Akun Email PNS di pnsmail.go.id

October 27th, 2013 by imadewira Leave a reply »

Beberapa bulan lalu saya mendapat email dari salah seorang teman di kantor tentang pembuatan akun email di pnsmail.go.id untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil). Tanpa banyak tanya saya pun langsung menuju website http://www.pnsmail.go.id dan mendaftar untuk mendapatkan akun email. Saya lupa bagaimana isian detail formulir pendaftarannya ketika itu, yang jelas diminta untuk mengisikan nama lengkap dan juga NIP (Nomor Induk Pegawai) PNS. Saya lupa apakah ketika itu kita diperbolehkan menentukan sendiri alamat email yang diinginkan.

Tapi rasanya saya ingat mengisikan alamat made.wirautama@pnsmail.go.id untuk alamat email yang diinginkan. Selesai mendaftar, saya mendapat notifikasi via email dari pendaftaran@pnsmail.go.id seperti dibawah ini :

Terima kasih telah mendaftar di PNSMail.

Untuk verifikasi data dan persetujuan, akan diproses dalam 5 hari kerja. Kesesuaian data-data dan format username (akun) akan mempercepat proses persetujuan.

Mari kita budayakan berkomunikasi dengan menggunakan e-Mail resmi Pemerintah Indonesia.

Salam,
Tim PNSMail

Saya ingat, email itu saya terima tanggal 2 Juli 2013. Cukup lama saya menunggu bahkan saya hampir lupa tentang akun email di pnsmail.go.id itu. Tanggal 19 September 2013 akhirnya saya mendapat email lagi, kali ini dari admin@pnsmail.go.id yang isinya sebagai berikut :

Dear I GUSTI AGUNG MADE WIRAUTAMA,

Akun email Anda (i.gusti.3@pnsmail.go.id) sudah bisa digunakan. Silahkan login dengan username dan password yang telah Anda buat. Jika membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi admin@pnsmail.go.id. Terima Kasih.

Admin.
http://pnsmail.go.id

Saya senang akhirnya bisa terdaftar walaupun menunggu cukup lama. Tapi ada yang mengganjal di pikiran saya yaitu alamat email yang diberikan untuk saya, i.gusti.3@pnsmail.go.id rasanya kok kurang pas untuk saya. Pertama, nama I Gusti di Bali ada banyak sekali, jadi akan aneh kalau saya menggunakan itu. Kedua, I Gusti bukanlah nama inti saya melainkan nama depan yang berkaitan dengan nama keluarga/kasta, saya inginnya menggunakan nama inti sebagai alamat email. Dan ketiga, adanya angka 3 di alamat email tersebut yang tidak memiliki arti bagi saya. Saya curiga alamat ini di generate otomatis dari banyaknya nama I Gusti yang mendaftar dan mungkin nama antrian nomor 3 sehingga jadilah alamat email i.gusti.3@pnsmail.go.id

Tentu saja saya tidak mau menerima begitu saja alamat email tersebut. Saya kemudian mencoba menghubungi bantuan seperti yang dijelaskan yaitu mengirim email ke admin@pnsmail.go.id yang isinya sebagai berikut :

Yth. Admin,

Terima kasih atas Aktifasi akun email saya ini walaupun saya harus menunggu cukup lama setelah melakukan Registrasi.
Namun ada satu kendala mengenai nama akun email saya ini yaitu i.gusti.3@pnsmail.go.id
Jujur saja alamat email saya menjadi terlihat sangat aneh karena adanya angka “3” tersebut. Seingat saya ketika melakukan Registrasi saya tidak memilih menggunakan nama/alamat tersebut. Sedangkan saat ini untuk yang baru Registrasi mereka sepertinya bisa memilih sendiri akun email yang mereka inginkan.

Untuk itu, saya mohon apakah saya bisa mengganti alamat email saya, misalnya menjadi :

igam.wirautama@pnsmail.go.id atau madewirautama@pnsmail.go.id

Demikian permohonan saya semoga bisa dikabulkan, karena jika melakukan Registrasi lagi (ulang) sudah tidak bisa.

Email diatas saya kirimkan dari akun email pnsmail.go.id yaitu i.gusti.3@pnsmail.go.id pada tanggal 20 September 2013. Saya pun menunggu lagi dan akhirnya tanggal 17 Oktober saya mendapat balasan dari admin@pnsmail.go.id yang isinya adalah :

Akun anda sudah kami update menjadi made.wirautama@pnsmail.go.id

Salam,
Tim PNSMail (ADM)

Ya syukurlah, kini alamat email saya sudah terlihat lebih baik. Btw, untuk anda yang bekerja sebagai PNS, apakah sudah memiliki akun email di pnsmail.go.id ?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

16 comments

  1. yudi says:

    keren juga ya pns bisa bikin email khusus gitu.

    made.wirautama sangat jauh lebih bagus dan lebih enak dilihat jika dibanding i.gusti.3, selain itu kesannya lebih serius dan bukan nama email alay atau scam hehehe…

  2. pande baik says:

    Dulu pernah nyoba, gagal terus tapinya. akhirnya terlupakan :p

  3. giewahyudi says:

    Wow keren ini PNS sudah punya layanan email sendiri.

    Sebentar lagi kayaknya punya messenger sendiri deh. :)
    giewahyudi´s last blog post ..Ada Nggak Phablet Yang Kamu Suka? Ada, OPPO N1!

  4. Cahya says:

    Lha, saya malah pakai domain sendiri :).

    Kalau sudah seperti itu, jadinya malah lebih nyaman. Untungnya dulu Google Apps masih gratis, sekarang kalau mau buat baru mesti bayar.
    Cahya´s last blog post ..Free Download Manager

  5. nanik hartini says:

    mohon bantuannya pak……………….
    dlu saya mencoba daftar pnsmail tp gagal terus, dan skrang mau daftar lg ada istilah NIP sudah teregistrasi. bgmn solusinya?

  6. nanik hartini says:

    alamat adminya pak?

  7. pendaftaran masih ditutup kapan dibuka kembali pnsmail

  8. Dwi Wahyudi says:

    Keren Om emailnye, tapi ini hanya bisa digunakan oleh PNS ya?
    Dwi Wahyudi´s last blog post ..SeoAgency.Co.Id, Konsultan Jasa SEO, Jasa Web dan Digital Internet Marketing Indonesia

  9. suratman says:

    satu tahun yang lalu sya telah mendaftar email pnsmail, karena tidak pernah terpakai maka saya lupa akun dan paswordnya, mohon bantuannya agar saya dapat menemukan dan membuka akun serta paswordya. terima kasih

Leave a Reply

CommentLuv badge