7 Kebiasaan Blogger Pemula

Sebelumnya mohon maaf karena tulisan ini bukan bermaksud menjelekkan blogger baru / pemula. Tidak juga bermaksud menyebut diri saya blogger senior karena saya merasa masih dalam tahap belajar. Tulisan ini sekedar masukan dan kritik pada blogger pemula.

Maksud saya adalah blogger pemula yang benar-benar baru pertama kali ngeblog. Mereka biasanya memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam menjalankan aktivitas ngeblog. Dari mana saya tahu? Tidak jauh-jauh, saya berkaca pada diri sendiri ketika dulu baru pertama kali ngeblog.

Nah, berikut ini kebiasaan blogger pemula yang saya rangkum menjadi 7 poin yaitu :

1. Gonta-Ganti Theme

Blogger pemula biasanya punya kebiasaan gonta-ganti theme, apalagi jika menggunakan layanan blog gratis seperti WordPress.com yang dengan sangat mudah berganti theme.

2. Menulis Topik Tidak Jelas

Sangat jarang blogger pemula yang konsisten pada topik blog mereka. Mereka biasanya membuat tulisan dengan topik tidak jelas. Dan lebih parah lagi ada yang menggunakan bahasa yang tidak jelas.

3. Sibuk Blogwalking Sambil Meminta Kunjungan Balik

Blogger pemula yang ingin eksis pasti sibuk blogwalking untuk memperkenalkan diri. Sayangnya mereka lebih banyak hanya say hello lalu meminta kunjungan balik yang justru membuat pemilik blog malas berkunjung balik.

4. Sibuk Mengecek Page Rank

Belum berapa lama ngeblog, blogger pemula pun memiliki kebiasaan sibuk mengecek trafik, Page Rank (PR), Alexa dan lain sebagainya.

5. Mencari Trik SEO

Untuk memenuhi ambisi mendapatkan PR, Alexa dan lainnya yang bagus, maka mereka akan sibuk mencari tips dan trik SEO.

6. Menulis Tips SEO

Kebiasaan blogger pemula selanjutnya adalah mencoba menulis tips dan trik SEO. Masih syukur kalau tulisan tersebut sudah dicoba dan dibuktikan sebelumnya.

7. Menulis Kehabisan Ide

Dan ketika semua usaha mereka gagal, lalu munculah tulisan sedang kehabisan ide. Bahkan tak jarang dari blogger pemula tersebut hiatus. Ada juga yang memutuskan untuk membuat blog baru yang lebih baik.

Itulah 7 kebiasaan blogger pemula menurut saya, jika ada yang kurang silahkan ditambahkan. Sebagai catatan, apa yang saya tulis diatas tidak berlaku mutlak pada semua blogger pemula. Tapi bagaimanapun juga semua kebiasaan itu adalah proses.

Jadi, dont worry, keep blogging… betul?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

72 thoughts to “7 Kebiasaan Blogger Pemula”

  1. Untungnya 7 kebiasaan yang anda tulis di atas ndak pernah saya lakukan waktu saya masih berstatus pemula. :)

  2. hahah..
    Kok semuanya saya banget itu bli.
    Tapi itu dulu, skarang fokus saya pada kualitas tulisan..
    Mengenai tukar link, skrg sudah banyak yang pasang link sya pdhl saya tdk meminta,,
    mgkin faktor ketenaran (narsisnya kumat)
    Salam bli wira..

  3. saya sudah baca review anda, pasti anda luar biasa dalam menulis blog sehingga bisa mengeneralisir dan menilai kebiasaan blogger baru, walau di penutupan anda memberi catatan bahwa itu tidak mutlak untuk semua blogger

    1. Gonta-Ganti Theme
    Apakah Gonta-ganti Theme mengurangi isi tulisan??

    2. Menulis Topik Tidak Jelas
    Apakah ada kewajiban menulis dengan Topik yang jelas?? dan apakah yang anda maksud dengan topik yang tidak jelas??

    3. Sibuk Blogwalking Sambil Meminta Kunjungan Balik

    menuangkan hasih pemikiran dalam tulisan adalah hak, dan jika minta di komentari atau di kunjungi, apakah ada larangan jika orang minta apresiasi atas karyanya (apapun Konten tulisannya)

    4. Sibuk Mengecek Page Rank
    untuk hal ini, di kembalikan ke niat sebelum menulis

    7. Menulis Kehabisan Ide
    Anda pasti orang yang luar biasa Kreatif sehingga tidak pernah kehabisan Ide,
    Menurut saya semua orang mempunyai kemampuan imajinasi yang berbeda, jadi tidak ada istilah kehabisan IDE yang ada hanya kesulitan dalam menuangkannya dalam bentuk tulisan

    semoga selalu sukses untuk anda..

    1. @harrsat, hihihi… Anda begitu Lucu…
      1. Gonta ganti Theme dilaakukan biasanya untuk menemukan penampilan yang sesuai dengan keinginan, dan saya akui saat masih pemula, saya masuk kaategori ini. :p
      2. Topik yang jelas, balik pada yang mana yang pantas dinamakan seorang blogger. Misalkan ‘aduh udah sore, tapi gak ada ide… yang penting bisa update blog’.
      Kalo cuman segitu ya menulis juga kan ? tapi bukankah lebih baik ditulis dalam bentuk Twitter ?
      3. well, setiap orang punya hak. :p tapi saya yakin yang dimaksud Wira diatas adalah yang berkomentar ‘halo, salam kenal, saya xxx ditunggu kunjungan baliknya’. Tidak ada larangan memang, tapi bukankah judul tulisan diatas adalah kebiasaan blogger pemula ? plis deh… :)
      7. He… soal kehabisan ide, ada kok. Banyak malah disekitar kita… hanya saja barangkali anda tidak tahu saja. hehehe…

    2. @harrsat,
      Hallo, kelihatannya komentar anda serius sekali. Baiklah akan coba saya tanggapi. Pertama, saya tidak bermaksud mengeneralisir.

      1. Apakah Gonta-ganti Theme mengurangi isi tulisan??

      Jelas tidak, kecuali memang dikurangi dengan sengaja.

      2. Apakah ada kewajiban menulis dengan Topik yang jelas?? dan apakah yang anda maksud dengan topik yang tidak jelas??

      Jelas tidak ada kewajiban dan jika ada yang berpikir itu wajib, terserah dia. Yang saya maksud adalah dalam tulisan ngelantur kesana kemari dan tidak satu topik.

      3. menuangkan hasih pemikiran dalam tulisan adalah hak, dan jika minta di komentari atau di kunjungi, apakah ada larangan jika orang minta apresiasi atas karyanya (apapun Konten tulisannya)

      Ini juga tidak ada larangan sama sekali.

      7. Anda pasti orang yang luar biasa Kreatif sehingga tidak pernah kehabisan Ide,
      Menurut saya semua orang mempunyai kemampuan imajinasi yang berbeda, jadi tidak ada istilah kehabisan IDE yang ada hanya kesulitan dalam menuangkannya dalam bentuk tulisan

      Kali ini saya kira anda yang telah mengeneralisir maksud saya, terima kasih jika anda memuji dan mengatakan saya luar biasa kreatif.

      Salam sukses kembali. By the way, kalau boleh tahu apa alamat blog anda kawan?

  4. Wah Bli, tulisannya tetap bagus seperti biasa! :) Maaf lama nggak blogwalking, kerjaanku bener2 menyita perhatian bahkan untuk sekedar bersilaturahmi dengan teman dekat sepertimu :)

  5. Senangnya jadi blogger pemula…

    asal tau etika dan tata krama…dalam menulis maupun berkunjung kemana saja…

    Soal bahasa…walaupun berkesan acak-acakan asal tidak menyinggung dan maksud tulisan yang ingin disampaikan penulis sampai kpada pembaca dengan nilai positive tentunya bagi saya it’s okay…

    Jangan pernah berbangga diri atau pun rendah diri…karena manusia adalah makhluk yang ga sempurna…

    masih ada langit di atas langit…

    Tetap berusaha jadi yang lebih baik

    merdekaaaaaaaaaaa!!!

  6. Kalau saya maunya ingin disebut blogger pemuda, jadi semangat nya 45 terus :lol:
    komentar ngeles karena kena sentil juga :mrgreen:
    Salam hangat serta jabat erat selau dari Tabanan

  7. Hehehehe, blogwalking sambil meminta kunjungan balik. Sampai sekarang masih sering terima: kunjungi balik blogku ya.

    Lhah, gimana saya mau kunjungan balik, dianya aja nggak baca tulisan saya :lol:

    Nyuruh-nyuruh lagi kunjungan balik, hihihi…

  8. hehehe, waktu masih pakai hosting gratisan ya saya juga sama, sering gonta-ganti theme, padahal udah ngeblog 2 tahun :D

    Kalo yang sekarang minimal setahun sekalilah.. biar lebih fresh tampilannya.. ;)

  9. Wakakakak….
    aduh jadi ngakak. Telak banged ini bli.
    Tapi itu benar. Saya sendiri juga dulu sempat begitu, bolak-balik tukeran link, bolak balik tukar theme. Tapi topik masih lumyanlah. Saat itu ngeliata semua blogger sok mo tukeran link, saya ikutan jg. Ah tapi lama2 ya malas… biarlah… ngeblog bukan utk tuker2 link.. tp yg penting selalu menulis…

    Nice post, bli!

  10. Xixixixi. Beberapa yang disebutkan di atas pernah saya lakukan dulu waktu awal2 nge-blog. Yup! Yg penting keep blogging aja, jangan mudah menyerah, lama-kelamaan kita bakal ngedapetin jati diri masing2 koq. ;)

  11. Wah informasinya tepat sekali. saya termasuk di dalamnya, bahkan pemula sekali, makanya tulisan saya tidak pernah konsisten, selalu gonta-ganti materi, Maaf sih soalnya baru belajar, salam kenal dari pekalongan.

    1. @teguhsasmitosdp1,
      salam kenal kembali, saya sendiri walaupun dari segi lama ngeblog mungkin bukan pemula, tetapi belum tentu memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dibanding pemula.

  12. MAAF!!!
    Semuanya itu butuh proses bro… bahkan blogger PROFESSIONAL sekali pun masih melakukan 7 kebiasaan tersebut. kalau anda merasa diri anda blogger professional silahkan saja. Namun jangan mematahkan semangat para blogger pemula di dunia ini termasuk saya. Lihat blog yang anda punya sekarang rata2 yg berkomentar adalah blogger pemula. Jd jgn membeda2kan antara blogger pemula dgn blogger professional… MAAF Kalau saya berkomentar seperti ini…

    1. @FaDhLi,
      Waduh, mohon maaf saya tidak bermaksud mematahkan semangat blogger lain sama sekali. Dan saya juga tidak bermaksud membeda-bedakan blogger pemula atau bukan. Yang saya maksud adalah blogger yang baru mulai terjun ke dunia ngeblog.

      Dan sebagai catatan, tulisan ini pun saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri, jadi semacam sharing pengalaman dan introspeksi diri saja. Mohon maaf kalau ada yang tersinggung.

  13. Saya juga senior nih.., biar nggak kehabisan ide tulis aja artikel motogp, Formula one, cerita lanjutan upin dan ipin biar nggak kehabisan ide

  14. Saya pribadi kurang setuju dengan item nomor 2 yakni menulis topik yang tidak jelas. Saya rasa hal tersebut terlalu absurd dan ambigu karena anda tidak menyebutkan blog apa yang sedang dijalankan oleh blogger pemula. Kalau blognya bertipe personal, saya rasa sah untuk menulis apa yang dia pikirkan.

    Matt Mullenweg saja, pencipta WordPress, diblognya sering menulis tidak jelas, kadang dia menulis mengenai teknologi, musik bahkan sampai review headset yang dia senangi. Apakah Matt Mullenweg blogger pemula?

    Yang lainnya saya sependapat. Terima kasih. Just my 2 cents. Salam kenal. :D

    1. @Dion Barus,
      terima kasih kritiknya,

      maksud saya topik yang tidak jelas adalah pada satu tulisan/post topiknya tidak jelas dan bercampur, padahal bisa saja ditulis menjadi beberapa tulisan.

      tulisan ini juga sekedar opini saya pribadi.

      salam kenal kembali :-)

  15. Wah serunya juga nih Mas perdebatan tentang “Blogger Pemula”.
    Kalau bagi saya sih mari kita berusaha untuk menulis, apa saja yang kita anggap baik. Yang penting belajar menuangkan pikiran kedalam bentuk tuisan.
    Syukur-syukur di baca oleh orang lain, dan lebih syukur lagi bisa bermanfaat….

    1. @ded,
      iya, mungkin beberapa ada yang kurang suka dengan tulisan saya yang sepertinya “menjelekkan” blogger pemula. Padahal saya sama sekali tidak bermaksud seperti itu. Ini cuma opini dan berdasarkan pengalaman pribadi.

  16. Hahaha… keripik pedas brader, eh ini brader ap sista sih… awh whateverlah
    gue cuma mau numpang nampang aj sbagai blogger pemula
    masalahna gue emang baru dua hari ini coba maen blog
    dan sumpah mampus gue bingung ini make nya gimana yha…
    so… di antara dikau dikau dan kalian pengunjung blog ini
    ajari saya please… ne blog gimana make nya yha…

    Owh derita newbie…

  17. Hahaha… keripik pedas brader, eh ini brader ap sista sih… awh whateverlah
    gue cuma mau numpang nampang aj sbagai blogger pemula
    masalahna gue emang baru dua hari ini coba maen blog
    dan sumpah mampus gue bingung ini make nya gimana yha…
    so… di antara dikau dikau dan kalian pengunjung blog ini
    ajari saya please… ne blog gimana make nya yha…

    Owh derita newbie…

  18. gue banget nih dr 1 sampai 7, apalagi nomor 1 , hehehe..maklum baru dua bulan belajar ngeblog.
    semoga dengan membaca tulisan ini menjadi lebih termotivasi..

    terima kasih..

  19. Ya benar sebagai pemula saya banyak belajar trik SEO dan setelah diterapkan lalu lihat perkembangan traffic. Aku sangat yakin para senior juga begitu. Karena perkembangan SEO selalu dinamis megikuti perhalanan waktu… ya kan Imadewira ? Salam kenal….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *