5 Kekurangan Bekerja Menjadi PNS

Melengkapi tulisan sebelumnya tentang keuntungan bekerja menjadi PNS, berikut ini beberapa kekurangan jika bekerja menjadi PNS. Karena seperti kita ketahui, setiap pekerjaan pasti memiliki keuntungan maupun kekurangan, termasuk bekerja menjadi PNS.

1. Gaji Terbatas

Kekurangan pertama jika bekerja menjadi PNS adalah soal gaji. Gaji PNS memang jumlahnya pasti dan juga (biasanya) pasti naik. Tetapi di sisi lain, gaji PNS itu bisa dikatakan terbatas. Jumlahnya bisa diprediksi, bulan depan dapat berapa, tahun depan dapat berapa. Memang ada kemungkinan mendapat lebih, tapi lebihnya itu pun ada batasnya.

2. Citra Negatif

Selanjutnya kekurangan jika bekerja menjadi PNS adalah terkadang ada citra negatif. Banyak orang yang kerap memandang sinis pekerjaan PNS, tidak jarang juga dicap pekerjaan PNS itu mau kerja atau tidak akan tetap dapat gaji, kadang juga PNS dikatakan suka bolos. Dan berbagai macam citra negatif lainnya.

3. Jam Kerja Diatur

Soal jam kerja mungkin menjadi salah satu kekurangan ketika bekerja menjadi PNS, karena jam kerja PNS biasanya sudah diatur oleh pemerintah dan harus diikuti.

4. Karir

Walaupun memiliki jenjang karir yang jelas dan pasti, tapi dalam hal karir bekerja menjadi PNS juga memiliki kekurangan, bekerja menjadi PNS karirnya tidak bisa naik seketika, ada beberapa tahapan yang harus dilewati sesuai dengan aturan.

5. Mengikuti Aturan

Dan yang terakhir, kekurangan dalam bekerja menjadi PNS adalah soal aturan. Memang bekerja dalam bidang apapun memiliki aturan yang harus diikuti. Tetapi bekerja menjadi PNS memiliki relatif banyak aturan yang harus diikuti.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

2 thoughts on “5 Kekurangan Bekerja Menjadi PNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *