4 Tips Blogwalking Dengan Cepat

Jika anda seorang blogger berarti pasti tahu arti istilah blogwalking. Ya, blogwalking artinya jalan-jalan ke blog lain, biasanya sambil meninggalkan jejak berupa komentar. Istilah blogwalking yang terburu-buru biasanya diplesetkan menjadi blogrunning.

Sebenarnya sah-sah saja ketika kita blogwalking dengan cepat atau terburu-buru, mungkin karena “kejar setoran” demi kunjungan balik yang melimpah. Tapi usahakanlah agar kita tidak ketahuan sedang terburu-buru, atau sebisa mungkin pemilik blog atau orang lain yang membaca tidak menjadi ilfil dengan komentar kita.

Nah, berikut sedikit tips / trik ketika sedang blogwalking dengan cepat alias blogrunning :

1. Baca Judulnya

Langsung berkomentar tanpa membaca sangat tidak sehat dalam dunia blog. Apalagi jika isi komentar kita hanyalah kalimat “say hello” ditambah dengan permintaan kunjungan balik. Pemilik blog manapun pasti tidak suka dengan komentar seperti itu. Masih syukur jika anda tidak di “mark as spam” oleh pemilik blog.

Jadi setidaknya anda baca dulu judulnya atau kalau bisa kalimat/paragraf pertama. Lalu dari sana buatlah komentar yang setidaknya masih nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan. Dengan begitu pemilik blog akan merasa lebih dihargai ketika membaca komentar anda.

2. Baca Paragraf Terakhir

Selain dengan membaca judul atau paragraf pertama, kita bisa juga berkomentar dengan membaca paragraf atau kalimat terakhir. Apalagi jika pemilik blog bermurah hati dengan menambahkan kalimat penutup yang bisa mengundang komentar. Misalnya : “Jadi, apakah anda pernah blogwalking dengan terburu-buru?“.

3. Baca Komentar Sebelumnya

Tidak ada aturan baku bahwa ketika berkomentar kita harus mengomentari tulisan yang posting. Bisa juga kita berkomentar berdasarkan komentar sebelumnya. Saat ini sudah banyak blog yang menyediakan fasilitas “thread comment” pada blognya.

4. Jujur

Langkah terakhir adalah jujur. Jujur saja berkomentar bahwa anda belum membaca selengkapnya. Misalnya : “Tutorial ini bagus sekali, saya akan bookmark dulu“. Ya walaupun jadi agak mirip spam sih.

Lalu, bagaimana trik anda ketika sedang terburu-buru blogwalking?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

43 thoughts to “4 Tips Blogwalking Dengan Cepat”

  1. Sangat perlu membaca rinci tulisan blog. Apalagi jumlahnya tidak terlalu panjang.
    Secara pribadi untuk artikel panjang sy menerapkan trik membaca judul, isi di awal dan akhir dg cepat, sbg ringkasan isi ide pokoknya. :)
    Untuk fasilitas thread comment sy belum pernah memakainya. Makasi bli.. ;)

  2. Berhubung saya punya kemampuan membaca cepat, jadi saya baca saja semua isinya dan kemudian berkomentar. Itu pun kalau memang pengen berkomentar. Kalau tulisannya ndak pengen saya komentari, misalnya tulisan tentang hal yang ndak menarik untuk saya, ya saya tinggal saja tanpa komentar. Hehe!

  3. hmm..kalo saya jarang terburu2, hanya kadang kala aja keseringan…hahaha..intinya sama aja ya..

    jujur sebagai pemilik blog jg merasa senang kalo isi komentar boleh dibilang nyambung dengan topik yang sedang ditulis. tetapi jg komentar asal kadang cukup menghibur jg..lucu aja bacanya, sambil bayangin yang nulis komentar itu..hehe

  4. kalau sya mesti baca dulu, pakai metode scanning dan scamming, jadi mgkin agak blogrunning, tapi komentar disesuaikan dengan tema tulisan, kalau tema serius ya ngomen serius, kalau tema fun ya blhlah agak geje ngomennya tapi msh dlm kaidah kesopanan..

    Wah terlalu panjang..heheh

  5. Tips di atas pas banget untuk menutupi kesan terburu-buru ketika memberikan komentar pada blog yang kita singgahi. Yach, pinter-pinter lah menggunakan trik :lol:

  6. trik saya ketika terburu buru adalaaah…tidak blogwalking samasekali, atau membaca dengan cepat, cuis cuis cuisss…

    tapi intinya saya blogwalking tidak pernah terburu-buru, karena saat ini prioritas saya blogwalking ke blog yang fresh, unik dan ori sehingga selain tambah wawasan, backlink, pikiran jadi lebih hepi

  7. Saya ga berani komen kalau belum baca tuturialnya, takut komennya tidak nymabung..hehe…
    Tapi cara diatas pernah saya gunakan saat limit waktu di warnet sudah hampir habis, biar ga masuk ke jam berikutnya, jadinya cepet2an..hehe…

  8. Pertama, saya bisa dikatakan jarang blogwalking. Paling berkunjung ke blog yang sudah saya kenal sebelumnya (dan masih rajin update).
    Kedua, pantesan Wira seminggu terakhir gak pernah komen di blog saya, barangkali ‘agak kesulitan’ kalo hanya membaca paragraf awal dan akhir saja. huahahaha…
    dan Tulisan diatas juga sepertinya memberikan clue diakhir tulisan.
    Ketiga, ngomong Thread Comment, sudah saya terapkan sebelumnya di Tulisan 7 kebiasaan blogger pemula itu. Ups Sorry…

  9. Saya senang membaca blog orang lain, itung2 untuk nambah ilmu. sebenarnya kalo masalah komentar saya jarang berkomentar di blog orang. masalahnya saya baru pemula takut di kira Sotoy,,,,

  10. wah saya jadi betah nih mas baca2 artikel disini, selain menambah inspirasi dan pengetahuan saya juga jadi lebih consistent dlm membaca keseluruhan isi artikelnya sampai bisa mengambil kesimpulan yg tepat utk berkomentar. Kalo bertanya bagaimana saya blogwalking ya seperti ini, membaca dan mencoba memahami inti dari maksud sebenarnya dari tulisan yg saya baca dan setelah itu bru deh meninggalkan jejak krn udah dpt intinya dan siap berkomentar yg nyambung

  11. senang sih baca artikel orang lain ,tapi tergantung dari isinya juga soalnya itu yang akan membuat saya berkomentar dan meninggalkan jejak..,kalau baca artikel yang ini sepertinya anda sudah tau cara blogwalking yang baik..^_^

  12. hehehe kejar setoran istilahnya kaya lagi narik angkot :D
    sebenarnya tidak perlu terburu-buru, saya hanya mengomentari postingan yang memang saya tertarik untuk membacanya.. kalau gak menarik saya close dan berpindah ke blog lain :D

  13. sepertinya, saya tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang terburu-buru nih mas..

    terima kasih atas informasinya. sangat bermanfaat dan bakal saya jadikan pegangan dalam dunia blogwalking atau blogrunning :D

  14. saya pernah jadi blogrunning,tapi sekarang berubah menjadi blogwalking dan akhirnya sedikit demi sedikit blog saya ada komentar nya.
    kapan kapan kunjung balik ya,maklum blog saya umurnya masih muda hehehe.

  15. sekarang kan bahasa artikel dibuat semenarik mungkin, terkadang judul dan kalimat pembuka gak relevan sama isinya. Jadi ya, harus lebih baik dibaca seluruhnya sih, biar naik juga pengetahuannya.
    Tapi, nice share kalau bener-bener kepepet :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *