6 Hambatan dan Masalah Ngeblog

Ngeblog adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang blogger. Umumnya setiap pemilik blog menginginkan blognya menjadi terkenal dan banyak dikunjungi oleh pengunjung baik dari blogger lain maupun pengguna internet umum.

Namun dalam rangka mencapai tujuan tersebut, banyak masalah dan hambatan yang harus dilalui. Setiap blogger memiliki masalah dan hambatan yang berbeda-beda ketika menjalankan tugas/hobinya sebagai seorang blogger.

Berikut ini 6 hambatan dan masalah yang umumnya dihadapi oleh seorang blogger :

1. Kemampuan dasar

Hambatan ini biasanya dirasakan oleh blogger pemula atau calon blogger yaitu mereka yang ingin memiliki blog. Mereka kadang bingung harus memulai dari mana, atau ketika blognya sudah berhasil dibuat malah bingung dengan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Ide

Ide seringkali menjadi masalah danĀ  hambatan yang susah untuk dilalui. Seringkali kita mendengar atau membaca seorang blogger yang kehabisan ide untuk dijadikan tulisan di blognya. Masalah ide ini tidak hanya dirasakan oleh blogger pemula, seorang blogger yang sudah lama ngeblog pun bisa saja mengalami hambatan ini.

3. Kemampuan menulis

Ketika ide untuk tulisan sudah ada banyak dan melimpah, namun menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang baik dan enak dibaca oleh orang lain bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Dibutuhkan latihan serta perjuangan yang cukup untuk menyulap ide menjadi sebuah tulisan yang menarik.

4. Konsistensi tema / topik

Ada juga yang mengalami masalah konsistensi tema dan topik di blog. Mungkin karena ide dan kemampuan menulis sudah cukup baik maka jadilah semua ide yang ada dituangkan begitu saja menjadi tulisan di blog. Bagi mereka yang memang sudah menjadikan blognya tidak kaku pada tema tertentu, hal ini tidak jadi masalah.

Tapi bagi mereka yang sudah terlanjur mendeklarasikan diri untuk fokus pada tema / topik tertentu, ini akan menjadi hambatan tersendiri. Pengunjung setia blog tersebut bisa jadi akan mulai berpaling karena penulis mulai ngelantur pada topik yang tidak jelas.

5. Waktu

Saat ini sebagian besar blogger belumlah menjadi ngeblog sebagai pekerjaan utama namun hanya sebagai hobi atau pekerjaan sambilan. Maka dari itu, waktu seringkali menjadi hambatan dan masalah ketika ngeblog. Banyak yang merasa kekurangan waktu atau kesulitan mengatur waktu untuk ngeblog.

6. SEO

Hambatan dan masalah terakhir adalah kemampuan di bidang SEO. Namun banyak juga blogger yang bersikap masa bodoh dengan yang namanya SEO.

Lalu, apa masalah dan hambatan anda selama ini?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

26 thoughts to “6 Hambatan dan Masalah Ngeblog”

  1. Saya termasuk yg di point #6, Wira he2. Coz motivasi ngeblog untuk dokumentasi artikel dan ‘merawat’ olah otak dan rasa dalam penulisan jurnalistik.

    Serta, tentu saja, untuk bertemu dengan kawan2 blogger termasuk Pak Dosen di STP Nusa Dua Bali ini qe3 Viva Telematika Indonesia :)

  2. Kalo saya sih masalahnya ya karena kebanyakan ide… trus kebanyakan yang sudah siap dipublish. Tapi sayangnya selalu diundur mengingat ada hal-hal yang jauh lebih uptodate. :p

  3. kalo aku mungkin kekurangan dalam hal penulisan kadang yang menjadi kendala + koneksi. masalah ide, karena aku gak terlalu spesifik pada topik tertentu ide selalu berseliweran di kepala. yang jadi masalah malah mengejawantahkan ide tersebut dalam bentuk tulisan. ini yang berat menurutku. :lol:

  4. semua hambatan itu bisa diatasi dengan banyak belajar.
    Saya tambahkan satu lagi, hambatan dalam ngeblog.
    Ngeblog adalah tentang menulis, namun bukan hanya itu. Ngeblog juga butuh perangkat.
    Gak ada nya dukungan perangkat ini juga jadi hambatan lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *