5 Alasan Tidak Meninggalkan Komentar Ketika Blogwalking

October 29th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

alasan-tidak-meninggalkan-komentar-ketika-blogwalking

Blogwalking merupakan salah satu kegiatan paling mendasar yang biasanya dilakukan oleh seorang blogger. Apalagi blogger seperti saya yang tidak memiliki pembaca setia (pembaca di luar blogger), jadi saya butuh untuk tetap menjalin komunikasi dengan blogger-blogger lain dengan cara melakukan blogwalking. Tapi alasan utama saya melakukan blogwalking ke beberapa blog yang rutin saya kunjungi bukan karena mengharapkan kunjungan balasan, tapi memang karena saya suka membaca tulisan-tulisan mereka, sembari berharap mereka mau sesekali berkunjung ke blog saya.

Blogwalking yang saya maksud diatas tentu saja blogwalking sambil meninggalkan komentar di kolom komentar yang sudah disediakan. Karena saya sendiri tidak selalu meninggalkan komentar setiap blogwalking. Ada beberapa alasan mengapa saya tidak meninggalkan komentar ketika blogwalking tersebut.

1. Tidak memahami isi tulisan

Ada lebih dari 20 blog yang masuk ke daftar Feedly saya dimana setiap ada tulisan baru pada blog tersebut maka pasti akan terlihat oleh saya, minimal judulnya. Ketika mengunjungi salah satu dari tulisan itu, kadang saya merasa tidak terlalu memahami isi tulisannya sehingga membuat saya tidak bisa berkomentar. Sebenarnya bisa saja saya memaksakan diri untuk berkomentar, tetapi rasanya akan menjadi kentara bahwa saya tidak memahami isinya.

2. Tidak ada yang bisa dikomentari

Sebuah tulisan yang saya kunjungi ketika blogwalking bisa saja begitu sempurna, sehingga tidak ada yang bisa dikomentari. Misalnya saja tulisan yang isinya tutorial atau lainnya. Atau bisa saja berkaitan dengan alasan yang nomor 1 diatas. Dan ini juga sama dengan alasan nomor 1 dimana bisa saja saya berkomentar, “bagus”, “nice post” dan lainnya, tapi akan terlihat seperti spam bukan?

3. Saya merasa tidak perlu

Ada sekitar 3 blog tentang otomotif yang membahas tentang motor khususnya informasi motor-motor baru dan juga info MotoGP. Blog-blog ini pengunjungnya sangat banyak dan komentarnya juga menumpuk. Di blog seperti ini saya merasa tidak perlu ikut berkomentar karena saya merasa komentar saya akan lewat begitu saja. Kecuali ada satu dua tulisan yang rasanya begitu menarik untuk dikomentari.

4. Blog luar

Ada satu dua blog luar berbahasa inggris yang juga saya ikuti. Walaupun tidak paham detail tentang isinya tapi inti dari tulisan biasanya bisa saya tangkap. Di blog seperti ini tentu saja saya tidak akan berkomentar.

5. Lebih menyukai cara lama

Ini mungkin alasan terakhir saya ketika memutuskan untuk tidak berkomentar ketika blogwalking. Jujur saja saya lebih menyukai cara lama seperti di wordpress ketika berkomentar yaitu mengisikan nama, email, url dan komentar. Saat ini ada beberapa blog yang menggunakan berbagai cara/fitur tambahan untuk berkomentar, misalnya bisa menggukan akun Twitter, Facebook dan lainnya. Jujur saja saya merasa ribet dengan semua itu. Kalau hanya mengisikan kode captcha untuk mencegah spam saya rasa masih tidak terlalu menyulitkan asalkan tampilan kode itu bisa mudah dibaca oleh pengunjung (manusia). Bahkan kalau bisa hanya dengan memberi tanda centang.

Itulah beberapa alasan saya ketika biasanya memutuskan untuk tidak berkomentar di sebuah tulisan yang saya kunjungi ketika blogwalking.

Apakah anda juga pernah tidak (batal) berkomentar ketika blogwalking?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

15 comments

  1. yudi says:

    kalo saya lebih banyak karena alasan no 1 dan 5. Kalo kurang paham pasti jadi ga tau apa yang mesti dikomentari, bacanya pun pasti ga sampe slese kalo ga ngerti bahasannya. Masalah lain ya ribet kalo harus login atau isi ini itu yang megenep genep hehehe…

    Selain itu saya tidak berkomentar jika browsing lewat media selain pc atau leptop, uwon asane yen ngetik komen lewat hape, tablet dan sejenisnya
    yudi´s last blog post ..Sosok bagai kembaran

  2. jarwadi says:

    alasan saya biasanya adalah tidak sedang blog walking, hehehe

    alasan kedua koneksi internetku yg sedang payah

    alasan ketiga bila sedang baca dari ponsel atau rss reader

    alasan keempat …
    jarwadi´s last blog post ..Hujan

  3. Alris says:

    Kalo saya sih jika tulisannya “menggelitik” pasti saya komentari. Tapi ada satu blog yang saya ikuti setiap postingnya saya koemntari.
    Alris´s last blog post ..Nostalgia

  4. Kalau ada tombol Like, belakangan ini saya lebih suka mengklik itu saja. Kecuali punya komentar yang tidak terkesan “sambil lalu” atau mirip spam seperti “nice post” dan sebagainya.

  5. Cahya says:

    Yang paling menyenangkan adalah alasan klise, “malas” :).

    Kalau sudah malas, jangankan meninggalkan komentar, membaca sampai tuntas pun akan malas sekali.
    Cahya´s last blog post ..Rabies Dapat Dicegah

  6. PanDe Baik says:

    Sudah jarang bisa blogwalking kayak dulu…
    PanDe Baik´s last blog post ..Goresan Samsung Galaxy Note 10.1 by MiRah GayatriDewi

  7. a! says:

    aku setuju banget sama nomor lima. minggu ini berkunjung ke blog i saylow ajak blogdokter. pas mau kasih komentar kok dibuat susah oleh form baru. ribet. :)
    a!´s last blog post ..Pura, antara Sakral vs Komersial

  8. Beranda News says:

    Yup betul tuh, tapi kebanyakan masih banyak yang ninggalin komentar yang jauh dari topik, kadang hanya sekedar say hai, smangat dan sebagainya yang pendek-pendek aja. Saya setuju dengan ulasannya memang kalau kita gak memahami ada baiknya tidak meninggalkan komen daripada meninggalkan komen yang tidak sesuai! Aku kasih jempol aja deh untuk ulasannya ini!
    Beranda News´s last blog post ..Manfaat Kopi Untuk Merawat Kecantikan

  9. dani says:

    Cerita blogwalking ke blog motornya sama..cuman liat-liat buat nambah referensi..ngga pernah komen…

    Mungkin cuman di blog motor yang komennya rame saling serang..

Leave a Reply

CommentLuv badge