5 Keuntungan Bekerja Menjadi PNS

Bekerja dalam bidang apapun pasti memiliki keuntungan ataupun kerugian, termasuk bekerja menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Keuntungan disini maksudnya kelebihan atau keunggulannya. Berikut ini beberapa keuntungan bekerja menjadi PNS diantaranya.

1. Jam Kerja Pasti

Bekerja menjadi PNS memiliki keuntungan dalam hal jam kerja yang pasti, ya walaupun mungkin ada beberapa PNS yang jam kerjanya tidak sama setiap hari, PNS yang ditempatkan di bidang kesehatan misalnya. Selain jam kerja pasti, perhitungan lembur dan hari libur pada umumnya juga jelas jika bekerja menjadi PNS.

2. Cuti dan Ijin Mudah

Kentungan selanjutnya jika bekerja menjadi PNS adalah dalam hal cuti dan ijin yang relatif mudah. Untuk mengambil cuti seperti cuti tahunan, cuti melahirkan dan lain-lain pada umumnya aturannya sangat jelas. Untuk ijin juga sudah ada aturannya dan pada umumnya relatif mudah, asalkan mengikuti aturan yang ada. Jika niatnya bolos ya pasti sulit.

3. Karir Jelas

Soal karir jika bekerja menjadi PNS juga memiliki keuntungan karena karir bekerja di PNS cukup jelas. Tergantung kepada masing-masing pegawai, semuanya memiliki peluang yang sama untuk meningkatkan karir, bahkan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk berkarir asalkan mau berusaha.

4. Gaji Pasti dan Naik Secara Berkala

Keuntungan yang mungkin paling menguntungkan bekerja menjadi PNS adalah soal gaji. Gaji PNS sudah pasti, khususnya gaji pokok. Hampir tidak pernah terjadi keterlambatan pembayaran gaji pokok. Selain itu gaji pokok ini juga akan naik secara berkala karena salah satu faktornya adalah masa kerja.

5. Gengsi

Selain itu, keuntungan bekerja menjadi PNS juga soal gengsi. Walaupun kadang mendapat citra negatif, tetapi bekerja menjadi PNS tetap merupakan hal yang diidamkan banyak orang di masyarakat, mungkin juga karena faktor gengsi.

Itulah beberapa keuntungan jika bekerja menjadi PNS. Memang mungkin bukan keuntungan yang menggiurkan tetapi pada kenyataannya setiap ada lowongan CPNS pelamarnya selalu relatif banyak. Bagaimana menurut anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

One thought on “5 Keuntungan Bekerja Menjadi PNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *