5 Tips dan Cara Blogwalking

Seperti kita ketahui kegiatan blogwalking memiliki banyak manfaat dan bisa dikatakan adalah kegiatan wajib bagi seorang blogger. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari blogwalking secara maksimal, berikut ini saya coba buatkan 5 tips dan cara blogwalking yang mungkin belum anda tahu.

1. Lakukan blogwalking di waktu yang tepat

2. Lakukan blogwalking secara teratur

Sebaiknya kegiatan blogwalking dilakukan secara kontinyu dan teratur. Bisa saja anda blogwalking hari ini seharian lalu seminggu tanpa blogwalking lagi, hasilnya akan lebih baik jika anda blogwalking 30 menit sampai 1 jam sampai setiap hari.

3. Gunakan aplikasi pembaca RSS

Agar kegiatan blogwalking anda menjadi lebih efisien, gunakanlah bantuan pembaca RSS. Dengan begitu anda akan bisa mengetahui ketika ada tulisan baru di sebuah blog yang sudah anda daftarkan aplikasi pada pembaca RSS anda. Jadi tidak ada waktu yang terbuang ketika mengunjungi sebuah blog tetapi ternyata belum ada tulisan baru disana. Saya sendiri menggunakan FeedDemon.

4. Perluas jaringan

Jika memang anda memiliki waktu yang lebih, perluaslah jaringan anda dengan mencari blog-blog lain yang menarik bagi anda.

5. Buat prioritas

Ada kalanya kita memiliki kesibukan lain yang menyebabkan waktu untuk blogwalking menjadi berkurang atau bahkan tidak sempat blogwalking. Disini anda perlu membuat prioritas mana blog yang wajib anda kunjungi dan mana yang tidak menurut anda.

Itulah 5 tips dan cara blogwalking yang bisa saya berikan, siapa tahu ada manfaatnya bagi anda. Nah, umumnya ketika blogwalking, kita akan meninggalkan jejak berupa komentar (walaupun tidak selalu begitu). Ketika meninggalkan komentar tersebut, sebaiknya jangan sembarangan dan asal komentar. Bagaimana berkomentar yang baik? Tidak ada salahnya anda baca tulisan tentang bagaimana cara berkomentar yang baik yang ditulis oleh Deddy Andaka.

Apakah anda punya trik tersendiri ketika blogwalking?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

57 thoughts to “5 Tips dan Cara Blogwalking”

  1. Trik yang sederhana, namun penuh makna dan sangat efektif Mas. Saya juga punya kebiasaan yang hampir sama kayak di atas. Yang paling terasa manfaatnya yaitu pembaca RSS. Kemudian juga link yang dibaca oleh comluv.

    Tapi akhir-akhir ini RSS feed blog saya error. Comluv nggak bisa mendeteksi postingan terbaru saya. Punya solusi atau tips nggak ya soal ini Mas? Saya udah gunain plugin fix RSS Feed. Tapi masih gak mempan. Error ini terjadi semenjak saya meredirect feed blog saya ke feedburner :(

  2. Sekedar tambahan aja sih menurutku, boleh lah kita malas, ga ada ide, atau gak mood buat update, tapi kalo bisa tetaplah membaca / jalan2 :)

    Soalnya:
    1. Yang dikunjungin pasti senang (hehehe)
    2. Otak mu gak idle dari dunia perblog-an.

    Soalnya kalo malas update dibarengi malas baca, rawan sekali akhirnya stuck dan memutuskan untuk berhenti semuanya, untuk entah berapa lama. Bahasa kerennya Hiatus :D
    .-= Dewa Bantal´s last blog ..Kabarmu, Bukan Tampangmu… =-.

  3. kadang dengan blogwalking bisa menjadi penyemangat untuk postingan baru. hal ini sering aku alami, sering kasi komeng tapi lama gag update blog. jadinya ada rasa malu karena pasti dengan BW itu si empunya blog pasti ngunjungin balik. kalo sudah begitu pasti dah ketahuan males nya :mrgreen: jadi terpacu :arrow:

  4. Saya pecinta berat Bloglines, bukan apa-apa, karena sudah 2 tahun pake dan daftarnya sudah buanyak. Ya, memang bisa diimpor, tapi saya sudah terlanjur nyaman dan males coba yang lain. Selama nggak ada masalah besar, saya tetep pake itu.

    Blogwalking selalu diawali dengan baca feed, kalo ada yang menarik, baru berkunjung. Itu kalo waktu terbatas. Tetapi jika waktu senggang banyak, saya bisa berkelana ke mana-mana. Tidak selalu ke blog-blog yang pemiliknya sudah saya kenal. Saya suka memencet link di kolom komentar bloh lain jika merasa asing dengan nama tersebut.

    Atau, bisa juga saya awali dengan mengetikkan kata kunci tertentu di search engine. Jika ada judul-judul yang saya anggap menarik, klik aja…

  5. Hi..saya baru belajar ngeblog, dan saya menemukan artikel ini saat mengetik ‘defenisi blogwalking’ di google… Thx tipsnya..dan keep blogging!!

  6. blogwalking adalah syarat mutlak kalau kita ingin eksis di dunia maya. Blog walking ibarat saling berkunjung dan “cangkrukan” kalau di dunia nyata kali ya…. hehehe.

    Sukses untuk anda….. Salam

  7. melakukan blogwalking secara teratur memang bagus.

    cuman memang polanya harus didapat, kalau belum maka akan menyita waktu banyak untuk mendapatkan blog.

    anyway salam kenal imadewira.com
    good posting

  8. seperti komen yang diatas, saya juga pernah mengalami kebosanan buat ngurus blog. biasanya cukup lama juga sekitar 5-6 bulan. udah itu pasti ada puber ke2 alias semangat lagi buat ngeblog. trims buat penjelasannya ya…mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *