Alasan Unsubscribe RSS Feed

Selama ini untuk menjalankan aktivitas blogwalking, saya mengandalkan aplikasi RSS reader yaitu FeedDemon, alasan saya karena FeedDemon adalah aplikasi desktop. Setiap menemukan blog yang saya menurut saya bagus, saya akan subscribe RSS Feed mereka di FeedDemon pada komputer saya.

Tujuannya tentu saja jika ada tulisan baru yang di publish di blog tersebut, saya akan mengetahuinya dari FeedDemon, jadi aktivitas blogwalking menjadi lebih efektif terutama dalam segi waktu.

Namun terkadang saya terpaksa melakukan unsubscribe pada beberapa RSS Feed. Ada berbagai alasan yang menyebabkan saya melakukan unsubscribe terhadap RSS Feed blog tertentu. Berikut ini beberapa alasan ketika melakukan unsubcribe :

1. Blog Hiatus

Ketika blog yang saya subscribe hiatus dalam waktu yang lama dan tidak jelas kapan akan aktif kembali, maka saya akan memutuskan untuk unsubcscribe.

2. Blog Terlalu Banyak Tulisan

Selain karena alasan hiatus, terlalu banyak tulisan juga bisa menjadi alasan bagi saya untuk unsubcribe RSS Feed blog tersebut. Terlebih lagi dari ke hari tulisan yang di publish sudah tidak menarik lagi bagi saya.

3. Blog Berganti Topik

Alasan ini juga bisa membuat saya memutuskan untuk unsubcribe dan berhenti langganan. Bisa saja sebuah blog yang awalnya berisi banyak tulisan yang menarik bagi saya, tetapi lama kelamaan sering menulis topik yang berbeda dari sebelumnya.

4. Loading Lambat

Ketika loading blog yang awalnya kenceng berubah menjadi lambat seperti siput, bisa jadi alasan ini akan membuat saya unsubscribe. Kalau loading lambat itu hanya bersifat sementara mungkin karena sedang mencoba theme baru, itu tidak apa-apa, tetapi kalau terus menerus seperti itu, maka dengan terpaksa saya unsubscribe saja.

5. Tampilan dan Konten Tidak Menarik Lagi

Tampilan blog yang berubah menjadi tidak menarik, misalnya karena pemilik blog terlalu banyak menjejalkan iklan, atau mengganti theme dengan tampilan yang norak. Bisa juga karena blog terlalu banyak berisi konten berbayar.

Sementara baru itu saja alasan unsubscribe RSS Feed yang bisa saya tuangkan. Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan isi di kolom komentar di bawah.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

21 thoughts on “Alasan Unsubscribe RSS Feed

  1. Saya nggak meng unsubscribe blogger yg sudah nggak aktif. Pertimbanganku satu, ketika mereka balik lagi (semoga), aku pengen jadi orang pertama yang menjabat tangan mereka untuk balik :)

  2. alasan yg masuk akal mas… apalagi loadingnya lambat dan penuh banner.. saya kurang suka kalau ada blog yg langsung muncul pop up banner :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *