5 Kesalahan Sepele Blogger

September 30th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Setiap blogger pasti ingin membuat blognya menjadi semenarik mungkin dan sebagus mungkin. Tapi terkadang ada juga yang membuat kesalahan sepele namun efeknya mungkin lebih dari sepele. Beberapa kali saya melihat masih ada saja blog yang menurut saya melakukan kesalahan sepele tersebut. Entah di sengaja atau tidak, saya tidak tahu.

Kesalahan yang saya lihat tersebut tentu saya gunakan juga sebagai introspeksi bagi diri saya sendiri. Tujuan saya menulis ini juga sama sekali bukan ingin mengatakan bahwa saya adalah blogger yang sempurna, karena saya juga masih belajar. Baiklah, inilah 5 kesalahan sepele yang saya maksudkan :

1. Tidak Menampilkan RSS Feed

Pernah ada yang berkunjung dan berkomentar ke blog saya (yang jel;ek ini), lalu saya berkunjung ke blog yang tersebut. Kemudian saya merasa isi blognya cukup menarik bagi saya dan saya ingin berlangganan blog tersebut via RSS. Tapi setelah saya cari ternyata blog tersebut sama sekali tidak menampilkan alamat RSS Feed.

2. Menampilkan 2 RSS Feed

Pernah juga saya melihat ada blog yang menampilkan dua RSS Feed yang berbeda. RSS Feed pertama adalah RSS Feed default bawaan dari engine WordPress yang digunakan dan RSS Feed yang kedua adalah yang via Feedburner. Mungkin memang tidak terlalu berpengaruh tetap bagi saya terlihat kurang konsisten.

3. Tidak Menampilkan Form Komentar

Salah satu ciri sebuah blog adalah adanya fasilitas untuk berkomentar. Memang ada pula tulisan tertentu yang di sengaja agar tulisannya tidak bisa dikomentari. Tapi saya pernah menemukan sebuah blog yang tulisannya tidak muncul form komentar. Entah di sengaja atau tidak, atau bisa juga ada masalah dengan theme.

4. Lupa Meng-Approve Komentar

Jika menggunakan WordPress, setting komentar secara default komentator baru memang akan di pending. Tapi pernah komentar saya di sebuah tulisan tidak muncul-muncul, saya menduga pemilik blog lupa meng-approve komentar saya.

5. Tidak Menampilkan Recent Post

Dan yang terakhir saya pernah melihat sebuah blog yang tidak menampilkan daftar Recent Post. Jadi saya tidak bisa melihat-lihat tulisannya yang lain selain yang muncul di halaman home.

Itulah 5 kesalahan sepele yang pernah saya temukan di blog lain, sebagian besar memang blog yang baru pertama kali saya kunjungi. Mungkin ada yang mengganggap saya hanya mengarang, tetapi ini memang benar pernah saya temui. Sekali lagi saya tegaskan bahwa saya menyebut 5 poin diatas sebagai “kesalahan” adalah sebuah opini dan mungkin saja apa yang tuliskan diatas memang di sengaja oleh pemilik blog.

Apakah anda pernah menemui hal serupa?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

29 comments

  1. DV says:

    Saya dulu sekian lama percaya bahwa komentar itu racun….
    Untung anda menulisnya setelah saya sudah ‘bertobat’, Bli hahahaha!
    DV´s last blog post ..…escape

  2. IkazNarsis says:

    iya sepel emang, hal sepele seperti itu harus lebih sering di perhatikan ya..

  3. Cahya says:

    Bli Wira,
    Feed rasanya ndak perlu ditampilkan, kalau orang tahu apa itu feed, dia pasti bisa melacaknya, lagipula peramban canggih saat ini (kecuali Chrome dari Google) sudah bisa melacak feed. Yah, kalau memaksa diri pakai Chrome, ya salah sendiri, hi hi… :D.

    2 RSS Feed ndak masalah bagi saya, saya malah kadang 3 biji, karena satu sama lain memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Twitter juga masuk RSS feed lho, trus update facebook yang otomatis, hayoo…, bisa-bisa satu blog komersial memiliki 10 jenis RSS feed yang tersebar di mana-mana :D.

    Nah, borang komentar kan masalah hak asasi, kalau ditampilkan ya ok, ndak juga ndak masalah. Bli Dani suka menutup form komentar, atau yang otomatis ditutup setelah beberapa lama, rasanya itu hak admin. Beberapa blog seperti tumblr malah secara default ndak ada form komentar, jadi memang pemikiran orang tampaknya beda-beda tentang ngeblog.

    Lupa menyetujui komentar atau ketangkap mesin antispam super kejam, yang langsung menghapus komentarnya. Saya pasang yang begitu, jadinya ndak tahu kalau ada komentar yang ditendang.

    Ndak ada recent post berarti blog-nya memang tidak didesain untuk dijadikan arena blogwalking :D – hanya sekadar catatan iseng :lol:.
    Cahya´s last blog post ..Kapan Menghindari Olahraga

  4. Abdul Hakim says:

    saya rasa itu bukan kesalahan, tapi pilihan bagi seorang pemilik blog,
    Abdul Hakim´s last blog post ..Hadits Minggu Ini – Makanan Yang Halal- Haram Dan Syubhat

  5. aldy says:

    Mengikuti kaidah umum saja, jika memang seperti itu persyaratan sebuah blog.

    Mengenai borang komentar, saya sependapat dengan Mas Cahya, walaupun borang komentar blog saya terbukan 1x24x7 :D

  6. domba garut! says:

    Ibarat sebuah majalah, sarana feedback baik itu komentar dan RSS adalah memang sudah menjadi keharusan :D

    Namun, ada juga memang blogger yang kurang faham teknis web-technicalities seperti features pada web 2.0 itu… makanya masih terlihat banayk blogger yang kurang maksimal mendandai blogsitenya.

    Seneng udh bisa mampir kesini – salam hangat dari Kuwait.

  7. iskandaria says:

    Perkara kotak komentar yang tertutup, saya memang sengaja melakukannya pada posting tertentu dan posting yang sudah lawas (atau sudah terlalu banyak dikomentari). Pertimbangan saya, posting tersebut sudah basi dan juga demi meminimalisir masuknya komentar yang tidak saya inginkan. Selain demi meminimalisir ukuran halaman posting tersebut.

    Soalnya kalau terlalu banyak komentar juga bisa memperlambat loadingnya.

    Masalah tidak menampilkan link RSS atau tautan berlangganan, saya juga sengaja :) Pertimbangan saya, pengunjung bisa menemukan blog saya kembali secara manual saja. Toh, saya juga masih jarang update.
    iskandaria´s last blog post ..Mencoba Efek Watermark pada Gambar Latar Blog

  8. Untung saya ndak melakukan hal-hal yang termasuk kategori kesalahan dalam blog ini. Walaupun kadang-kadang saya kelamaan ndak menampilkan komentar yang tertahan.

    Untuk kolom komentar, saya memang menutup komentar untuk tulisan yang sudah lawas. Maksudnya biar diskusi yang mungkin terjadi, ndak melebar ke sana sini.

  9. masing2x individu punya preferensi yang berbeda ya.. tapi yang itu dia.. mungkin saja tips ini berguna bagi yang lain.
    lowongan kerja´s last blog post ..Donata Consulting Firm Jobs as Distributor Supervisor

  10. Bli gimana cara menampilkan RSS itu?

  11. mbah jiwo says:

    betul, sepele tapi penting
    mbah jiwo´s last blog post ..Mari Sholat Dulu

  12. panDe Baik says:

    *baru nyadar saya gak ada widget RSS-nya… ;p cantumkan ah…

  13. imroee says:

    kalau blog wp saya – http://imroee.wordpress.com – semuanya aman. tapi di blogspot – http://imroee.blogspot.com – ada yang kurang. Saya belum Menampilkan RSS Feed dan kotak komentar ada tapi hanya berbentuk tombol, tujuan supaya blognya tidak terlalu berat.

  14. wah mas berarti blog saya masih ada kesalahan ya karena belum memasang widget recent post. Tadinya sih memang sengaja karena saya pikir untuk artikel terbaru sudah ada pada halaman homepage dan krn saya khawatir recent post saya pasang akan dianggap sbg duplicate content dgn popular post dan related post yg sudah saya pasang. Klo mnurut mas tentang pendapat saya ini benar tdk? Makasih udh share…

  15. alief ardi says:

    info yang bagus. salam kenal dan sukses dari blogku yang masih bau kencur
    alief ardi´s last blog post ..Tips gratis cara membuat anak ayam kampung super cepat besar Seri peternakan

Leave a Reply

CommentLuv badge