4 Langkah SEO Dasar Blog WordPress

SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung ke suatu website atau blog melalui search engine (mesin pencari) seperti Google. Langkah-langkah dalam proses SEO ini sangat banyak sekali dan ada berbagai macam cara.

Untuk blog wordpress yang self hosted (seperti blog saya ini) khususnya blog baru, SEO merupakan suatu langkah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. WordPress sebenarnya sudah sangat SEO Friendly, tetapi kita tetap perlu melakukan beberapa langkah untuk mengoptimalkan SEO pada blog wordpress dan mendapatkan hasil terbaik pada SERP (Search Engine Result Page). Berikut ini langkah-langkah dasar SEO yang perlu kita lakukan :

1. Setting Permalink

Setting default struktur permalink (URL untuk setiap post) pada wordpress masih kurang bagus untuk SEO. Pada dasarnya search engine (mesin pencari) tidak masalah dengan permalink seperti itu (yang default) tapi akan jauh lebih baik dengan menggunakan “clean url”. Untuk hasil terbaik pada SERP gunakan setting permalink “%postname%” saja. Caranya masuk ke Dashboard dan buka menu Setting, lalu pilih menu Permalink.

2. Plugin All In One SEO Pack

Untuk SEO pada wordpress, plugin All In One SEO Pack ini bisa dikatakan mutlak anda install. Dengan plugin ini, anda akan sangat terbantu dalam urusan SEO blog anda. Plugin All In One SEO Pack akan menghandle masalah rewrite tittle, meta keyword, meta description dan lainnya.

3. Plugin Related Post

Satu plugin penting yang perlu digunakan adalah Plugin Related Post. Plugin ini menguntungkan pengunjung dan juga mesin pencari (search engine). Plugin Related Post secara otomatis menampilkan related post (artikel terkait) di bawah setiap post yang kita buat, biasanya berdasarkan tag setiap post. Pengunjung blog anda akan sangat terbantu untuk menemukan link pada artikel yang berhubungan dengan post yang dia baca.

4. Update Services

Update services adalah sebuah tools yang bisa kita gunakan untuk membuat orang lain mengetahui kita mengupdate blog kita melalui sebuah List of Ping Sites. Daftar (list) ini bisa anda dapatkan disini, lalu copy paste dan letakkan pada Update Services blog anda. Silahkan buka Dashboard, lalu Setting dan buka menu Writing. Update Services biasanya berada di bagian paling bawah.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

27 thoughts on “4 Langkah SEO Dasar Blog WordPress

  1. blog baru tempat belajar baru dan pengetahan baru …
    baru juga mengenal dikit seo itu apa fungsi serta manfaatnya, selama ini nge blog ya nge blog tanpa mikirin seo segala :)

  2. Selamat dulu buat blog barunya, Bli.

    Laporan: sudah saya update linknya ke blog ini di blog sayah.

    Soal SEO, dari keempat itu, baru nomer 1 saja yang sudah saya lakukan, yang lain belom. Plugin SEO saya ndak pake. Pernah pasang yang ultimate, tapi malah jadi amburadul, banyak notofokasi kesalahan. Trus, related post juga nggak bisa diterapin di blog saya, entah kenapa. Padahal udah donlot juga. Jadi saya hanya bikin secara manual, jika sedang banyak waktu.

    Soal ping services juga saya nggak lakukan, kecuali yang ping otomatis bawaannya WP. Itu doang.

    Kapan makan-makan buat blog barunya? ;-)

  3. masalah permalink saya lebih suka dengan diberi kategory.. soalnya itu lebih seo dari pada hanya sekedar post name.. menurut saya pribadi lho

    maaf soalnya saya juga lagi latihan ngeblog :lol:

  4. Salam kenal bli :)
    saya belum begitu banyak paham mengenai SEO. saya pake all in one SEO karena direkomendasikan oleh kawan saya. tp koq sampai sekarang description blog saya masih amburadul di google ya bli?
    Salam kenal dari blogger singaraja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *