7 Dasar SEO Blog Untuk Pemula

Berikut ini merupakan 7 Dasar SEO Untuk Blogger Pemula :

Pertama : Kualitas Konten Adalah Hal Tepenting Dalam SEO

Dalam mengembangkan SEO (Search Engine Optimization) untuk sebuah blog, kualitas konten adalah faktor yang terpenting. Membuat artikel yang bagus dan berkualitas adalah hal terpenting untuk mengembangkan SEO untuk blog anda. Konten yang berkualitas yang dan berguna bagi banyak orang akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dibanding pengembangan SEO dengan cara lain. Mesin pencari (search engine) saat ini sudah sangat pintar untuk membedakan apakah suatu konten berkualitas atau tidak.

Kedua : Judul Konten Pada Blog

Tag TITLE (dalam HTML) adalah hal yang sangat penting dalam SEO, maka dari itu judul posting di tulisan sangat berperan besar bagi SEO dalam blog untuk sebagian besar mesin pencari (search engine) khususnya Google. Sebaiknya beri perhatian khusus ketika anda memilih judul untuk posting tulisan (konten) di blog anda. Pastikan bahwa judul posting tersebut mencakup hal-hal dibawah ini :

  1. Kata Kunci (keyword) : Menjadikan keyword (kombinasi keyword) sesuai dengan konten sebagai judul posting adalah mutlak. Hal ini sangat penting karena sebagian besar search engine membaca judul posting anda.
  2. Kualitas Judul Posting : Cobalah untuk membuat judul yang efektif dan deskriptif sesuai dengan konten posting blog anda. Membuat konten berkualitas akan mendatangkan banyak pengunjung, tetapi yang pertama kali dibaca oleh pengunjung adalah bagian judul.
  3. Jangan Berbohong : Saat ini mesin pencari (search engine) sudah cukup pintar untuk membedakan mana judul yang benar sesuai konten atau tidak. Sebaiknya jangan pernah berbohong kepada pembaca anda.

Ketiga : Yang Diharapkan Pembaca Blog Anda

Faktor yang juga penting pada SEO untuk blog adalah mengetahui apa yang diharapkan oleh pembaca pada blog anda. Menemukan hal yang bagus dan berkualitas yang diinginkan pengunjung dapat menaikkan kualitas konten dan blog anda secara umum. Ketika anda mengetahui keyword apa yang cenderung dan sering dicari di internet melalui mesin pencari (search engine), berarti anda sudah berada pada jalan yang benar untuk pengembangan SEO, dengan cara ini anda bisa terus menambah jumlah pengunjung ke blog anda. Untuk tahu keyword apa yang banyak dicari oleh pengguna internet anda bisa menggunakan bantuan Google Insights.

Keempat : Keyword Pada Konten Blog

Jika anda ingin sukses mengoptimasi artikel anda untuk Google dan mesin pencari (search engine) lainnya, anda harus memasukkan keyword anda menjadi tulisan dalam posting anda. Sangat disarankan untuk memasukkan keyword dalam tag sub heading <H> dalam posting anda. Anda juga sebaiknya menggunakan keyword pada tag alt pada gambar atau image untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari search engine. Tetapi ingat, jangan menggunakan keyword terlalu banyak (menuliskan terlalu berkali-kali), gunakan secara wajar layaknya tulisan yang terlihat natural.

Kelima : Membangun Link Untuk Blog Anda

Link dari blog atau website lain di internet juga sangat perlu dalam membangun SEO. Link langsung pada blog anda mungkin sangat sulit anda dapatkan, tetapi itu sangat penting untuk kualitas SEO anda dan trafik secara keseluruhan (rangking) blog anda. Dengan mendapatkan rangking yang lebih bagus, posisi blog anda akan meningkat pada SERP (Search Engine Page Result). Jadi mulailah menghubungkan blog anda pada blog yang lain (tukar link), dapatkan link (yang menuju blog anda) sebanyak mungkin.

Anda juga dapat menggunakan situs jejaring sosial (social networking) untuk mempublikasikan setiap posting dan blog anda. Anda juga sebaiknya menampilkan link blog pada footer email anda, khususnya untuk email yang masuk dalam milis, hal ini sangat membantu anda meningkatkan kualitas SEO di blog anda. Langkah selanjutnya jika anda sering memberikan komentar di blog lain (blogwalking), jangan lupa untuk mencantumkan link blog anda disana. Tetapi untuk blog yang bersifat no-follow, link yang anda tuliskan mungkin tidak berguna untuk hal ini, dan sayangnya sebagian besar blog masih bersifat no-follow yang artinya link yang anda tuliskan di form komentar menjadi tidak berpengaruh pada mesin pencari (search engine).

Keenam : Link Pada Posting Anda

Link yang menuju posting anda sendiri secara otomatis meningkatkan loyalitas pembaca posting blog anda. Link yang menuju ke posting di blog anda sendiri membuat pembaca betah berlama-lama di blog anda dan membuat pembaca lebih leluasa menjelajah setiap posting di blog. Anda harus dapat membuat pembaca dengan mudah melihat judul (link) yang menuju ke setiap posting yang ada di blog anda. Tetapi tetap ingat jangan terlalu banyak membuat link yang menuju pada posting di blog anda sendiri. Menampilkan link yang menuju ke blog anda sendiri bisa dibuat secara manual ataupun menggunakan plugin.

Ketujuh : Menggunakan Plugin Yang Powerfull Untuk SEO

Selain menggunakan blog engine (mesin blog) yang bagus (seperti WordPress), anda juga sebaiknya menambahkan beberapa plugin di blog anda yang berguna untuk SEO. Di internet sudah tersedia begitu banyak plugin untuk SEO di blog. Plugin untuk SEO tersebut akan membantu anda untuk lebih mudah melakukan optimasi SEO di blog anda. Tetapi ingat juga, penggunaan plugin yang berlebihan (terlalu banyak) akan membuat loading blog anda menjadi lebih lambat, pengunjung tentunya akan merasa kurang nyaman dengan hal ini sehingga sangat berpengaruh pada SEO blog anda. Sebaiknya juga anda perhatikan baik-baik kegunaan plugin yang anda tambahkan di mesin blog anda, jangan sampai anda menginstall beberapa plugin yang sebenarnya berfungsi sama.

Demikianlah 7 Dasar SEO Blog untuk pemula, semoga bermanfaat.

Catatan : artikel ini merupakan terjemahan dari sebuah artikel berbahasa inggris, akan tetapi penulis lupa sumbernya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *