya diurut terbalik (yang terakhir/terbaru muncul paling atas).

Sementara itu mbak Isnuansa juga pernah menulis tentang apa ciri-ciri sebuah blog yang tanpa ijin coba saya simpulkan menjadi sebagai berikut :

  1. Blog biasanya ditulis oleh perorangan, pemilik blog disebut blogger.
  2. Post pada blog diarsip dengan rapi, biasanya terdapat pilihan untuk menampilkan arsip berdasarkan bulan, tahun dan bisa juga arsip berdasarkan kategori.
  3. Pada blog kadang ditampilkan berbagai macam statistik seperti jumlah pengunjung, page rank dan lainnya.
  4. Terdapat fasilitas berkomentar, pengunjung bisa meninggalkan komentar dan pemilik blog umumnya akan menanggapi komentar tersebut.
  5. Terdapat blogroll yaitu kumpulan link dari blog-blog lain, tetapi saya sendiri memutuskan untuk tidak menggunakan fasilitas ini.

Dan saya coba menambahkan apa ciri-ciri blog yang lainnya yaitu :

  1. Post (tulisan) pada blog akan diupdate (ditambah) secara berkala, blogger yang lama tidak menulis di blognya disebut hiatus.
  2. Tidak jarang blogger yang sudah banyak mendapat pengunjung akan menampilkan iklan (seperti Google Adsense, KlikSaya, dll) untuk menghasilkan uang.
  3. Post (tulisan) bisa berupa review sebuah produk atau hal lainnya yang juga merukan salah satu cara mencari uang di internet melalui blog.
  4. Blog umumnya dibangun / dibuat dengan menggunakan blog engine seperti blogspot, wordpress, dan lainnya.
  5. Tampilan blog (theme blog) bisa di ganti-ganti dengan mudah.
  6. Setiap blogger umumnya memiliki trik tersendiri untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blognya.

Sementara hanya itu yang bisa saya tambahkan tentang ciri-ciri blog. Apa lagi ya? Silahkan tambahkan sendiri di form komentar dibawah ini.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

65 thoughts on “Apa Ciri – Ciri Blog

  1. Trimakasih Bli, atas:
    1. Trackback-nya.
    2. Info bahwa tulisan saya di copas tanpa ijin, hahaha…

    No satu di SERP?
    Dengan kata kunci apa, Bli?
    Ciri-ciri blog, kah?

    Iya, saya sudah datangi situsnya, dan titip komentar, syukur-syukur di kasih link. Hehehe…
    Blogger yang ngopi profesional juga lho, soalnya dia pemilik website sungaikuantan dot com, tapi saya cek lewat copyscape kok nggak terdeteksi ya?

  2. bli wira,apakah suatu website portal bisa dikategorikan blog,(misalnya pake joomla) seperti website sya baliniku.com (promo dik neh) ?karena ada post juga,di frontpage bisa dibikin/diatur yang tampil yang terbaru,bisa ada komen juga…

    1. @bogeloblast,
      hmmm… kayaknya faktor yang lain masih banyak untuk dikatakan sebuah website dikatakan blog atau bukan. Selain itu menurut saya tergantung si pemilik juga, apakah mau menyebut website miliknya sebagai blog atau bukan, jadi sangat relatif juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *