5 Kelemahan Kontes SEO

Tulisan berikut ini merupakan Guest Post yang dikirim oleh Herman Yudiono.

Dunia ngeblog Indonesia dimeriahkan kontes-kontes search engine optimization (SEO) dalam satu tahun terakhir ini. Kontes-kontes tersebut menawarkan hadiah yang beragam, mulai dari domain sampai dengan uang puluhan juta rupiah. Tak heran, peminatnya pun melimpah.

Saya sendiri pernah menjadi kontestan saat ngeblog di blog gratisan. Keikutsertaan ini menjadi yang pertama dan terakhir. Mengapa? Dari pengalaman plus pengamatan saya, setidaknya ada 5 kelemahan kontes SEO :

1.    Penyelenggara Fiktif

Penyelenggara kontes SEO tidak semuanya bertanggung jawab. Ada juga yang fiktif, yaitu ia menghilang bak ditelan bumi saat kontes SEO berakhir. Penyelanggara seperti ini layak dihujat dan tentunya ia telah “mengubur dirinya sendiri”. Dengan kata lain, ia masuk daftar hitam para blogger karena tidak bisa dipercaya (baik online maupun offline).

2.    Kontestan Berperilaku Spam

Tak bisa dipungkiri, para kontestan ingin menang dalam setiap kontes SEO yang diikutinya. Walau terkadang mereka menyebutkan bahwa keikutsertaannya hanyalah menguji kemampuan SEO atau turut memeriahkan. Oleh karenanya, para kontestan berupaya sekuat tenaga agar mereka menang, walaupun dengan cara yang tidak etis yaitu melakukan spam.

Aktivitas ini dilakukan dengan berkomentar menggunakan kata kunci dan alamat postingan yang diikutkan dalam kontes. Jika Anda menggunakan wordpress, komentar seperti ini dikategorikan sebagai komentar spam. Jika pun lolos Akismet, pemiliki blog akan dipusingkan oleh banyaknya komentator yang memakai kata kunci yang sama.

3.    Gila Backlink

Para kontestan tentunya tahu bahwa link dari blog atau situs akan dahsyat dampaknya terhadap posisi postingan di mesin pencari. Tak heran banyak dari mereka yang menaruh link dalam badan komentar di blog-blog do follow. Selain itu, ada juga yang meminta dukungan bagi blognya melalui postingan, forum, email, dan sejenisnya. Dari dua aktivitas ini, mereka layak disebut penggila backlink.

4.    Blog Sesak oleh Link Internal

Selain backlink, link internal juga memiliki dampak terhadap posisi di mesin pencari. Tak heran, para kontestan banyak menaruh internal link dengan kata kunci yang dikonteskan di postingan, footer, header, dan sidebar. Akibatnya, blog terlihat sesak oleh link internal yang mengganggu kenyamanan pembaca.

5.    Tidak Produktif

Kontes SEO umumnya berlangsung bulanan. Dalam masa itu, para kontestan memantau terus posisi postingan mereka di mesin pencari. Selain itu, mereka terus berupaya menggapai dan mempertahankan posisi juara. Akibatnya, aktivitas ngeblog tidak produktif karena energi tersita oleh upaya-upaya tersebut.

Itulah opini saya mengenai kontes SEO. Bagaimana menurut Anda? Apapun opini Anda, saya senang jika Anda menuliskannya pada bagian komentar di bawah ini.

Tentang Penulis

Herman Yudiono adalah blogger paruh waktu yang tinggal di Sorowako Sulawesi Selatan. Saat ini ia aktif ngeblog di Blogodolar, blog yang membahas tips menulis, SEO, dan monetisasi blog. Ia juga merupakan salah satu pendiri Problogkator, yaitu jasa pembuatan blog berbasis wordpress.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

23 thoughts on “5 Kelemahan Kontes SEO

  1. Sayangnya, banyak blogger pemula akhirnya tersita energinya untuk ikutan kontes SEO. Akibatnya fatal, blognya terkesan kurang berkembang dan cuma dijadikan ajang mengumpulkan backlink dan mendorong untuk menulis postingan yang tidak kreatif.

    Kalau memang ingin belajar SEO atau mencari pengalaman, hemat saya sebaiknya utamakan dulu membidik keyword untuk postingan biasa, terutama yang tingkat persaingannya kurang ketat/rendah dan keywordnya berpeluang banyak digunakan pencari informasi via SE. Ini jauh lebih produktif ketimbang menghabiskan energi di kontes SEO.

    Atau kalau postingan sudah banyak, sebaiknya optimasi saja postingan-postingan yang sudah ada agar bisa naik posisinya di SE. Sambil terus mengembangkan konten tentunya.
    .-= iskandaria´s last blog ..Fungsi dan Manfaat Screenshoot pada Posting Blog =-.

  2. yang penting saya menulis dan berbagi di waktu senggang…ga terlalu memusingkan yg namanya kontes2 beginian yang akhirnya isi blog jadi kurang menggigit akibat sibuk promosi,yg penting ikhlas aja deh ^__^
    .-= zan insurgent´s last blog ..Catatan tadi Sore =-.

  3. Selain dampak negatif dari kontes SEO, tentunya ada banyak keuntungan.
    Konten lain dalam websitenya akan ikut terdongkrak naik dalam SERP dan ini juga akan menambah keuntungan secara finansial jika websitenya berorientasi bisnis.

  4. Kontes SEO yang dikejar kan hadiahnya (biasanya uang) jadi kalo sudah bicara uang maka sudah tidak mempedulikan aktifitas blog yang baik lagi, yang penting juara. Yang juara biasanya langganan karena dia sudah memiliki link dari kontes-kontes sebelumnya. Terlepas dari itu semua saya salut kepada para juaranya, jagoan nyari backlink nya :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *